Ilustrasi menggoreng dengan minyak. (Sumber gambar: Rodnae/Pexels)

Harga Minyak Sawit Melonjak, Cek 3 Alternatif Untuk Memasak

16 March 2022   |   20:06 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Harga minyak goreng yang meroket dan langka di pasaran membuat para ibu rumah tangga pusing tujuh keliling. Pasalnya, rumah tangga Indonesia sangat bergantung pada produk turunan minyak sawit ini untuk kebutuhan dapur sehari-hari.

Namun tahu kah Genhype kalau minyak untuk menggoreng bukan hanya dihasilkan dari kelapa sawit saja. Alternatif lain yang bisa kalian gunakan adalah minyak kelapa yang diolah dari santan.

Sekretaris Jenderal Perhimpunan Petani Kelapa Indonesi (Perpekindo) Muhammad Idrawis mengatakan kelapa bisa menghasilkan minyak untuk menggoreng. Caranya cukup mudah yakni diamkan sari kelapa alias santan semalaman atau 24 jam di suhu ruang.

“Besoknya sudah muncul minyak di lapisan kedua,” ujar Idrawis saat diwawancarai Hypeabis.id beberapa waktu lalu.

Sementara itu, ada alternatif lainnya untuk menggoreng yang bisa Genhype lakukan. Bahkan dilakukan tanpa minyak, begini caranya:
 

1. Wajan anti lengket

Wajan anti lengket alias teflon dapat membantu Genhype untuk menggoreng tanpa minyak. Dengan wajan anti lengket, kalian tidak membutuhkan minyak sebanyak wajan stainless steel biasa untuk memasak. Cukup teteskan sedikit minyak goreng sebagai pelindung antara makanan dan lapisan keramik anti lengket pada permukaan. Untuk memanaskan makanan, kalian bahkan tidak perlu menggunakan minyak sama sekali.
 

2. Microwave

Microwave mungkin lebih banyak digunakan untuk menghangatkan makanan, tapi alat satu ini ternyata juga memiliki fungsi yang dapat dipakai untuk memasak makanan tanpa minyak. Seperti yang kita ketahui, alah ini menggunakan radiasi gelombang mikro yang memicu gesekan pada molekul air dalam makanan menghasilkan panas. Namun, tidak banyak variasi makanan dapat dimasak menggunakan microwave.
 

3. Air fryer

Nah, untuk Genhype yang menggoreng tanpa minyak, kalian dapat menggunakan teknologi baru yang beberapa waktu belakangan banyak digemari yakni air fryer. Alat ini dirancang untuk memasak makanan menggunakan udara panas dengan hasil makanan yang renyah. Udara yang sangat panas bersirkulasi di sekitar makanan, memasaknya secara merata dan membuat bagian luarnya renyah namun empuk di bagian dalam. Beberapa model oven microwave juga sudah dilengkapi dengan fitur ini.

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

3 Resep Jajanan Kekinian dari Tepung Sagu yang Wajib Genhype Coba

BERIKUTNYA

Lee Kwang-soo dan Belanjaan Mencurigakan dalam Serial The Killer's Shopping List

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: