Kulit kepala (Sumber Foto: Freepik)

3 Cara Merawat Kulit Kepala dan Rambut Bebas Ketombe di Musim Hujan

18 November 2023   |   19:04 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Masalah kulit kepala biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari, keringat berlebih, dan polusi udara. Namun, ternyata musim hujan juga bisa membuat kulit kepala rentan berketombe, baik itu ketombe basah atau ketombe kering. Untuk mencegah dan mengatasinya, lakukan perawatan rambut dan kulit kepala secara menyeluruh.

Saat musim hujan suhu bisa lebih lembap dari biasanya. Oleh karenanya, pastikan rambut selalu kering supaya tidak berketombe. Selanjutnya kalian bisa menggunakan produk yang cocok, seperti shampoo, conditioner, vitamin dan minyak rambut.

Baca juga: Cara Merawat Warna Rambut Di Rumah agar Tetap Sehat

Nah Genhype, yuk simak tips merawat kesehatan kulit kepala dan rambut di musim hujan.
 

1. Lindungi Kulit Kepala dari Kelembapan Berlebih 

Musim hujan membuat suhu jadi lebih dingin dan lembap yang bisa menyebabkan ketombe kering dan basah. Cuaca yang dingin menyebabkan kulit kepala jadi lebih kering sehingga membuat sel kulit mati dan mengelupas menjadi ketombe kering. Biasanya ketombe kering bisa dengan mudah terlihat dan sering berjatuhan sehingga bisa mengganggu penampilan.

Sedangkan ketombe basah bisa muncul saat kalian sering kehujanan dan rambut didiamkan dalam kondisi basah terlalu lama. Ketombe basah dapat terjadi karena adanya penumpukan kotoran dan minyak dari kulit kepala dan rambut yang lembap. Biasanya ketombe basah juga memiliki aroma tak sedap.


2. Memilih Produk dengan kandungan Niacinamide

Menurut studi yang diterbitkan pada Journal of Cosmetics, Dermatological and Applications, kulit kepala memiliki pertahanan yang lebih rentan dibandingkan dengan kulit area wajah. Gangguan pada pertahanan kulit kepala atau scalp barrier dapat memicu sejumlah kondisi yang mengakibatkan ketombe terus-menerus muncul kembali.

Untuk mengatasinya, bisa memilih produk perawatan rambut dengan kandungan niacinamide. Manfaatnya bisa meningkatkan komponen penunjang scalp barrier sehingga perlindungan kulit kepala menjadi lebih kuat. Berdasarkan sejumlah penelitian lainnya, niacinamide juga terbukti dapat memberikan nutrisi pada scalp barrier dan mengurangi peradangan untuk mencegah ketombe datang kembali.
 

3. Bersihkan Rambut dan Kulit Kepala dengan Rutin

Cara paling ampuh untuk mengatasi ketombe adalah keramas dengan rutin. Pastikan kalian menggosok kulit kepala dan rambut sampai bersih. Pilihlah sampo yang telah teruji secara klinis bisa mengatasi ketombe dan mencegahnya datang kembali.

Pilih produk dengan kandungan niacinamide yang dapat membantu menjaga kekuatan scalp barrier sehingga kulit kepala lebih kuat tidak mudah terkelupas menjadi ketombe. Untuk meningkatkan kesegaran kalian bisa pilih sampo dengan aroma menthol atau lemon.

Selain itu, masalah ketombe biasanya dibarengi dengan rambut rontok. Kalian juga bisa memilih sampo dengan komposisi ginseng yang bisa menjadikan rambut berkali-kali lebih kuat melawan rontok.

Baca juga: Begini Cara Merawat Jeans agar Tetap Awet

Nah Genhype, dengan mengikuti tips di atas. Kamu dapat menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut di tengah musim hujan dan aktivitas yang padat.

SEBELUMNYA

12 Seniman Muda Asal Korea Selatan Gelar Pertunjukan di Salihara

BERIKUTNYA

Sejarah Hari Pria Internasional yang Diperingati 19 November

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: