Alih-alih pergi ke salon untuk mewarnai rambut sebenarnya ada cara praktis dan lebih hemat dengan mewarnai sendiri rambut di rumah. Sumber gambar (Unsplash/Maksim Chernishev)

Begini Kiat Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah, Dijamin Anti Gagal

29 November 2022   |   16:24 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Memiliki tampilan rambut berwarna memang bisa meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Selain makin stylish, warna rambut tertentu juga akan membuat seseorang jadi lebih trendy dan terlihat up to date dengan tren gaya rambut yang sedang berlangsung dan digemari khalayak. 

Namun, alih-alih pergi ke salon untuk mewarnai rambut, sebenarnya ada cara praktis dan lebih hemat yakni dengan mewarnai sendiri rambut di rumah. Selain bisa meningkatkan kreativitas, cara tersebut juga bisa membuat kalian lebih bebas untuk mengaplikasikan berbagai hal sesuai dengan kebutuhan.

Dirangkum Hypeabis.id dari berbagai sumber, berikut adalah 6 langkah mewarnai rambut yang bisa dijadikan panduan, baik dilakukan sendiri atau meminta bantuan teman terdekat.

Baca jugaKiat Padu Padan Gaya Rambut dengan Bentuk Wajah
 

1. Tentukan Warna yang Cocok

Hal pertama yang harus dilakukan saat hendak mewarnai rambut adalah menentukan warna cat rambut yang cocok dengan warna kulit dan bentuk wajah. Selain itu, usahakan untuk benar-benar memilih warna yang ingin diaplikasikan pada rambut agar nantinya setelah kering tidak menimbulkan kekecewaan atau penyesalan. 
 

2. Siapkan Peralatan

Setelah menentukan warna cat rambut yang ingin diaplikasikan, langkah selanjutnya adalah menyiapkan alat. Beberapa di antaranya adalah mangkok, kuas, sarung tangan, handuk bersih, kain penutup, cermin, shower cap, dan sisir layaknya peralatan yang ada di salon. 
 

3. Cuci Rambut Sebelum Pewarnaan

Sebelum mengecat rambut usahakan juga untuk mencucinya terlebih dulu untuk meminimalisir kotoran yang masih menempel, lalu tunggu hingga rambut kering. Hal ini bertujuan untuk membuat warna cat lebih tahan lama saat diaplikasikan di rambut kalian dan membuat warna cat lebih keluar.
 

4. Lakukan Tes pada Kulit

Melakukan tes warna pada kulit juga penting dilakukan untuk mengetes apakah rambutmu alergi terhadap produk pewarna rambut tertentu atau tidak. Jika tidak terjadi gejala alergi seperti kulit kemerahan atau gatal-gatal maka kamu bisa melanjutkan proses mewarnai rambut sesuai prosedur.
 

5. Aplikasikan Cat dari Akar

Setelah dirasa cocok dan tidak menimbulkan alergi, Genhype bisa melilitkan kain penutup di pangkal leher. Kemudian bagi rambut dalam beberapa bagian dengan sisir. Barulah kalian bisa mengaplikasikan cat rambut dari akar hingga ujung rambut.  Lakukan ini dei setiap sisi rambut agar tidak ada  bagian yang tertinggal saat proses pewarnaan.
 

6. Tunggu hingga Kering & Bilas

Setelah selesai mewarnai rambut lalu tutup kepala dengan shower cap agar proses pewarnaan dan oksidasi rambut jadi lebih maksimal.  Setelah kering , cuci rambut dengan shampo khusus serta gunakan kondisioner agar rambut lebih lembut dan mudah ditata.

Nah, itu dia Genhype kiat mengecat rambut sendiri di rumah. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati dan jangan berantakan saat mengecat rambut kalian ya. Selain itu pastikan untuk membuang sampah sisa cat rambut sesuai tempatnya agar tidak mencemari lingkungan. Selamat berkreasi!

Baca jugaRambut Rusak? Ini 4 Bahan Alami untuk Mengembalikan dan Merawat Kondisi Rambut

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
 

SEBELUMNYA

Menikmati Taman di Singapura dengan Ragam Konsep Unik, Kolonial hingga Futuristik

BERIKUTNYA

5 Tips Menyiapkan Bulan Madu Buat Pasangan Muda

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: