Fashion Grandpa Core (Sumber Foto: Freepik)

Tampil Trendi dengan Sweater Kakek, Intip Tren Fashion Grandpa Core yang Populer di Kalangan Gen Z

14 March 2024   |   16:48 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Gaya busana ala kakek-kakek rupanya banyak digandrungi anak muda, terutama kalangan Gen Z. Anak muda yang lahir pada periode 1997-2012 tersebut rupanya merasa lebih trendi dengan gaya berpakaian yang tidak hanya sekadar terlihat tua, tapi memberikan aspek kenyamanan juga.

Mengutip Vogue, tren fesyen grandpa core diprediksi pertama kali muncul melalui kanal Pinterest. Berdasarkan laporan tahunan mereka sepanjang 2024, kanal media sosial ini menunjukan peningkatan pencarian untuk kata kunci yang berkaitan dengan grandpa core. Beberapa di antaranya seperti retro streetwear, eclectic clothing, dan tentu saja kata kunci grandpa style.

Menariknya lagi, Pinterest melaporkan kata kunci grandpa style mengalami peningkatan pencarian hingga 60 persen pada 2023 lalu. Menyusul persentase pencarian kata kunci eclectic clothing yang melonjak hingga 130 persen di media sosial tersebut.

Baca juga:  Boardwalk Rumah Mode CHANEL Fall-Winter 2024-2025 Angkat Gaya Fesyen 1920-an & 1970-an

Popularitas tren grandpa core di kalangan gen Z juga ditunjukan dengan tingginya trafik di berbagai media sosial lain. Seperti yang dilaporkan melalui media Inggris London Evening Standard, video TikTok yang berkaitan dengan grandpa core sudah ditonton lebih dari 17,2 juta kali sampai awal 2024 ini.

Minat untuk tren ini juga dibuktikan dengan maraknya para selebritis serta influencer yang mengadopsi gaya grandpa core. Beberapa di antaranya sebut saja Tyler The Creator, Harry Styles, sampai A$AP Rocky yang kerap kali tampil mengadopsi look busana ala kakek-kakek.

Alasan kenapa tren fesyen granpa core begitu populer, tak lain karena gaya ini sangat mencerminkan karakter anak muda kalangan gen Z. Selain unik, juga tak lekang oleh masa sehingga dipercaya akan senafas dengan kebutuhan fesyen tahun ini. 
 
@heyitsjordy_ Grandpa outfit #whatiworetoday #outfitinspo #menfashion #grandpacore ? original sound - Jordy

 
Grandpa core ditampilkan melalui berbagai aspek unik sekaligus menarik, mulai dari penggunaan material seperti twill, knit, dan corduroy. Adapun palet warnanya banyak didominasi oleh natural earth tone, yakni warna-warna yang identik dengan bumi dan seisinya. Misalnya, abu-abu seperti bebatuan, kuning dan coklat dari tanah dan pasir, biru yang menyerupai langit dan lautan, serta merah dan oranye bagaikan matahari.

Tren fesyen ini juga sangat mengutamakan kenyamanan, seperti penggunaan footwear bergaya slip on, cutting yang terkesan loose, sampai gaya layering dengan melapis-lapis kaos dengan vest, sweater atau jaket, sampai scarf . Belum lagi, penggunaan berbagai statement accessories yang membuatnya makin menarik seperti kacamata dengan frame unik, topi beret, sampai jam tangan klasik.

 
@maderofficial What’s on Trend with #MADER : Grandpacore ‍ #mader #maderofficial #grandpacore ? original sound - MADER

 
Selain tampilannya yang unik, popularitas grandpa core di kalangan gen Z juga dipengaruhi oleh semangat peduli lingkungan. Item fesyen grandpa core mudah didapatkan melalui thrift atau second hand. Kawula muda generasi gen Z memang sedang tergila-gila dengan thrifting. Keseruan berburu item-item fesyen second hand untuk grandpa core dipercaya membuat tren ini semakin digemari.

Tren grandpa core yang menjadi nafas baru di dunia fesyen ini terbilang menarik bukan hanya karena unsur klasik yang diusungnya. Melainkan juga, penggunaan item dari thrift yang ramah lingkungan, bahkan hand down langsung dari kakek tersayang yang membuat gaya ini makin terasa spesial dan berkesan.

Baca jaga:  Evolusi Sepatu Bot UGG dan Dampak Abadinya Terhadap Tren Fesyen Dunia

Editor: Puput Ady Sukarno

 

SEBELUMNYA

Produksi Film ‘The Fall Guy’ Pecahkan Rekor Dunia Guinness

BERIKUTNYA

Cara Mudah Konsumsi Serat Untuk Menu Berbuka Puasa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: