Mahkota Puteri Indonesia 2024 resmi diberikan kepada Harashta Haifa Zahra (Sumber gambar: Instagram/officialputeriindonesia)

Profil Puteri Indonesia 2024 Harashta Haifa Zahra

09 March 2024   |   14:50 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Mahkota Puteri Indonesia 2024 resmi disematkan kepada Harashta Haifa Zahra. Perempuan asal Jawa Barat tersebut berhasil menjadi pemenang setelah mengalahkan 41 finalis lainnya yang mewakili seluruh provinsi yang ada di Indonesia.

Perempuan yang akrab disapa Tata ini mengawali karier kontes kecantikannya dengan mengikuti kompetisi duta daerah bertajuk Mojang Jajaka Kota Bandung 2022. Kala itu, dirinya terpilih sebagai Wakil II Mojang Kota Bandung. 

Baca juga: Profil Madison Marsh, Perwira Angkatan Udara AS yang Jadi Miss America 2024

Pada 2024, Tata kembali terjun ke kontes kecantikan dengan mengikuti seleksi peserta provinsi untuk ajang Puteri Indonesia Jawa Barat 2024. Dia akhirnya sukses terpilih sebagai pemenang seleksi. Tata pun berhak mewakili provinsi Jawa Barat di tingkat nasional dan kini resmi dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2024.
 

Tata dikenal sebagai sosok perempuan yang punya komitmen kuat pada permasalahan sampah, terutama limbah organik. Dalam vide profil yang diunggah di kanal YouTube Puteri Indonesia, Tata banyak membicarakan perihal limbah organik.

Dia merasa tergerak untuk melakukan perubahan setelah insiden kebakaran di TPA Sarimukti di Kabupatan Bandung Barat pada 2023. Menurut dia, limbah organik, seperti sampah makanan, bukanlah masalah biasa.

Sebab, limbah makanan bisa menjadi penyebab masalah lain yang lebih serius, seperti memicu pelepasan gas metana di tempat pembuangan sampah yang berkontribusi pada pemanasan global.

Padahal, menurutnya, sampah makanan bisa dicegah dan dikurangis secara signifikan. Sebab, produksi sampah makanan berasal dari pribadi setiap orang.

“Apakah kamu tahu, bahwa hampir setengah dari limbah makanan kita berasal dari sisa makanan di piring kita? Itulah mengapa kita perlu mengubah kebiasaan kita,” ucap Tata dalam video profil, dikutip Hypeabis.id, Sabtu (9/3/2024).

Tata mengatakan semua ini bisa dimulai dari mengubah kebiasaan makan saya sendiri dan mendorong orang di sekitar saya untuk melakukan hal yang sama. Sebagai mahasiswa teknik lingkungan, dirinya merasa perlu berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran tentang pengurangan limbah.

Tak hanya itu, mahasiswa Fakultas Teknik Lingkungan Institut Teknologi Nasional (Itenas) ini juga dikenal sebagai sosok yang memiliki inisiatif advokasi bernama Mother of Nature. Inspirasinya datang dari masalah sampah di Kota Bandung, yang 44,2 persen dari sampah tersebut adalah sampah makanan.

Melalui Mother of Nature, Tata bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mengatasi masalah sampah organik, terutama sampah makanan. Dia sedari awal memang bercita-cita menjadi pembicara lingkungan hidup.

Sebagai sosok yang menganut kesederhanaan, harmoni, dan menghargai alam, Tata meyakini representasi Jawa Barat di Puteri Indonesia 2024 membentuk nilai-nilai dan pedoman dalam bertindak.
 

Tata merasa sangat terhormat bisa membawa pesan dan nilai-nilai “Ibu Alam” yang sesuai dengan filosofinya. Perempuan ini juga dikenal berkat komitmennya untuk memberdayakan perempuan, menginspirasi perubahan, dan menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi planet.

Dia akan selalu berusaha untuk memupuk hidup berdampingan secara harmonis antara alam dan umat manusia, serta menciptakan perubahan positif bagi tanah air tercinta. 

Baca juga: Fakta Menarik Mahkota Miss Universe Force for Good, Dihiasi Batu Safir Royal 45 Karat

Kemenangan Tata dalam ajang ini juga berarti Jawa Barat yang berhasil meraih gelar Puteri Indonesia dua tahun berturut-turut. Sebelumnya, Farhana Nariswari dari Jawa Barat juga berhasil meraih gelar Puteri Indonesia 2023. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Mengenal Tarhib Ramadan, Tradisi Menyambut Ramadan yang Penuh Kegiatan Positif

BERIKUTNYA

Bunga Yuridespita Eksplorasi Ruang 3D Monokrom dalam Common Sanctum 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: