Ayu Maulida dengan Kostum Komodo (dok. Instagram Ayuma)

Intip 3 Kostum Unik Buatan Desainer Diana M Putri di Ajang Miss Universe 2020

17 May 2021   |   16:18 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Gelaran Miss Universe 2020 di Florida, Amerika Serikat baru saja selesai. Kontes ini dimenangi Miss Mexico Andrea Meza. Sementara itu, Miss Indonesia Ayu Maulida harus berpuas diri berada dalam jajaran Top 21.

Kendati demikian, masyarakat Indonesia cukup bangga dengan Ayuma apalagi saat ajang dunia itu dia mengenakan kostum unik dan mencerminkan keindahan flora dan alam Indonesia.

Ada sejumlah kostum atau gaun yang dikenakan Ayuma pada ajang Miss Universe 2020, salah satunya rancangan desainer langganan artis Hollywood Diana M Putri. Berikut daftarnya :

1. Komodo

Kostum Komodo (dok. Instagram Ayu Maulida)

Kostum Komodo (dok. Instagram Ayuma)

Dalam ajang Miss Universe, setiap peserta diberi kesempatan untuk menampilkan kostum nasional terbaiknya. Nah, Ayu Maulida tampil dengan kostum yang cukup menyita perhatian karena bertemakan Komodo, hewan purbakala yang masih hidup di Indonesia, tepatnya di Nusa Tenggara Timur (NTT).

National costume ini merupakan hasil kolaborasi antara Fashion Designer Diana M Putri dari Diana Couture & Accessories Designers Yuling Hoo dan Silvy Prajogo dari Le Ciel Design.

Mengutip dari akun Instagram perancangnya @dianamputri, kostum ini memiliki panjang mencapai 10 kaki dan berat lebih dari 300 kilogram, lho!.

Potongan dada 3D dan ekor yang dramatis katanya dibuat dengan pemotongan las kulit dan diwarnai dengan metode khusus agar menyerupai kadal besar itu. Semua manik-manik pun dibuat dengan tangan, begitu pula dengan pelat logam yang menutupi kostum tersebut.

Di sisi lain, Yuling Hoo & Silvy Prajogo dari Le Ciel Design memilih 3 jenis logam berbeda yang digabungkan menjadi satu. Ketiga warna tersebut yaitu rustic gold, copper/bronze, dan black gold untuk menciptakan efek ombre pada gaun tersebut.

Tahu nggak? Gaun tersebut terdiri lebih dari 5.000 logam. Untuk headpiece dan tangan Komodo menggunakan sistem robotik yang menggabungkan motor, sensorik dan mikrokontroler. Kalung dan sarung tangan yang menyala dibuat dengan pengontrol LED.

2. Kawah Ijen
 

Kostum Kawah Ijen (dok. Instagram Diana M Putri

Kostum Kawah Ijen (dok. Instagram Diana M Putri)

Indonesia diberkati dengan fenomena alam Kawah Ijen. Sebelum fajar menyingsing, di hari yang cerah, wisatawan dari seluruh dunia datang dan berkumpul untuk menyaksikan “nyala api biru” di kawah tersebut.

Mengutip National Geographic, api biru merupakan fenomena yang dihasilkan dari cahaya bekas pembakaran gas sulfur.

Terinspirasi oleh api biru Kawah Ijen, Diana Putri pun memilih gaun biru dongkel berhiaskan kristal Swarovski. Gaun tersebut secara struktural menciptakan bentuk yang terinspirasi oleh nyala api yang menyengat, membentuk lekuk tubuh yang pas, dan menceritakan kisah tentang nyala api yang bersinar melalui aura indah Ayuma.

3. Hutan Hujan
 

Kostum Hutan Hujan (dok. Instagram Diana M Putri)

Kostum Hutan Hujan (dok. Instagram Diana M Putri)

Dalam akun Instagramnya, Diana mengatakan bahwa gaun ini terinspirasi dari kondisi deforestasi atau penghilangan kawasan hutan yang terjadi di Indonesia.

Gaun ini katanya mewakili kekuatan dan keindahan di balik hutan hujan milik Indonesia. Kemegahan hijau zamrud dipilih untuk mewakili kekayaan sumber daya alam dan hutan hujan Ibu Pertiwi.

Emas melambangkan kekuasaan. Kekuatan dalam pengetahuan untuk melestarikan masa depan, serta kekuatan dalam melestarikan anugerah bumi dan dengan bijak untuk menciptakan alam dunia yang lebih baik.

Gaun tipis klasik yang dihiasi ribuan kristal swarovski hijau dan sulaman buatan tangan ini menciptakan struktur yang unik namun tetap terinspirasi oleh formasi alami pepohonan yang perkasa dan unik.

Ayuma, katanya bersinar terang sebagai Dewi dan Ratu Hutan Hujan itu, yang akan merebut kembali kekuatan dan keindahannya kembali dari penggundulan hutan. Dia mewakili jantung Ibu Pertiwi, sosok ibu bagi anak-anak masa depan, berdoa untuk perubahan di masa depan.

Editor: Purboyo

SEBELUMNYA

Begini Cara Jaga Vitalitas Pada Pria

BERIKUTNYA

Karya Seni Langka Yayoi Kusama Terjual US$ 15,2 Juta di Rumah Lelang Bonhams

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: