Tarhib Ramadan (Sumber Foto: Freepik)

Mengenal Tarhib Ramadan, Tradisi Menyambut Ramadan yang Penuh Kegiatan Positif

09 March 2024   |   19:32 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Memasuki bulan suci Ramadan, umat muslim di seluruh dunia termasuk Indonesia, menyambutnya dengan penuh suka cita. Sebagian orang mungkin pernah mendengar istilah tarhib Ramadan, namun ada juga yang belum familiar. Tarhib Ramadan adalah kegiatan yang dilakukan umat muslim untuk menyambut bulan puasa.

Tarhib Ramadan adalah istilah dalam bahasa Arab yang secara harfiah dapat diterjemahkan sebagai pengantar Ramadan atau menyambut Ramadan. Secara etimologi, kata tarhib berasal dari bahasa Arab ra-hi-ba, yarhabu, rahbun yang artinya luas, lapang, dan lebar.

Kata tersebut lalu berubah menjadi fi’il rahhaba, yurahhibu, tarhiban yang artinya menyambut, menerima dengan penuh kelapangan, kelebaran dan keterbukaan hati.

Baca juga: Cek Tahapan Sidang Isbat Penentuan 1 Ramadan 1445 H

Sedangkan menurut Kementerian Agama RI, kata tarhib dalam bahasa Arab memiliki makna yang lebih luas, bukan hanya diperuntukkan untuk Ramadan saja. Tarhib adalah ungkapan selamat datang untuk seseorang atau sesuatu yang indah. Bisa dibilang sama dengan ungkapan Marhaban, yakni Aku sambut engkau dengan penuh kelapangan hati dan pikiran, juga aku sambut engkau dengan seluruh jiwa dan ragaku.

Adapun di Indonesia sendiri, istilah tarhib Ramadan masih terbilang baru. Meski begitu, ada beberapa tradisi menyambut Ramadan yang dilakukan oleh masyarakat setempat. Misalnya, tradisi munggahan yang dilakulan masyarakat Sunda pada akhir bulan Sya'ban (satu atau dua hari menjelang bulan Ramadan)

Bentuk pelaksanaannya bervariasi, umumnya berkumpul bersama keluarga dan kerabat, makan bersama, saling bermaafan, dan berdoa bersama. Selain itu, ada juga yang mengunjungi tempat wisata bersama keluarga, berziarah ke makam orang tua atau pemuka agama, atau mengamalkan sedekah. 

Tarhib Ramadan juga bisa diisi dengan kegiatan positif untuk menyambut bulan penuh berkah tersebut, misalnya dengan meningkatkan kualitas ibadah selama sebulan penuh. Selain itu juga berbagai persiapan lainnya yang mencakup mental dan spiritual untuk menjalani bulan puasa. Simak beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk menyambut Ramadan.

- Meningkatkan kualitas ibadah: Selain memenuhi salat lima waktu, tak ada salahnya untuk menunaikan salat-salat sunah. Selanjutnya diikuti dengan kegiatan berzikir, membaca Al-Qur'an, dan mengikuti kajian di masjid.

- Memperbanyak amal dan kebaikan: kita dianjurkan untuk banyak-banyak beramal di bulan Ramadan. Misalnya berbagi pada sesama, membantu kerabat yang membutuhkan, dan kegiatan donasi lainnya

- Merenungkan niat: Umat Islam dapat merenungkan niat mereka untuk berpuasa selama Ramadan, supaya bisa menjalankannya dengan ikhlas dan diberikan kemudahan, serta menjadi lebih dekat dengan Allah SWT. Ini juga merupakan waktu yang tepat untuk memohon ampunan dari Allah SWT untuk membersihkan hati apabila ada dendam yang masih tertinggal.

- Mempersiapkan fisik: Selain kesiapan spiritual, kita juga bisa melakukan persiapan fisik seperti mengatur pola makan sehat dan menyesuaikan jadwal tidur untuk menyesuaikan perubahan rutinitas selama Ramadan.

Baca juga: 10 Rekomendasi Film & Serial Terbaru untuk Menemani Puasa Ramadan 2024

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Hypereport: Ruang Berkarya Musisi EDM Kian Ngebit di Jagat Musik Digital

BERIKUTNYA

Profil Puteri Indonesia 2024 Harashta Haifa Zahra

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: