Anime bergenre mata-mata (Sumber: Wallpapercave)

5 Anime tentang Agen Rahasia yang Penuh Teka-Teki

04 March 2024   |   16:03 WIB
Image
Enrich Samuel Mahasiswa Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta

Apabila kalian bosan dengan anime bergenre fantasi, romansa dan isekai yang dalam kurun waktu belakangan banyak sekali terbit, ada baiknya menjajal cerita anime bertema agen rahasia yang menegangkan dan penuh teka-teki, bahkan sebagian ceritanya diangkat dari realita dunia.

Sebenarnya, ada banyak anime yang memiliki genre dengan muatan politik dan konflik yang digambarkan dari realita dunia. Sebut saja seperti Attack on Titan yang membawa isu politik, genosida, dan juga peperangan antarnegara dengan sumber kekuatan masing-masing. 

Baca juga: 3 Anime Seru Tayang Maret 2024: Ada Doraemon dan Paripi Koumei

Sebagai tontonan alternatif, simak rekomendasi anime yang memakai latar belakang sejarah yang bergenre dikategorikan sebagai adult. Daftar film ini cocok untuk kalian yang membutuhkan tontonan dengan muatan serius yang dikemas dengan animasi yang apik.


1. Joker Game

Joker Game (Sumber:Wallpapercave)

Joker Game (Sumber:Wallpapercave)

Anime ini bercerita tentang organisasi mata-mata yang dibentuk tentara Jepang pada masa Perang Dunia II. D Agency mulanya adalah organisasi pelatihan mata-mata, yang kemudian menjadi nyata pada musim gugur 1937, sebagai satuan unit tentara independen yang dipimpin Letnan Kolonel Yuuki.

Dalam cerita rumor yang beredar, sang pemimpin dulunya adalah seorang agen mata-mata jenius yang diwaspadai banyak musuh, sampai suatu ketika dirinya dikhianati oleh sekutu. Dia tertangkap dan disiksa sebelum akhirnya berhasil melarikan diri.

Dalam pelatihan mata-mata yang dipimpinnya, Yuuki menolak kandidat dari lulusan Akademi Militer. Namun dia mencari dari elemen masyarakat yang berbeda-beda seperti anak yatim, keluarga miskin, mahasiswa dan lain sebagainya yang dilatihnya menjadi agen rahasia yang ahli dalam berbagai bahasa, ahli dalam menyamar dan membobol kunci.

Dengan identitas palsu, para agen rahasia pun pergi melaksanakan misi secara individu di Tokyo, Yokohama, Shanghai, Berlin dan di negara lain, yang menjadi pusat sejarah dunia.


2. Spy X Family

Spy x Family (Sumber: Wallpapercave)

Spy x Family (Sumber: Wallpapercave)

Bercerita tentang seorang mata-mata yang memiliki nama samaran Twilight. Dirinya mendapat penugasan suatu misi terkait perdamaian antarnegara, yang berada di Westalis Barat dan Ostania Timur, dengan sebutan Operasi Strix.

Twilight mengemban misi untuk mengumpulkan informasi dari pemimpin Partai Persatuan Nasional di Ostania bernama Donovan Desmond. Namun ternyata situasi tidak bagus karena Donovan merupakan pribadi yang tertutup. Satu-satunya cara untuk bisa mendekatinya ialah melalui anaknya.

Twilight yang kerap bekerja seorang diri, kini terpaksa harus membangun keluarga palsu demi kelancaran misinya. Usahanya itu dimulai dengan melakukan penyamaran identitas menjadi seorang ayah bernama Loid Forger, seorang psikiater di Rumah Sakit Umum Berlint. 

Lalu dia mengadopsi bocah perempuan pintar berusia 6 tahun bernama Anya di panti asuhan. Sebagai pelengkap, Twilight juga mengajak wanita lajang bernama Yor untuk menjadi istrinya. Namun tanpa Twilight ketahui, Anya dan Yor ternyata memiliki rahasia masing-masing. 

Setelah keluarga palsunya lengkap, Twilight alias Loid pun kembali menjalankan misinya. Namun ternyata segala yang telah dipersiapkan tidak berjalan sesuai dengan rencananya.


3. Detektif Conan

  Detective Conan (Sumber: Wallpapercave)

Detective Conan (Sumber: Wallpapercave)

Serial anime Detektif Conan didasarkan pada seri manga dengan nama yang sama oleh Gosho Aoyama. Anime ini diproduksi oleh TMS Entertainment dan Yomiuri Telecasting Corporation dengan direktur utama adalah Kenji Kodama dan Yasuichiro Yamamoto. 

Baca juga: 6 Pelajaran Hidup yang Bisa Diambil dari Anime Vinland Saga

Serial ini bercerita tentang detektif SMA bernama Shinichi Kudo, yang berubah menjadi anak kecil setelah diracuni dengan APTX 4869 oleh Organisasi Hitam. Setelah mengubah namanya menjadi Conan Edogawa dan hidup bersama keluarga Mouri, Conan memecahkan berbagai kasus pembunuhan sambil menunggu waktu yang tepat untuk mengalahkan Organisasi Hitam.


4. Senkou no Night Right

Senkou no Night Ride (Sumber: Walppapercave)

Senkou no Night Ride (Sumber: Walppapercave)

Mengambil latar tahun 1931 di Kota Shanghai, sepuluh tahun sebelum Amerika memasuki Perang Dunia II, konflik global besar pertama mulai berkecamuk akibat konspirasi kompleks untuk menarik seluruh bangsa ke ambang kehancuran.

Terperangkap di pusara konflik global ini, Sakurai Kikan, sebuah badan intelijen ultra-rahasia yang dikelola oleh individu-individu yang sangat berbakat dengan kemampuan yang jauh melampaui manusia normal, mati-matian berusaha memisahkan kebohongan dari kebenaran.

Tugas mereka adalah menghentikan plot tergelap dan menghilangkan ancaman terbesar. Tetapi di kota yang dibangun di atas intrik, dapatkah tim intelijen ini mengubah takdir?


5. Fugou Keiji Balanced Unlimited

Fugou Keiji Balanced unlimited (Sumber: Wallpapercave)

Fugou Keiji Balanced unlimited (Sumber: Wallpapercave)

Cerita berpusat di sekitar jutawan Kambe Daisuke, pewaris salah satu keluarga terkaya di Jepang, yang ditugaskan sebagai detektif untuk Modern Crime Prevention Task Force (alias MCPTF), satu unit di Departemen Kepolisian Metropolitan Tokyo.

Mengambil keuntungan penuh dari kekayaan keluarganya, dia tidak mengeluarkan biaya dalam menyelesaikan kejahatan yang kompleks dan memiliki kecenderungan untuk mengevaluasi segala sesuatu termasuk kehidupan individu dalam hal nilai moneter mereka.

Kato Haru, seorang detektif dengan hati welas asih yang percaya bahwa uang bukanlah segalanya, dipilih sebagai mitra Kambe, meskiun dia merasa jijik dengan sikap materialistisnya. Memiliki kepribadian yang berlawanan secara diametris, bagaimana keduanya bergabung untuk mengatasi kejahatan dan misteri yang tampaknya tidak terpecahkan. 

Baca juga: 7 Anime Adaptasi Manhwa, Solo Leveling sampai Tower of God

Genhype, itulah limarekomendasi anime bergenre agen rahasia dan badan intelijen yang dapat kalian tonton pada waktu luang di berbagai platform film streaming yang tersedia.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

The Holdovers: 3 Jiwa Kesepian yang Terjebak di Tengah Keajaiban Filter Seluloid Era 1970-an

BERIKUTNYA

The Boyz Siap Comeback dengan Album Phantasy Part 3: Love Letter Maret 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: