Solo Leveling, salah satu anime adaptasi manwa (Sumber foto: Chrunchyroll)

7 Anime Adaptasi Manhwa, Solo Leveling sampai Tower of God

04 February 2024   |   14:15 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Karya animasi asal Jepang atau yang juga dikenal dengan sebutan anime, banyak digemari orang-orang di seluruh dunia. Selain visualnya yang memukau, ide ceritanya juga sangat menarik dan variatif. Umumnya, anime diadaptasi dari manga (komik), gim, atau novel. Namun, ada juga yang diangkat dari manhwa.

Manhwa adalah sebutan untuk komik dari Korea Selatan, layaknya manga yang berarti komik Jepang. Seiring meningkatnya popularitas manhwa, kini banyak bermunculan anime hasil adaptasi dari media tersebut. Biasanya cerita dalam manhwa banyak diangkat menjadi drama populer, sebut saja Itaewon Class, The Uncanny Counter, D.P, Sweet Home, dan lainnya.

Sayangnya para penggemar menilai plot dan pemeran drama adaptasi manhwa favorit mereka banyak yang kurang memenuhi ekspektasi, sehingga menimbulkan kekecewaan besar.

Sedangkan anime adaptasi manhwa dinilai dapat mempertahankan visualisasi dari setiap adegan yang dilakoni para karakternya. Nah Genhype, yuk simak sejumlah anime yang diadaptasi dari manhwa Korea. 

Baca juga: 7 Anime Seru Siap Tayang Februari 2024, Ada Spy x Family dan Demon Slayer
 

1. Blade of the Phantom Master

Blade of The Phantom Master atau judul lainnya Shin Angyo Onshi yang diadaptasi dari manhwa karya Youn In-wan dan Yang Kyung-il keluaran 2004. Ceritanya terinspirasi dari mitologi dan dongeng rakyat Korea. Mengisahkan Munsu, seorang agen rahasia kerajaan Jushin yang hancur karena pejabat-pejabat korup. 

Suatu hari dia tersesat di sebuah gurun pasir, kemudian diselamatkan oleh Mon Ryon, seorang pemuda yang bercita-cita menjadi agen rahasia Jushin. Myon Ryong ingin menyelamatkan kekasihnya, Chun Hyang yang ditawan oleh Lord Byonand yang jahat, tapi dia gugur di perjalanan.

Akhirnya Munsu berhasil menyelamatkan Chun Hyang. Keduanya melanjutkan impian Myon Ryong untuk mengembalikan Jushin ke masa kejayaannya.
 

2. Noblesse



Noblesse diadaptasi dari manhwa berjudul sama yang ditulis oleh Son Jae-ho dan diilustrasikan oleh Lee Kwang-soo. Versi animenya tayang pada Oktober 2020.

Mengisahkan tentang Cadis Etrama Di Raizel atau sebutan lainnya Rai, seorang vampir kuat dari kaum bangsawan terhormat. Rai sudah tertidur selama 820 tahun lamanya tanpa tahu apa yang terjadi di dunia manusia.

Mencoba beradaptasi dengan kehidupan manusia modern, Rai mendaftar ke SMA Ye Ran dan mulai menjalani kehidupan barunya sebagai siswa SMA biasa. Di sana dia dipertemukan dengan Shin Woo dan Yu Na. Ketiganya memulai petualangan berbahaya dan menegangkan saat menghadapi Union, organisasi rahasia yang mengetahui masa lalu Rai. 
 

3. Freezing

Freezing merupakan anime yang diadaptasi dari manhwa karya penulis Lim Dal-young dan ilustrator Kim Kwang-hyun. Versi animenya disutradarai oleh Takashi Watanabe dan diproduksi oleh Shinsaku Tanaka dan Takashi Tachizaki. Mengusung genre aksi dan fiksi ilmiah, diceritakan Bumi pada 2065 sedang berperang melawan alien terkuat yang disebut Nova.

Militer mulai mengembangkan dan melatih Pandora, anak perempuan dengan jaringan genetik khusus yang disebut Stigmata atau Seikon untuk mewujudkan keterampilan bertarung manusia super. Pandora akan didampingi oleh Limiters, partner laki-laki yang memiliki kekuatan freeze untuk membatasi mobilitas musuh saat bertarung.

Anime ini mengikuti kisah Aoi Kazuya, seorang Limiters yang kakak perempuannya meninggal setelah menjadi Pandora. Demi melanjutkan misi sang kakak, Kazuya mengikuti pelatihan di akademi lalu dipasangkan dengan Satellizer el Bridget, Pandora yang sangat kuat.

 

4. Solo Leveling


Solo Leveling diadaptasi dari Manhwa karya penulis Chugong dan ilustrator DUBU keluaran 2016. Versi animenya tayang sejak 7 Januari 2024, disutradarai oleh Shunsuke Nakashige dan diproduksi oleh salah satu studio animasi terkemuka di Jepang yaitu A-1 Pictures.

Mengisahkan tentang dunia yang diambang kehancuran karena serangan monster, kemudian diutuslah para hunter untuk menghabisi mereka.

Suatu hari Sung Jinwoo, seorang hunter terlemah di dunia mengalami peristiwa tragis yang hampir merenggut nyawanya. Setelah sadar, Jinwoo tiba-tiba dapat melihat jendela sistem yang tidak bisa dilihat orang lain. Dengan bantuan jendela sistem, Jinwoo bertransformasi menjadi hunter yang sangat kuat. 
 

5. Kurokami: The Animation

Kurokami: The Animation atau judul lainnya Black God diadaptasi dari manhwa karya penulis Lim Dal-young dan ilustrator Park Sung-woo keluaran 2005. Mengisahkan tentang Keita Ibuki, seorang siswa SMA berusia 19 tahun yang hidupnya selalu diterpa kemalangan. Orang-orang di sekitarnya meninggal tanpa alasan yang jelas, termasuk ibunya.

Ibuki mulai mencari tahu penyebab kematian ibunya yang janggal. Hal tersebut lantas membawanya pada suatu hal yang disebut Terra dan Sistem Doppeliner. Di dunia ini manusia memiliki tiga kembaran identik yang saling berbagi energi kehidupan yang disebut Terra.

Energi ini bisa mendatangkan banyak keberuntungan bagi pemiliknya. Namun, untuk mendapatkannya seseorang harus membunuh dua kembaran identiknya supaya mendapatkan Terra mereka
 

6.The God of High School


Anime The God of High School diproduksi oleh MAPPA, studio animasi Jepang yang merilis karya-karya populer seperti Jujutsu Kaisen dan Attack on Titan. Ceritanya diadaptasi dari manhwa yang ditulis dan diilustrasikan oleh Yongje Park dan dirilis di Naver Webtoon sejak 2011. The God of High School menceritakan tentang para penghuni tiga alam berbeda, yakni Alam Manusia, Alam Pertapa, dan Alam Surgawi.

Sebelum ada tiga alam, manusia, iblis, dan dewa hidup bersama di Bumi. Dewa mengizinkan manusia yang lemah untuk meminjam kekuatan mereka lewat sistem Charyeok sehingga dapat melindungi dirinya sendiri dari iblis. Setelah kekalahan iblis, beberapa manusia masih bisa menggunakan kekuatan tersebut. Namun, mereka dilarang menyerang dewa.

Tokoh utama dalam anime ini adalah Jin Mo Ri, seorang ahli bela diri berusia 17 tahun. Dia diundang untuk mengikuti Turnamen Bela Diri The God of High School (GOH) yang disponsori oleh sebuah perusahaan misterius. Mereka memilih tiga peserta untuk mewakili Korea Selatan pada World Tournament. Jin Mo Ri mulai menyadari, selain seni bela diri, para peserta di sana bertarung menggunakan Charyeok.
 

7. Tower of God

Tower of God atau yang juga dikenal dengan Kami no Tou, tayang sejak April 2020. Anime ini diadaptasi dari manhwa karya Lee Jong-hwi, atau yang juga dikenal sebagai S.I.U. Ceritanya mengisahkan karakter Bam, anak laki-laki yang tinggal di bagian dasar menara bersama temannya Rachel, untuk waktu yang lama. 

Suatu hari, Rachel memutuskan naik ke puncak menara, tapi dia tidak pernah kembali. Akhirnya Bam memberanikan diri untuk menyusul Rachel. Dia berhasil membuka pintu masuk ke menara. Selanjutnya dia dihadapkan dengan berbagai tes, seperti ketangkasan dan kecerdasan di setiap lantainya.

Menara yang menjadi tempat tinggal mereka memiliki struktur unik. Setiap lantai terdiri dari tiga lapisan, yakni menara bagian luar sebagai daerah pemukiman, menara batin untuk orang yang menjalani tes untuk bisa naik lantai, dan bagian tengah sebagai jaringan yang menghubungkan setiap lantai. Setiap orang diberi kesempatan untuk naik, asalkan mereka dianggap layak oleh guardian dan penjaga menara. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Manhwa Apik yang Harus Dibaca Penggemar Komik

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Risiko & Manfaat Massage Gun untuk Kesehatan, Cek Sebelum Pakai

BERIKUTNYA

Daftar Destinasi Wisata Horor di Bali, Berani ke Tempat-tempat Ini?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: