Salah satu lokasi wisata di Thailand. (Sumber gambar: Freepik/Tawatchai07)

5 Negara Bebas Visa untuk Liburan Singkat Jelang Ramadan 2024

02 March 2024   |   12:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Menjelang Ramadan 2024, tidak sedikit masyarakat yang memutuskan untuk melakukan liburan singkat. Mereka memanfaatkan waktu guna merelaksasi pikiran dan memuaskan hasrat kuliner sebelum fokus beribadah selama 30 hari pada bulan suci Ramadan.

Dari sekian banyak destinasi wisata, melancong ke luar negeri selalu menjadi opsi. Terlebih, beberapa negara terutama di Asia Tenggara pun menerapkan bebas visa untuk wisatawan Indonesia. 

Baca juga: Dari Amerika Utara hingga Skandinavia, Ini 4 Negara Paling Aman untuk Liburan 2024

Menurut Henley Passport Index 2024, Indonesia saat ini memiliki paspor terkuat ke-6 di Asia Tenggara dengan akses bebas visa ke 78 destinasi di seluruh dunia. Data pencarian Agoda menunjukkan lima negara bebas visa yang paling banyak dicari oleh wisatawan Indonesia. 

Nah, buat kamu yang memiliki rencana berlibur sebelum menghadapi Ramadan, berikut negara bebas visa yang bisa kamu kunjungi dan cukup populer bagi pelancong asal Indonesia. 
 

1. Malaysia

Negara tetangga ini menjadi tujuan terpopuler bagi wisatawan Indonesia ketika berlibur. Kulinernya yang beragam, festival meriah, dan pemandangan memukau menjadikannya destinasi yang ideal. 

Malaysia menawarkan beragam destinasi, baik bagi wisatawan yang mencari hiruk pikuk ibu kota Kuala Lumpur, kesejukan Cameron Highlands yang menenangkan, atau pantai-pantai indah di Langkawi dan Penang. Kedekatan Indonesia dengan Malaysia menjadikannya pilihan ideal untuk menikmati liburan singkat. 
 

2. Singapura 

Singapura (Sumber gambar: Unsplash/Mike Enerio)

Singapura (Sumber gambar: Unsplash/Mike Enerio)

The Lion City menempati negara kedua terpopuler untuk liburan singkat. Singapura mengundang pelancong dengan cakrawalanya yang ikonik, atraksi kelas dunia, dan kuliner yang nikmat. 

Wisatawan Indonesia dapat menjelajahi atraksi seperti Gardens by the Bay, Sentosa Island, dan Merlion Park yang terkenal dan baru saja direnovasi. Dengan sistem transportasi umum yang efisien dan perbelanjaan kelas dunia, Singapura memberikan pengalaman tak terlupakan bagi pelancong Tanah Air. 
 

3. Thailand

Destinasi wisata populer di Asia Tenggara ini menawarkan Chiang Mai dan Sukhothai yang spiritual. Pelancong juga bisa mengunjungi Kota Bangkok yang ramai, berbagai pantai dan pulau-pulaunya, atau retret meditasi. 

Jangan lupakan reputasinya sebagai surga makanan. Selain itu, Thailand telah menjadi tujuan utama untuk kamu yang gemar jastip. Selami Pasar Chatuchak di Bangkok atau jelajahi butik-butik di Chiang Mai untuk menemukan barang-barang unik, memadukan petualangan dengan belanja ala Thailand untuk perjalanan yang kaya akan budaya. 
 

4. Jepang 

Jepang (Sumber gambar: Sorasak)

Jepang (Sumber gambar: Sorasak)

Jepang merupakan destinasi empat musim yang memikat, terkenal dengan kekayaan tradisi dan keajaiban budayanya. Mulai dari upacara minum teh, seni bela diri, ikebana (merangkai bunga), dunia geisha, hingga budaya pop yang penuh warna seperti anime, manga, cosplay, dan J-Pop. 

Jelajahi kuil untuk menyelami sisi spiritual Jepang. Wisatawan dapat memanjakan diri dengan pengalaman menyegarkan dan meremajakan diri di onsen, lokasi pemandian air panas ini seringkali dikelilingi keindahan alam. 
 

5. Vietnam

Keindahan alam, kuliner lezat, dan sejarah yang kaya telah menjadikan Vietnam destinasi populer bagi wisatawan Indonesia. Dari kota kuno Hoi An hingga Teluk Halong, Vietnam menawarkan perpaduan unik antara petualangan dan relaksasi. 

Jangan lewatkan kunjungan ke Ho Chi Minh City, destinasi populer yang memberikan pengalaman kuliner beragam, mulai dari restoran berbintang Michelin hingga jajanan kaki lima. Jelajahi landmark bersejarah seperti Saigon Central Post Office, Notre-Dame Cathedral Basilica, Ben Thanh Market, dan ikuti tur ke terowongan Cu Chi Tunnels, peninggalan era kolonial Prancis di Vietnam. 

Baca juga: 4 Fakta Penting tentang Paspor Rusak yang Bisa Bikin Liburan Gagal Total

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Brave Entertainment Umumkan Tanggal Debut Candy Shop, Intip Keempat Membernya

BERIKUTNYA

Serba-Serbi Break the Brake World Tour Xdinary Heroes di Jakarta, Setlist hingga Rundown Acara

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: