Interlaken, Swiss. (Sumber foto: Unsplash/Tranmautritam)

Dari Amerika Utara hingga Skandinavia, Ini 4 Negara Paling Aman untuk Liburan 2024

23 February 2024   |   12:30 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Tanpa terasa kita sudah bergerak mendekat ke penghujung kuartal pertama tahun 2024, Genhype sudah menyiapkan rencana liburan untuk tahun ini? 2024 telah menjadi momen yang ditunggu-tunggu untuk merencanakan liburan setelah berbagai tantangan global yang dihadapi di tahun-tahun sebelumnya.

Meskipun hasrat untuk menjelajahi dunia dan menciptakan kenangan yang tak terlupakan tetap tinggi, keamanan semakin menjadi prioritas utama para pelancong. Di tengah ketidakpastian global, pemilihan destinasi liburan yang aman menjadi kunci untuk menjamin kesejahteraan dan kebahagiaan selama perjalanan.

Untuk meminimalisir kejadian-kejadian yang tidak diinginkan serta menjamin liburan Genhype jadi lebih seru dan nyaman, berikut adalah daftar empat negara paling aman untuk liburan pada 2024.

Baca juga: 5 Inspirasi Seru Liburan di Korea Selatan


1. Kanada 

 

Danau Moraine, Kanada (Sumber: unsplash.com/@john_artifexfilm)

Danau Moraine, Kanada (Sumber: unsplash.com/john_artifexfilm)

Dianggap sebagai negara yang aman untuk bepergian karena berbagai faktor, Kanada memiliki tingkat kejahatan yang rendah, politik yang cukup stabil, dan supremasi hukum yang kuat. Kanada terkenal dengan reputasi universalnya sebagai negara tujuan wisata yang aman, dengan sistem kepolisian yang memiliki reputasi baik, dicerminkan dengan tingkat kejahatan yang rendah. 

Selain alasan diatas, Kanada juga memiliki sistem kesehatan masyarakat dan fasilitas kesehatan, berkontribusi terhadap kesehatan negara secara keseluruhan. Negara ini berada di peringkat ke-6 negara teraman di dunia menurut Indeks Perdamaian Global, dan menawarkan lingkungan yang aman bagi wisatawan internasional, termasuk wisatawan wanita yang sedang solo traveling. Secara keseluruhan, keamanan Kanada disebabkan oleh lingkungannya yang damai, tingkat kejahatan yang rendah, dan infrastruktur yang baik. 


2. Swiss 

 

Wengen, Lauterbrunnen, Swiss (Sumber: unsplash.com/@yuralytkin)

Wengen, Lauterbrunnen, Swiss (Sumber: unsplash.com/yuralytkin)

Terkenal sebagai negara yang netral, Swiss dianggap sebagai salah satu negara yang aman untuk dikunjungi. Kota-kota besar di Swiss, seperti Zurich, Jenewa, dan Bern, sangat aman, dengan aktivitas outdoor yang sangat populer dan aman. Swiss memiliki sistem layanan kesehatan wajib, dengan layanan darurat yang sangat cepat dan responsif. 

Swiss juga menjadi salah satu negara demokratis dan stabil yang menempati posisi kedua dalam Indeks Kebebasan Manusia (HFI) 2019 dari 162 negara yang dievaluasi di seluruh dunia. Keseimbangan politik dan desentralisasi kekuasaan Swiss dapat dilihat dari sistem administratif dan perekonomian yang beragam. Masing-masing dari 26 kanton (negara bagian Swiss) menikmati tingkat otonomi yang tinggi dalam bidang pendidikan, kesehatan, perencanaan tata ruang, keselamatan publik, dan aspek hukum.


3. Denmark 

 

Nyhavn, København, Denmark (Sumber: unsplash.com/@nickkarvounis)

Nyhavn, København, Denmark (Sumber: unsplash.com/nickkarvounis)

Denmark menjadi salah satu negara yang sangat aman untuk dikunjungi karena tingkat kejahatan yang rendah, lingkungan politik yang stabil, dan sistem kesejahteraan sosial yang kuat dan merata.

Economist Intelligence Unit mengakui Kopenhagen, ibu kota Denmark, sebagai kota teraman di dunia. Predikat ini diberikan dengan mengacu pada beberapa faktor seperti tingkat kejahatan yang rendah, kesenjangan kekayaan yang sempit, didorongnya inisiatif keberlanjutan, keamanana siber, dan jaminan kesehatan.

Selain itu, Denmark juga sangat berfokus terhadap energi berkelanjutan dan upaya mengurangi polusi udara semakin meningkatkan keselamatan penduduk dan pengunjung, membuat udara dan iklim Denmark semakin sehat dan aman untuk masyarakat maupun turis yang berkunjung. 


4. Norwegia

 

Pantai Skagsanden, Flakstad, Norwegia (Sumber: unsplash.com/@johnygoerend)

Pantai Skagsanden, Flakstad, Norwegia (Sumber: unsplash.com/johnygoerend)

Norwegia merupakan salah satu negara dengan tingkat kejahatan terendah di dunia dan salah satu tingkat pembunuhan terendah di dunia. Digambarkan sebagai negara terindah di dunia yang tidak mentoleransi korupsi sedikitpun, dukungan sosial yang fenomenal, dan kebebasan berpendapat.

Norwegia menyediakan pendidikan gratis bagi  para penduduknya, serta dana pensiun, serta layanan kesehatan universal gratis. Komitmen Norwegia terhadap keamanan lingkungan, layanan kesehatan, dan inovasi digital, menjadikanya sebagai salah satu negara teraman untuk dikunjungi.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Cerita Nadiya Rawil Menulis Lirik Lagu yang Terinspirasi dari Kisah Hidupnya

BERIKUTNYA

Fact Check: Bolehkah Pakai Retinol Pada Usia 20-an?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: