Ilustrasi Kurma Saat Lebaran (Sumber: unsplash.com/@masjidmpd)

8 Ide Bisnis Menguntungkan untuk Bulan Puasa 2024

01 March 2024   |   10:00 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Tak lama lagi, kita bakal memasuki bulan suci Ramadan, bulan yang penuh berkah dan rezeki. Dalam rangka menyambut momen spesial ini, banyak orang berbondong-bondong membeli berbagai produk demi merayakan puasa dan Ramadan bersama orang-orang terdekat. 

Momen ini juga dijadikan sebagian orang sebagai waktu untuk memulai usaha. Pasalnya, memang ada banyak kebutuhan yang muncul pada momen tersebut. Memang, kebutuhan konsumen selalu berubah tiap waktu, tiap tahunnya. Namun, tidak ada salahnya untuk menjajal peruntungan berdasarkan apa yang disukai dan hasil pengamatan. 

Untuk Genhype yang ingin memulai usaha pada bulan penuh berkah, berikut ini adalah delapan ide bisnis yang berpotensi menguntungkan untuk dijual saat bulan puasa 2024 atau Ramadan 1445.

Baca juga: Survei Ini Ungkap 32% Masyarakat Bakal Lebih Banyak Belanja pada Ramadan 2024
 

1. Berbagai Minuman Manis

Setelah seharian yang panas dan melelahkan, sebuah minuman dingin dan manis dapat membantu melepas dahaga bagi mereka yang menjalankan ibadah puasa.  Opsi untuk minuman manis yang dapat dijual sangatlah banyak. Es Buah, Es Doger, Es Kelapa, Es Teh Manis, Es Cendol, Es Campur, Es Cincau adalah beberapa varian es yang dinikmati saat bulan Ramadan.

Kuncinya adalah menjual berbagai jenis minuman es dalam kuantitas yang tinggi, dalam kontainer bening, serta harga yang kompetitif. Sehingga calon pembeli yang lalu lalang, khususnya yang haus akan tertarik untuk membeli.


2. Hamper

Meningkatnya popularitas penjualan hamper dari tahun-tahun sebelumnya, membuat bisnis ini bisa jadi opsi yang menguntungkan sepanjang bulan Ramadan dan Idulfitri. Pilihan produk yang dijual dalam bentuk hampers tidak terbatas pada aneka kue kering saja. Bisa juga, brownies, kue lapis, dan hidangan manis lainya. 

Untuk menjual hampers yang unik, bisa ditambahkan hiasan seperti ornamen yang sesuai dengan tema Ramadan, memberikan kartu ucapan, dan bentuk packaging yang unik. Ini semua akan berkontribusi pada customer experience secara keseluruhan. 


3. Frozen food 

Saat bulan Ramadan, banyak orang ingin yang cepat dan praktis, karena terkadang tidak memiliki waktu untuk membeli bahan masakan, terlebih lagi memasak.

Dengan menjual frozen food, pelanggan tidak perlu khawatir jika tidak bisa untuk mempersiapkan hidangan sahur dan buka puasa. Opsi frozen food yang bisa dijual sangat bervariasi seperti baso-basoan ikan, nugget, sosis, kebab, siomay, dimsum, pempek, lumpia. 


4. Snack 

Menyantap hidangan spesial pada bulan suci rasanya tidak lengkap tanpa ditemani snack. Selain jadi pelengkap makanan berat, camilan (snack) asin dapat dijadikan cemilan sambil bersilaturahmi bersama keluarga.

Camilan kering umumnya dikategorikan kedalam dua jenis, pedas dan non-pedas. Melihat tinggi nya minat masyarakat pada snack pedas, pilihan jenis camilan yang dapat dijual yaitu basreng, keripik kentang balado, lidi pedas. Untuk opsi non pedas, kalian bisa menjual snack seperti kerupuk kulit, snack keju, lanting, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Mau Bisnis Cuan saat Ramadan? Kenali 5 Pola Belanja dan Strateginya Yuk!
 

5. Baju lebaran & alat salat 

Semua orang pasti ingin mengabadikan momen spesial bersama keluarga pada bulan suci Ramadan, khususnya di media sosial. Terutama dengan adanya tradisi lebaran yang menggunakan pakaian baru. Banyak orang akan berbondong-bondong untuk terlihat stylish dan rapi.

Menjual baju lebaran dapat menjadi opsi bisnis yang dapat diandalkan, karena tidak hanya ibu-ibu atau bapak-bapak yang ingin berbelanja baju baru. Pastinya mereka akan membeli baju untuk anaknya, biasanya agar kompak memakai warna yang sama. Baju koko, kaftan, pashmina adalah beberapa opsi baju lebaran yang akan diminati.

Selain baju lebaran, menjual alat salat (sholat) yang menjadi incaran masyarakat seperti sajadah, sarung, peci, mukena, tasbih, dan alat lainnya dapat menjadi pilihan bisnis yang cukup diminati. Menjual baju lebaran dan alat salat sebagai sebuah paket, ditambah dengan harga yang kompetitif, akan terlihat menarik bagi calon pembeli.


6. Ketupat

Merayakan hari kemenangan dengan memakan makanan khas lebaran pastinya identik dengan hidangan ketupat. Hal ini dapat menjadi sebuah kesempatan bisnis, dilihat dari segi efisiensi waktu. Pasalnya banyak orang yang tidak untuk membuat ketupat sendiri. Maka dari itu, menjual ketupat yang sudah siap santap, bisa jadi opsi bisnis yang perlu dipertimbangkan. 
 

7. Kurma

Selain menjadi cemilan manis yang sesuai dengan sunnah nabi, kurma juga merupakan buah bergizi yang memiliki berbagai manfaat kesehatan. Kurma dapat membantu masalah konstipasi, gangguan pencernaan, masalah jantung, dan penyakit lainya. Jenis kurma yang diminati adalah Kurma Ajwa, Kurma Kurma Safawi dan Kurma Medjool. 


8. Jasa desain grafis

Jika ide bisnis sebelumnya berfokus menjual produk kepada customer, ide bisnis ini berfokus menjual jasa ke bisnis-bisnis yang mengeluarkan berbagai promo untuk musim Ramadan dan lebaran tahun ini. Menyediakan jasa desain dapat menguntungkan para bisnis khususnya para UMKM. Punya konsep desain yang unik tentu akan membedakan pelaku bisnis dengan kompetitor. 

Baca juga: Langkah Sederhana Mengatur Keuangan Jelang Ramadan Agar Tidak Boncos

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Pengerjaan Komponen Suara di Film Siksa Kubur Libatkan 3 Sound Designer

BERIKUTNYA

Resensi Buku Marketing 6.0, Ketika Pemasaran Immersive Mulai Merajai

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: