Samsung Galaxy Z Fold 5, pendahulu Galaxy Z Fold 6 (Sumber gambar: tangkapan layar laman Samsung)

Bocoran Desain & Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 6

29 February 2024   |   09:35 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Produsen gawai pintar Samsung belum merilis secara resmi produk paling anyarnya, yakni Galaxy Z Fold 6. Namun, desain perangkat ponsel pintar lipat itu telah bocor – salah satunya bingkai berbentuk kotak yang mirip dengan gawai seri S24.

Bocoran desain Galaxy Z Fold 6 itu diungkap oleh Smartprix yang bekerja sama dengan OnLeaks dalam laman Smartprix. Keduanya mengungkapkan desain 360 derajat gawai pintar itu berdasarkan video yang hanya berdurasi beberapa detik saja.

Smartprix juga menuliskan bahwa Samsung akan mengumumkan Galaxy Z Fold 6 ke publik pada akhir Juli 2024 dalam acara Unpacked. Kemudian, pembeli dapat memperoleh gawai pintar itu pada Agustus 2024 atau satu bulan setelah pengumuman.

Baca Juga: Multi Window & Multi Touch, Dua Fitur Multitasking Galaxy Z Fold yang Wajib Dijajal

Dalam bocoran itu, Samsung Galaxy Z Fold 6 terlihat memiliki sejumlah desain atau fitur yang sudah tersemat dalam S24, produk gawai pintar paling anyar dari perusahaan yang beberapa waktu lalu diluncurkan.

Berikut sejumlah bocoran produk tersebut dan kemungkinan-kemungkinan yang akan tersemat di dalamnya.
 

1. Desain


Dalam laman smartprix tertulis bahwa Galaxy Z Fold 6 memiliki bingkai kotak yang mirip dengan seri S24. Selain itu, gawai pintar itu juga masih menggunakan port yang sama di bagian atas dan bawahnya. Kemudian, Samsung juga menyematkan tiga mikrofon dan kisi-kisi speaker di bagian atasnya.

Di bagian bawah gawai tersebut terdapat port USB C, mikrofon lainnya, dan juga kisi-kisi speaker. Kemudian, Samsung Galaxy Z Fold 6 itu juga memiliki speaker dengan desain grill baru yang memiliki gaya sama seperti seri Galaxy S24 paling anyar.

Selain itu, tombol power dengan pemindai sidik jari dan volume berada di sebelah kanan. Adapun, slot kartu sim tersemat di bagian kiri gawai pintar itu.
 

2. Dimensi


Smartprix menuliskan bahwa layar bagian dalam gawai pintar itu memiliki ukuran diagonal sekitar 7,6 inci. Perangkat itu juga secara keselurhan mempunyai dimensi 153,5 x 132,5 x 6,1 mm saat dibuka.

Galaxy Z Fold 6 juga memiliki cover display berukuran kurang lebih 6,2 inci Di bagian depan. Dengan ukuran itu, gawai pintar terbaru yang akan meluncur dari Samsung ini kemungkinan lebih pendek jika dibandingkan dengan Galaxy Z Fold 5 yang ukurannya 154,9 x 129,9 x 6,1 mm ketika dibuka.

Selain itu, Galaxy Z Fold 6 juga memiliki ketebalan yang sama dengan pendahulunya, yakni 6,1 mm. Smartprix memperkirakan bahwa gawai pintar itu masih menggunakan engsel droplet-style.
 

3. Kamera


Kamera merupakan bagian penting dalam sebuah perangkat gawai pintar pada saat ini. Dalam Galaxy Z Fold 6, perusahaan menggunakan 3 kamera di belakang dengan flash yang memiliki jarak dekat dengan modul kamera. Posisi ini membuatnya sama dengan Galaxy Z Fold 5.

Selain itu, Samsung juga disebut menyematkan kamera selfie punch-hole di layar luar dan kamera selfie di bawah bingkat, di layar bagian dalam.

Smartprix memperkirakan kemungkinan besar ponsel ini menggunakan sensor yang sama dengan Galaxy Z Fold 5. Adapun, ukuran kamera yang dipasang tidak menutup kemungkinan memiliki resolusi 50 MP + 12 MP + 10 MP di bagian belakang. Sementara kamera untuk swafoto atau selfie sebesar 10 MP. Adapun, kamera selfie yang terpasang di bagian bawah memiliki resolusi 4 MP.
 

4. Layar


Smartprix menuliskan bahwa Galaxy Z Fold 6 diperkirakan akan memiliki layar sampul 6,2 inci dan bagian dalam 7,6 inci. Setiap layar yang terpasang dalam gawai pintar itu akan berteknologi Dynamic Amoled dengan refresh rate 120 Hz.

Layar bagian dalam akan terbuat dari plastik atau kaca yang sangat tipis dan menggunakan Corning Gorilla Glass Armor baru untuk perlindungan. Layar gawai pintar itu diperkirakan memiliki kecerahan maksimal hingga 2.600 Nits.
 

5. Dapur Pacu


Dari sisi dapur pacu, Smartprix dan OnLeaks memperkirakan Samsung akan menyematkan chipset Snapdragon 8 Gen 3 For Galaxy. Kemudan, RAM yang terpasang berukuran 12 GB atau 16 GB dengan kapasitas penyimpanan UFS 4.0 hingga 1 TB.
 

6. Baterai, sistem operasi, & fitur


Smartprix menuliskan bahwa ukuran baterai dan kecepatan pengisian dayanya juga kemungkinan akan tetap sama, yaitu 25W. Kemudian, sistem operasi yang tersemat tidak menutup kemungkinan adalah One UI 6.1.1 berbasis Android 14 dan akan mendapatkan 7 pembaruan OS utama dan 7 tahun pembaruan keamanan.

Laman itu juga menuliskan bahwa manajemen harus menyematkan fitur Galaxy AI, seperti Circle to Search, Chat Assist, Live Translate, dan sebagainya dalam Galaxy Z Fold 6.

Baca Juga: Menilik Kualitas Chipset AI Terbaru Buatan Qualcomm, Samsung, & Mediatek

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: M. Taufikul Basari 
 

SEBELUMNYA

FML Milik SEVENTEEN jadi Album Terlaris Sepanjang 2023

BERIKUTNYA

Moon Byul Akan Melakukan Tur Dunia Perdananya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: