SEVENTEEN (Sumber Foto: X/@pledis_17)

FML Milik SEVENTEEN jadi Album Terlaris Sepanjang 2023

29 February 2024   |   10:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

SEVENTEEN kembali mencetak prestasi lewat rilisan extended play (EP) atau mini album ke-10 mereka yang berjudul FML. Karya tersebut dinobatkan sebagai album terlaris sepanjang 2023 di dunia oleh Federasi Internasional Industri Fonografis (IFPI), yakni asosiasi industri rekaman global yang berbasis di London.

IFPI mengumumkan pada 27 Februari 2024 bahwa FML menduduki peringkat teratas dalam Global Album Chart 2023. Album tersebut melampaui pesaing kuat lainnya seperti One Thing At A Time dari Morgan Wallen di posisi ketiga dan Midnights dari Taylor Swift di posisi keempat.

Sebetulnya ini bukan pertama kalinya SEVENTEEN menjajaki Global Album Chart. Grup beranggotakan 13 orang tersebut memulai debutnya di tangga lagu global dengan menempati 10 besar chart pada 2022 lewat album penuh keempatnya Face the Sun. Karya tersebut menempati posisi ke-7, sementara posisi ke-8 diduduki oleh EP ke-11 mereka yang berjudul Seventeenth Heaven.

Baca Juga: Jungkook BTS, Soyeon (G)I-DLE, & Vernon SEVENTEEN Jadi Anggota Tetap KOMCA

Grup K-pop lainnya yang berhasil masuk ke posisi top 10, yakni ada 5-Star dan Rock-Star milik Stray Kids di posisi kedua dan kesembilan, serta ISTJ dari NCT Dream di posisi keenam.

IFPI sendiri beranggotakan lebih dari 8.000 label rekaman di seluruh dunia. Dalam menentukan album terlaris tahun ini, mereka menyusun chart berdasarkan penjualan album fisik, unduhan digital, serta streaming audio dan video. Chart dianggap sebagai salah satu indikator paling objektif untuk mengidentifikasi album terlaris di pasar musik global.
 

Tentang Album FML

FML dirilis pada 24 April 2023, oleh Pledis Entertainment. EP ini terdiri dari enam lagu yang termasuk dua single utama. Di antaranya ada F*ck My Life, Super, Fire, I Don’t Understand but I Luv U, Dust, April shower

Adapun FML sendiri menjadi album dengan preorder terbanyak kedua dalam sejarah Korea Selatan, yakni sekitar 4,64 juta preorder. SEVENTEEN mampu memecahkan rekor yang dibuat oleh BTS lewat karya albumnya yang berjudul Map of the Soul: 7 pada 2020. 

Menurut Pledis Entertainment dan YG  Plus selaku distributor album mereka, merilis pernyataan bahwa penjualan gabungan semua versi FML melampaui 6,2 juta kopi pada Juli 2023 lalu. Album ini terjual sebanyak 3,99 juta kopi di hari pertama perilisanya dam terjual sebanyak 4.55 juta eksemplar fisik di seluruh dunia pada minggu pertamanya. 

Tak sampai di sana, album ini membuat SEVEENTEEN mendapatkan piala daesang di ajang penghargaan musik bergengsi, MAMA Awards untuk kategori Album Terbaik Tahun Ini. Selain itu FML resmi masuk dalam kategori Millions Top 10 di Melon Music Awards pada Desember tahun lalu. Majalah musik Amerika, yakni Paste juga menempatkannya di peringkat nomor 2 dalam daftar 20 Album K-pop Terbaik tahun 2023.

Baca Juga: 3 Grup K-Pop yang Pernah Tampil di Nissan Stadium, Terbaru Ada Seventeen

Editor: M. Taufikul Basari 

SEBELUMNYA

5 Fakta tentang Karakter Suki Dalam Avatar The Last Airbender

BERIKUTNYA

Bocoran Desain & Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 6

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: