Samsung Galaxy Z Fold (Sumber gambar: Samsung)

Multi Window & Multi Touch, Dua Fitur Multitasking Galaxy Z Fold yang Wajib Dijajal

10 August 2023   |   22:30 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, selain seri Galaxy Z Flip, vendor Samsung juga menghadirkan seri Galaxy Z Fold yang ditargetkan bagi para penyuka gadget layar lebar. Fitur folding atau lipat yang dinamis tidak hanya memiliki fungsi estetika, melainkan juga fungsi penunjang produktivitas lewat fitur-fitur pendorong multitasking.

Jika Galaxy Z Flip mentereng dengan fitur Flex Window terbarunya, Galaxy Z Fold juga hadir dengan fitur fleksibelitas dalam satu bukaan layar. Salah satu fitur multitasking yang jadi andalan di Galaxy Z Fold adalah Multi Window.

Dengan fitur ini, pengguna bisa membuka dua laman sekaligus dalam tampilan yang luas dan lebar. Pengguna bisa menggunakannya selayaknya dua layar smartphone yang disandingkan bersebelahan. Misalnya, satu sisi layar dapat membuka fitur berita, sedangkan layar layannya dimanfaatkan untuk menulis atau mencatat poin penting.

Baca juga: Gadget Sering Nganggur? Begini Cara Tetap Produktif Pakai Tablet

Dua kegiatan ini dapat dilakukan bersamaan tanpa harus menggulir dan membuka tab baru dalam tampilan. Pada seri Galaxy Z Fold sebelumnya, fitur Multi Window telah ada. Namun Samsung meningkatkan penguatan fitur ini untuk menunjang produktivitas di seri terbarunya.

Pada seri terdahulu, fitur-fitur ekperimental yang mendukung kegiatan multitasking seperti Pop-up view dan split screen view tersedia melalui Labs, fitur percobaan yang data dieksplorasi pengguna Samsung.
 

Fitur Multi Window Samsung Galaxy Z Fold 5 (Sumber gambar: Samsung)

Fitur Multi Window Samsung Galaxy Z Fold 5 (Sumber gambar: Samsung)


Pop-up view memungkinkan pengguna mengubah aplikasi menjadi jendela pop-up secara menarik yang ditampilkan lewat sudut kanan atas. Sementara split screen view merupakan fitur pembagian layar saat penguna menggesekkan dua jari pada layar. Untuk seri Galaxy Z Fold 5, Samsung telah memasukkan fitur-fitur tersebut ke dalam perangkat lunak One UI.

Fitur yang sudah tercatat dalam perangkat lunak ini memungkinkan pengguna membuka Multi Window hanya dengan mengetuk dua jari. Pengguna data langsung mengakses notepad untuk menulis berbagai ide lewat dua jendela yang berdampingan pada satu layar.

Selain Multi Window, fitur multitasking lain yang wajib dijajal untuk menambah produktivitas adalah Multi Touch. Fitur seperti drag and drop dalam multi touch penting dihadirkan untuk smartphone dengan layar yang besar. Fitur ini bisa dijajal dengan dua tangan sekaligus.

Satu jari dapat menahan objek, sementara jari dari tangan lainnya tetap bisa berinteraksi dengan menekan fitur-fitur lain pada layar. Fitur super ringkas dan efisien ini bisa digunakan untuk membuat pekerjaan lebih cepat.

Baca juga4 Tips Menggunakan Gadget yang Aman untuk Tingkatkan Kreativitas Anak

Contoh, penguna bisa menahan suatu gambar pada galeri, kemudian jari lainnya dapat membuka jendela baru untuk melampirkan gambar yang sudah ditahan tadi ke email. Untuk berpindah aplikasi ke halaman lain, pengguna cukup menahan ikonnya menggunakan angan lainnya dengan cara menggesek layar pada beranda, lalu menempakan aplikasi sesuai dengan tempat yang diinginkan.

Pengguna juga bisa menambahkan empat aplikasi sekaligus pada taskbar sehingga transisi antar aplikasi yang terbuka lebih mudah. Untuk beralih ke aplikasi lainnya, cukup buka jendela pop-up dan kemudian ragam aplikasi dan jendela yang sedang diakses akan ditampilkan.


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor : Roni Yunianto
 

SEBELUMNYA

Kenali Kategori-Kategori dalam Ajang Kompetisi Lari

BERIKUTNYA

Warung Mak Beng Bali Terbang ke Jakarta Demi Puaskan Pecinta Kuliner, Cek Lokasinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: