Ilustrasi light makeup sebagai tren riasan wajah Ramadan 2024 oleh Makeup Enthusiast Fitry Dartu Rahma. (Foto: JIBI/Espos/M. Ferri Setiawan)

Light Makeup Bakal Jadi Tren Riasan Ramadan 2024, Begini Cara Aplikasinya

27 February 2024   |   18:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Tren makeup atau riasan wajah selalu berubah tiap tahunnya termasuk saat momen Ramadan dan Lebaran. Meski dalam kondisi berpuasa, penampilan merupakan hal penting untuk diperhatikan. Salah satunya dengan memakai riasan wajah yang tepat dan bisa memancarkan kecantikan asli.

Chief Marketing Officer (CMO) sekaligus Co-Founder Sociolla Chrisanti Indiana mengatakan tren riasan wajah pada momentum Ramadan 2024 akan cenderung pada light makeup. Light makeup lebih menonjolkan tampilan riasan wajah yang tampak lebih segar di tengah suasana ibadah puasa yang terkadang membuat tubuh lebih letih dan mudah dehidrasi.

"Tahun ini [tren makeup] itu lebih fresh sebenarnya. Banyak tren dari brand-brand kecantikan dan juga di customer yang kami lihat itu bagaimana makeup-nya supaya lebih kelihatan lebih segar. Jadi kulit-kulit yang sehat, warna-warna seperti peach itu akan lebih muncul," katanya di acara ulang tahun Sociolla ke-9 di Central Park Mall, Jakarta, Selasa (27/2/2024). 

Baca juga: 4 Langkah Skin Prep, Kunci Makeup Flawless dan Tahan Lama

Mengutip dari situs L'oreal Paris USA, light makeup adalah teknik riasan yang bertujuan untuk memberikan tampilan yang segar dan alami dengan sedikit sentuhan produk makeup. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan tampilan makeup yang ringan dan natural.

Dalam light makeup, fokus utamanya adalah untuk meningkatkan keindahan alami wajah tanpa menimbulkan kesan berlebihan. Tujuan riasan wajah ini juga untuk menonjolkan kecantikan asli seseorang tanpa membuat wajah terlihat seperti menggunakan berlapis produk kosmetik.

Ada beberapa kelebihan dari teknik light makeup. Dengan tampilan alami ini, seseorang tetap bisa menonjolkan kecantikan tanpa harus mengubah diri secara drastis dengan produk riasan wajah. Teknik makeup ini juga merupakan cara yang efektif untuk mempercantik diri tanpa perlu membebankan wajah dengan berbagai produk kosmetik yang terlalu berat.

Selain itu, light makeup juga cocok untuk dipakai dalam berbagai kesempatan lantaran tampilannya yang natural, mulai dari acara formal, riasan ke kantor, ataupun datang ke acara-acara santai bersama teman-teman. Dengan makeup yang ringan, tentu tidak akan mengganggu jalannya aktivitas apalagi mengurangi rasa percaya diri.
 

Ilustrasi penggunaan makeup yang ringan. (Sumber gambar: Sound On/Pexels)

Ilustrasi penggunaan makeup yang ringan. (Sumber gambar: Sound On/Pexels)

Cara Menerapkan Light Makeup
Ada beberapa cara yang perlu dilakukan untuk menciptakan tampilan light makeup pada wajah. Menukil dari situs StyleCraze, sebelum menggunakan produk makeup, pastikan wajah telah dalam keadaan bersih serta menggunakan skincare alias produk perawatan kulit. 

Gunakan juga moisturizer atau pelembab untuk menghidrasi sekaligus melebabkan kulit, serta sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berbahaya. Setelah itu, pakai primer yang ringan untuk menyamarkan pori-pori, meratakan tekstur kulit, dan memperpanjang daya tahan makeup.

Lantaran ingin tampilan makeup yang light atau ringan, gunakan foundation dengan formula yang ringan juga dalam bentuk bubuk ataupun matte, untuk menyamarkan noda dan meratakan warna kulit. Pastikan memilih foundation yang sesuai dengan warna kulit.

Kini, sudah banyak juga brand yang menghadirkan produk powder foundation, yakni perpaduan antara foundation dan bedak sebagai dasar riasan sehingga tampilannya tidak terlalu tebal.

Baca juga: Clean Girl Look Bakal Jadi Tren Makeup 2024, Ini 4 Kiat Merias Wajah Bak Hailey Bieber

Setelah itu, gunakan concealer yang memiliki tekstur ringan untuk menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata, noda, atau bekas jerawat pada wajah. Jangan lupa untuk mengaplikasikan dengan jari atau sponge untuk tampilan yang lebih natural. 

Langkah selanjutnya ialah menggunakan powder atau bedak transparan untuk meratakan dan mengunci hasil makeup. Pastikan kalian tidak menggunakan terlalu banyak bedak agar tampilan tetap ringan, serta pilih warna bedak yang paling sesuai dengan warna kulit kalian.

Untuk tampilan riasan yang ringan, disarankan tidak menggunakan produk seperti highlighter dan bronzer. Untuk menambah sedikit warna pada wajah, sapukan perona pipi atau blush on ke pipi. Gunakan blush on dengan warna yang natural pada tulang pipi untuk memberikan sedikit warna pada wajah.

Aplikasikan blush on dengan lembut dan merata. Karena tidak akan memakai riasan wajah lainnya, kalian juga bisa mengaplikasikan blush on di sepanjang cekungan pipi untuk menonjolkan tulang pipi sebagai pengganti bronzer.

Eyeshadow memang bukan produk wajib pada teknik light makeup. Namun, tak ada salahnya menggunakan eyeshadow untuk memberikan sedikit warna pada kelopak mata. Cukup taburkan eyeshadow yang tipis pada kelopak mata, dan hindari penggunaan produk warna mata yang terlalu berwarna-warni.

Sama seperti eyeshadow, eyeliner juga bukan merupakan suatu keharusan dalam tampilan light makeup. Namun, jika kalian ingin tetap menggunakannya, pilih eyeliner dengan formula pensil, untuk mempertegas garis bulu mata bagian atas dengan efek eyeliner yang tidak terlihat.

Satu produk yang justru tidak boleh terlewatkan ialah mascara. Pilih mascara dengan formula waterproof dan tidak terasa berat pada bulu mata. Gunakan mascara hanya untuk sedikit mempertegas bulu mata, dengan tidak menggunakan banyak produk. Agar tampak lebih ringan, gunakan warna mascara yang lebih kecoklatan daripada hitam seperti umumnya.

Baca juga: Tampilan Flawless dengan Kilau Jadi Tren Makeup 2024

Adapun, untuk tampilan bibir, usahakan pilih produk yang membuat bibir tetap halus dan lembab. Gunakan lip balm untuk menjaga kelembapan bibir atau lipstik dengan warna nude untuk memberikan tampilan alami pada bibir. Sebaliknya, hindari produk dengan warna yang terlalu menonjol dan berat pada bibir. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Pengguna Tekken 8 Tembus 2 Juta Kopi, Ajang Esportsnya Disiapkan

BERIKUTNYA

Setelah Rilis di Bioskop, Film Wonka Hadir di HBO Go 8 Maret 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: