Ilustrasi perempuan melakukan perawatan wajah (Sumber foto: Pexels/Karin Bolovtsova)

4 Langkah Skin Prep, Kunci Makeup Flawless dan Tahan Lama

21 February 2024   |   14:45 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta

Genhype pernah mengalami momen ketika kalian sudah menghabiskan waktu untuk berdandan di depan cermin selama berjam-jam tapi ternyata hasilnya tidak sesuai dengan ekspektasi? Rasanya hampir sebagian dari kita pernah merasakan hal tersebut. 

Padahal kita sudah membeli kosmetik di tempat trusted dengan harga mahal nan viral di sosmed itu. Namun nyatanya, produk tersebut tidak sesuai dengan hasil makeup yang kita inginkan. 

Baca juga: Cara Menghapus Makeup yang Benar Agar Kulit Terawat

Ketika dihadapkan pada kenyataan itu, tak sedikit dari kita yang menyalahkan kualitas produk makeup. Ada juga yang merasa bahwa teknik yang digunakan saat makeup tidak tepat sehingga hasilnya tidak terlalu terlihat di wajah. 

Akan tetapi, hasil makeup yang kurang memuaskan itu tidak melulu soal kualitas produk makeup yang kita pakai atau teknik makeup yang kita gunakan. Mungkin saja kalian melewati satu tahapan penting sebelum mengaplikasian riasan wajah. Kira-kira apa, ya? Yap, betul. Skin preparation. 
 

Sumber foto: Pexels/Pavel Danilyuk

Sumber foto: Pexels/Pavel Danilyuk


Mengaplikasian skincare ke wajah sebelum makeup adalah langkah yang sangat penting kita lakukan agar hasil makeup bisa menjadi lebih flawless dan tahan lama. Kulit dengan base yang kita terapkan itu juga berfungsi untuk tanpa menjadi kering atau cakey. Tak hanya itu, skin prep sebelum makeup dapat melindungi kulit dari permasalahan yang timbul karena penggunaan makeup. 

Perawatan wajah yang kita aplikasikan sebelum menggunakan makeup juga tidak terlalu sulit, lho. Kalian hanya perlu mengikuti empat langkah skin prep. Jika Genhype belum mengetahui pentingnya skin prep serta langkah-langkahnya, simak artikel berikut. 


1. Double Cleansing

Jadi urutan pertama pada tahapan skin prep adalah double cleansing. Langkah ini sangat penting dilakukan sebelum menggunakan makeup agar kulit wajah menjadi lebih fresh dan bersih. Double cleansing berguna untuk menghilangkan kotoran, minyak, sel kulit mati, dan menyamarkan pori-pori.

Double cleansing bisa kalian lakukan dengan membersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan pembersih makeup berbasis minyak (oil) seperti cleansing balm, atau pembersih berbasis air yakni micellar water. Kemudian bersihkan wajah menggunakan sabun cuci muka sesuai jenis kulit.


2. Toner

Setelah kalian membersihkan wajah secara menyeluruh, langkah selanjutnya adalah menggunakan toner. Toner ini berguna untuk menjaga kulit setelah dibersihkan dengan sabun cuci muka. Tuang beberapa tetes toner ke kapas lalu usap ke wajah secara merata. Jangan lupa untuk diamkan selama beberapa menit agar produk dapat meresap ke wajah dengan maksimal. 


3. Moisturizer

Salah satu kunci makeup agar tidak geser adalah dengan mengaplikasikan moisturizer. Kelembaban pada wajah adalah hal yang wajib jika kalian menginginkan makeup anti crack. Hidrasi pada kulit memainkan peran yang krusial untuk menjaga lapisan kulit terluar tetap sehat. Jika kulit kalian terhidrasi dengan cukup, dijamin makeup yang kalian gunakan akan tampak lebih flawless dan fresh sepanjang hari.


4. Sunscreen

Semua tahapan skin prep akan menjadi sia-sia jika kalian tidak menggunakan sunscreen sebagai penutupnya. Suncreen adalah salah satu hal vital untuk mengunci kandungan skincare yang telah kita terapkan sebelumnya. Skincare satu ini juga sangat penting karena dapat melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya. Namun, pastikan untuk memilih sunscreen yang tidak memiliki kandungan whitecast untuk menghindari riasan justru menjadi abu-abu. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

6 Destinasi Wisata Seru di Vietnam: Saigon Skydeck hingga Golden Bridge Cau Van

BERIKUTNYA

4 Resep Masakan Tanpa Minyak Goreng: Ada Botok Tempe Udang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: