Ilustrasi kuas makeup. (Dok. kinkate dari Pexels)

3 Hal Ini Perlu Dicermati untuk Tahu Kapan Kuas Makeup Dibuang

25 May 2021   |   10:47 WIB

Salah satu peralatan tata rias yang sering dipakai adalah kuas makeup, di mana fungsinya bisa untuk segala jenis produk makeup yang menggunakan bubuk seperti loose powder dan blush on maupun yang cair seperti foundation.

Tapi, Genhype pernah sadar enggak sih kalau kuas makeup yang sering digunakan bisa kotor dan mengandung berbagai macam bakteri berbahaya?

Her World Online melaporkan bahwa beberapa bakteri yang ada di dalam kuas makeup yang kotor bisa menyebabkan sejumlah penyakit seperti diare hingga meningitis.

Berbeda dengan produk tata rias yang biasanya dibuang setelah dua tahun pemakaian, peralatannya justru masih bisa digunakan beberapa kali dengan proses pencucuian. Akan tetapi, Genhype perlu tahu tiga hal ketika kuas makeup sudah harus diganti. Simak yuk!

1. Tidak berbentuk seperti saat masih baru
 

Ilustrasi kuas makeup. (Dok. dids dari Pexels)

Ilustrasi kuas makeup. (Dok. dids dari Pexels)


Kuas makeup biasanya memiliki beberapa bentuk yang memang didesain untuk penggunaan tertentu dan seiring pemakaian bentuknya tentu berubah, tetapi hal ini masih bisa diperbaiki dengan proses mencuci dan mengeringkannya sesaat setelah itu.

Tapi, kalau kuas makeup punya Genhype sudah lama sampai tidak bisa menahan bentuk awalnya, maka ini waktunya Genhype menggantinya dengan yang baru. Sebab, kuas seperti ini sudah tidak efektif digunakan dan hanya akan mengumpulkan bakteri berbahaya.

2. Ada masalah saat aplikasi produk
 

Ilustrasi kuas makeup. (Dok. cottonbro dari Pexels)

Ilustrasi kuas makeup. (Dok. cottonbro dari Pexels)


Kalau ingin tahu apakah kuas makeup masih bisa bekerja dengan baik, sekadar melihat enggak bisa mendeteksi hal ini. Tapi, ini bisa ketahuan saat Genhype mulai memakai produk tata rias dengan kuas.

Misalnya, kalau ada bagian wajah yang belang setelah aplikasi produk tata rias seperti foundation maka Genhype harus mulai memperhatikan kuas makeupnya. Meski ini bisa saja disebabkan karena karakter produk yang kurang sesuai dengan alatnya, tapi coba antisipasi hal ini dengan mencuci kuas sebelum mengetahui apakah kuas masih berfungsi dengan baik.

3. Bulu kuas sudah banyak yang rontok
 

Ilustrasi kuas makeup. (Dok. Edward Eyer dari Pexels)

Ilustrasi kuas makeup. (Dok. Edward Eyer dari Pexels)


Satu hal yang perlu Genhype perhatikan ketika memutuskan untuk mengganti kuas adalah dengan melihat seberapa banyak bulu yang rontok pada kuas saat dibersihkan.

Biasanya, kuas yang kualitasnya tinggi akan cenderung lebih resisten sehingga bisa tahan lama karena konstruksi kuas dan kualitas lemnya. Tapi kalau Genhype sudah melihat banyak bulu yang rontok, ini waktunya untuk ganti ke kuas yang baru.

Supaya proses kerontokan tidak semakin parah, usahakan Genhype mencuci kuas dengan lembut dan keringkan dengan posisi mendatar atau bulu menghadap ke bawah sehingga air tidak masuk ke salam bagian kuas.

Nah, setelah ini coba perhatikan lagi kuas makeup Genhype dan jangan lupa selalu jaga kebersihan kuas makeup kalian ya! 

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Timothée Chalamet Perankan Willy Wonka Muda dalam Film Warner Bros

BERIKUTNYA

Lore Olympus Sapa Penggemar Indonesia Lewat LINE Webtoon

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: