Tekken 8 laku 2 juta kopi dalam satu bulan (Sumber gambar: tangkapan layar laman offical Tekken 8)

Pengguna Tekken 8 Tembus 2 Juta Kopi, Ajang Esportsnya Disiapkan

27 February 2024   |   17:35 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Game populer dari Bandai Namco Entertainment, yakni Tekken 8 berhasil menarik banyak minat para pemain pertarungan di berbagai belahan dunia. Gim itu telah terjual sebanyak 2 juta kopi secara global sejak diluncurkan pada 26 Januari 2024.

Kabar penjualan Tekken 8 sebesar 2 juta kopi dalam satu bulan itu disampaikan oleh Banda Namco Entertainment Inc. melalui siaran pers yang diunggah di laman resminya. “Tekken 8, seri terbaru dari Tekken, yang dirilis pada Jumat, 26 Januari 2024, melampaui total 1 juta kopi di seluruh dunia pada hari pertama peluncurannya, dan 2 juta kopi dalam satu bulan,” demikian tertulis. 

Baca juga: Game-game Paling Laris di Semua Konsol Nintendo, dari NES sampai Switch 

Perusahaan menyebutkan bahwa penjualan game tersebut pada bulan pertama peluncurannya jauh melampaui edisi pendahulunya, yakni Tekken 7. Sayang, perusahaan tidak menyebutan penjualan yang diraih oleh Tekken 7.

Meskipun begitu, Bandai Namco Enterntaiment mengungkapkan bahwa Tekken 7 masih dimainkan dan memiliki total rekkor penjualan tertinggi seri ini dengan mencapai lebih dari 11,8 juta kopi di seluruh dunia.

Dengan pencapaian penjualan Tekken 8, manajemen mengungkapkan bahwa Bandai akan terus melakukan pembaruan (update) dan mendorong acara esports guna meningkatkan basis pengguna. Tidak hanya melalui bisnis musik dan lisensinya. Namun, juga meluncurkan langkah-langkah daring dan luring secara penuh.

Bandai juga akan melakukan update terkait Tekken Shop, yakni toko dalam game yang memungkinkan pemain mendapatkan item, seperti kostum karakter yang dapat dimainkan seperti dalam seri sebelumnya.

Selain itu, perusahaan juga akan melakukan pembaruan Tekken Fight Lounge, yakni sebuah lobi online imersif berskala besar yang akan menyediakan skin karakter untuk avatar yang dimainkan.

Dalam Tekken Shop dan Tekken Fight Lounge, pengembang akan menyediakan item kolaborasi dengan berbagai IP dan merek. Tidak hanya itu, pembaruan yang akan dilakukan juga menyangkut fitur yang akan membuat pengalaman komunikasi dalam gim antarpengguna menjadi menyenangkan.

Tekken World Tour 2024
Terkait dengan ajang esports, Bandai akan memulai ajang Tekken World Tour 2024 pada Sabtu, 13 April 2024 sebagai langkah untuk memperluas komunitas penggemar luring. Perusahaan menuliskan bahwa Tekken World Tour telah terselenggara sejak 2017.

Manajemen mengeklaim bahwa ajang tersebut merupakan kompetisi gim pertarungan paling bergengsi di kancah esport terdapat dalam seri Tekken. Di Tekken World Tour, para pemain bersaing mendapatkan poin melalui turnamen yang diadakan oleh komunitas gim pertarungan di seluruh dunia, guna menentukan World's Best Player of the Year.

Bersamaan dengan ajang itu, perusahaan juga akan memperluas bisnis di luar gim, seperti lisensi dan musik sejalan dengan 30 tahun seri Tekken.

Seri Tekken adalah game pertarungan 3D di konsol yang dimulai sebagai game arcade dan meluncur pada Desember 1994. Pada Agustus 2017, permainan ini mendapatkan Guinness World Records sebagai waralaba video game pertarungan 3D yang paling lama 21 tahun 179 hari dan alur cerita video game dengan durasi terlama yakni 20 tahun 99 hari.

Pada tahun ini, seri Tekken merayakan hari jadi yang ke-30. Sementara itu, Tekken 8 adalah seri terbaru dalam waktu sekitar 7 tahun sejak Tekken 7 dirilis sebagai gim konsol pada 2017. Tidak hanya itu, Tekken 8 juga menjadi yang pertama dirilis di perangkat keras atau hardware terbaru, yakni PS 5, Xbox Series X|S, dan PC.

Cerita Tekken 8 mengambil set 6 bulan setelah seri sebelumnya dan menampilkan kisah epik tentang pertumbuhan dan tekad Jin Kazama, yang menentang nasibnya dan menantang ayahnya Kazuya Mishima. 

Baca juga: 3 Game Legendaris yang Populer pada Era 1990-an

Gim ini juga memiliki 32 karakter yang telah mengalami penyegaran grafis dengan kemampuan perangkat keras terbaru dengan resolusi tinggi, elemen penghancuran dalam tahapan pertempuran, dan sistem Panas baru yang mendorong agresivitas dalam pertempuran agar menarik.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Mengenal Rumah Singgah di RSCM Milik Yayasan Ronald McDonald House Charities

BERIKUTNYA

Light Makeup Bakal Jadi Tren Riasan Ramadan 2024, Begini Cara Aplikasinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: