F1 Powerboat 2024 di Danau Toba (Sumber gambar: Kemenparekraf)

Intip Persiapan dan Keunikan F1 Powerboat Danau Toba 2024 yang Siap Dihelat Lagi

27 February 2024   |   16:51 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Para penikmat sport tourism di Indonesia siap bergembira tahun ini. Pasalnya, ajang F1 Powerboat di Danau Toba, Sumatra Utara siap dilangsungkan pada awal bulan ketiga di kalender Gregorian. Tepatnya pada 1 sampai 3 Maret 2024 dengan menghadirkan para riders terkenal di dunia.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono mengatakan bahwa saat ini persiapan dari acara menjelang laga dimulai sudah mencapai 99 persen. Bahkan, hingga saat ini sebanyak 200 ton logistik, yang terdiri dari perahu balap, dan barang lainnya yang sudah sampai di Pelabuhan Belawan.

"Dalam 2 hari ke depan, boat ini akan mulai turun ke Danau Toba untuk dilakukan uji coba. Kami harap ada partisipasi yang lebih besar dari masyarakat dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya mencapai 60.000 pengunjung," katanya pada Selasa, (27/2/24) dalam konferensi pers via Zoom. 

Baca juga: Pembalap F1 Powerboat Ramaikan Danau Toba, Penyelenggara Siapkan Transportasi ke Parapat

Tahun ini juga akan ada beberapa evaluasi dari gelaran tahun sebelumnya agar event internasional tersebut jadi semakin baik. Salah satunya dengan mengubah pola perlombaan yang disesuaikan dengan kondisi cuaca di Danau Toba agar berbagai olahraga air yang dilombakan berjalan maksimal.

Tak hanya itu, tahun ini juga akan ada event perlombaan tradisi olahraga air lokal yakni Solu Bolon atau perahu yang dulu hanya dimiliki kaum bangsawan di Danau Toba. Uniknya, kompetisi balap tersebut menghadirkan berbagai perwakilan dari setiap kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sumatra Utara

"Memang ada pembelajaran dari tahun lalu. Kali ini kita mencoba untuk melihat cuaca, di mana siang hari ombaknya besar, maka tahun ini powerboat akan dilaksanakan pagi hari. Sedangkan kejuaraan jetski dihelat siang hari," imbuhnya.
 
 


Selaras, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengatakan bahwa penyelenggaraan F1 Powerboat di Danau Toba dapat menjadi momentum untuk mengembangkan wisata olahraga di Indonesia. Menurutnya, ajang ini akan menciptakan efek ke berbagai lini, termasuk pariwisata, ekonomi, dan prestasi olahraga nasional.

Dito menjelaskan bahwa saat ini pengembangan sport tourism juga semakin diminati masyarakat Indonesia. Bahkan, pihaknya sudah bersepakat dengan F1H2O Racing dan PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney untuk membuat akademi F1 powerboat dan aquabike di Danau Toba yang diharap melahirkan atlet baru untuk bersaing di level internasional.

"Diharapkan pada 2027 kita akan ada opsi-opsi lain, di mana bisa melakukan evaluasi untuk olahraga air. Karena Indonesia merupakan negara maritim  sehingga akan ada banyak potensi yang bisa dikembangkan di olahraga ini," katanya.

Untuk diketahui, ajang kejuaraan dunia F1 Powerboat yang diselenggarakan di Danau Toba, Sumatra Utara merupakan yang kedua kalinya. Kompetisi balap kapal (boat) itu pertama kali diadakan di Indonesia pada Februari 2023. Tercatat, F1 Powerboat tahun 2023 bahkan mampu memberikan kontribusi ekonomi mencapai Rp391 miliar. 

Baca juga: F1 Powerboat 2024 Kembali di Danau Toba, Pemerintah Bidik Sukses Besar

“Tahun lalu, kami mendapatkan penghargaan sebagai penyelenggara F1H20 terbaik di dunia, sebuah kebanggaan tersendiri untuk kita. Dan 2024 ini, mudah-mudahan penyelenggaraannya semakin baik dan nilai kontribusi lebih besar lagi,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno dalam keterangan tertulis. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Chungha Bakal Comeback Maret 2024 Setelah Gabung Agensi MORE VISION Milik Jay Park

BERIKUTNYA

Tapak Tilas Karya Patung Gregorius Sidharta di Art Agenda Jakarta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: