Balap F1 Powerboat 2023 di Danau Toba. (Sumber foto: F1H20/Simon Palfrader)

Pembalap F1 Powerboat Ramaikan Danau Toba, Penyelenggara Siapkan Transportasi ke Parapat

24 February 2024   |   21:23 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Penyelenggaraan ajang kejuaraan dunia F1 Powerboat yang akan diadakan di Danau Toba, Sumatra Utara, tinggal sebentar lagi, yakni dari 2 sampai 3 Maret 2024. Para pembalap dan kru yang telah datang disambut dengan tarian Tor Tor sebagai upaya untuk memperkenalkannya.

VP of Corporate Communication PT Angkasa Pura II Cin Asmoro mengatakan bahwa delegasi yang tiba di Silangit pada , Sabtu, 24 Februari 2024 adalah sebagian pembalap, kru tim, dan perwakilan dari H2O.

Baca juga: F1 Powerboat 2024 Kembali di Danau Toba, Pemerintah Bidik Sukses Besar

“Bandara Raja Sisingamangaraja XII merupakan bandara terdekat dengan Danau Toba. Kedatangan pembalap, kru tim, panitia, dan media terkait F1 Powerboat dijadwalkan mulai 24 Februari hingga 1 Maret 2024,” katanya.

Dia menambahkan bahwa Bandara Internasional Raja Sisingamangaraja XII akan menyambut sekitar 176 orang delegasi F1 Powerboat dari berbagai negara secara keseluruhan. Sebelum mendarat di Silangit, para delegasi balap jet air dari bermacam negara akan transit terlebih dahulu di Bandara Soekarno – Hatta, Badara Halim Perdanakusuma, atau Bandara Kualanamu.

Manajemen telah memastikan ketersediaan slot time penerbangan di rute Jakarta – Silangit sebagai bentuk dukungan terhadap F1 Powerboat. Adapun, maskapai penerbangan yang melayani rute tersebut adalah Super Air Jet, Citilink, Batik Air dan AirAsia.

Setiap harinya, terdapat total 5 penerbangan Jakarta - Silangit dan 5 penerbangan Silangit – Jakarta. Angkasa Pura II juga memastikan slot time tambahan akan tersedia jika terdapat maskapai yang meminta penerbangan tambahan di rute Jakarta – Silangit. Tersedia pula shuttle bus yang dapat digunakan untuk menuju daerah Parapat.


Kenalkan Budaya Batak

Executive General Manager Bandara Raja Sisingamangaraja XII Ardon Marbun menuturkan bahwa seluruh delegasi F1 Powerboat yang tiba di bandara mendapatkan sambutan tari Tor Tor yang merupakan budaya suku batak.

Penggunaan tarian tersebut saat menyambut para delegasi adalah upaya dari perusahaan dalam rangka memperkenalkan Tor Tor yang merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia kepada para delegasi yang berasal dari berbagai negara. Tidak hanya itu, para delegasi juga dikalungi ulos, yakni kain tenun khas batak dalam penyambutan yang diadakan di bandara.

“Para delegasi terlihat antusias dan ikut juga mengikuti gerakan tari Tor Tor. Kami berharapi penyambutan ini juga bisa memberikan experience terbaik dan melengkapi kegiatan mereka selama di Danau Toba,” katanya.

Dia menambahkan, para delegasi dan wisatawan mancanegara juga dapat menjumpai replika Rumah Bolon langsung di bandara dengan ukuran 2,8 meter x 4,8 meter. Rumah Bolon adalah rumah tradisional Batak Toba.  

Di Bandara Raja Sisingamangaraja XII, AP II juga menghadirkan ornamen seni Gorga yang merupakan seni khas masyarakat Batak Toba serta secara rutin menampilkan pertunjukan musik lokal lengkap dengan alat musik tradisional yang dimainkan oleh seniman lokal.

Manajemen berharap kebudayaan dan kesenian yang ditampilkan di Bandara Internasional Raja Sisingamangaraja XII juga dapat semakin memperkuat rasa bangga sebagai bangsa Indonesia kepada seluruh masyarakat Indonesia.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Berburu Tiket Murah di Garuda Indonesia Online Travel Fair, Ada Diskon hingga 80%

BERIKUTNYA

Profil Kiawentiio Tarbell, Aktris Muda yang Perankan Katara di Avatar: The Last Airbender

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: