UIM F1H20 World Championship (Sumber foto: f1h2o.com/Arek Rejs)

Mengintip Persiapan F1 Powerboat di Danau Toba yang Tinggal Menghitung Hari

15 February 2023   |   09:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Penyelenggaran ajang balap dunia F1 Powerboat di Danau Toba, Sumatra Utara, akan berlangsung dalam 10 hari lagi. Berbagai persiapan terus dimatangkan untuk menyambut acara olahraga air yang akan terselenggara pada 25-26 Februari 2023 itu. 

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono, mengatakan bahwa perusahaan sebagai penyelenggara terus meningkatkan koordinasi dengan sejumlah pihak menjelang penyelenggaraan ajang tersebut. “Berbagai persiapan yang terus ditingkatkan meliputi penjualan tiket, antisipasi cuaca, medis, akomodasi, dan juga side event,” katanya. 

Baca juga: Kejuaraan Dunia F1 Powerboat Digelar di Danau Toba, Pengunjung Enggak Perlu Khawatir Soal Penerbangan ke Lokasi
 

Dia menuturkan bahwa masyarakat memiliki animo tinggi untuk menyaksikan ajang tersebut. Hal ini terlihat dari jumlah pembelian tiket pada 7 Februari 2023 silam. Menurutnya, tiket yang dijual secara daring pada 7 Februari 2023 sudah ludes terjual. Wisatawan domestik dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) serta Pulau Sumatra jadi pemegang tiket paling banyak. 

Setelah ludesnya tiket yang dijual pada 7 Februari 2023, perusahaan juga membuka penjualan tiket pada hari ini, 15 Februari 2023 untuk spot menonton yang berlokasi di Bukit Pahoda. Masyarakat dapat membeli tiket secara luring di Balige dengan harga Rp50.000.

“Diharapkan dengan pembukaan penjualan tiket di tanggal 15 Februari ini, semakin banyak wisatawan yang dapat memperoleh tiket menonton KOPIKO F1Powerboat dan meramaikan event sport tourism ini,” katanya.

Dia menuturkan bahwa perusahaan memastikan akan ada penambahan jumlah penerbangan menuju Bandara Internasional Sisingamangaraja XII dan Bandara Internasional Kualanamu pada 21-22 Februari 2023. Dengan demikian, para wisatawan dapat dengan mudah mengakses Danau Toba tanpa perlu kesulitan mendapatkan penerbangan.

Terkait dengan teknis penyelenggaraan balapan, perusahaan telah melakukan berbagai antisipasi dan juga persiapan lainnya berdasarkan pertemuan dengan H2O Racing Management ketika melakukan homologasi Sirkuit di Danau Toba.

“Bekerjasama dengan BMKG, kita telah memperhitungkan pergerakan cuaca pada 25-26 Februari 2023, dan balapan akan tetap berlangsung sesuai jadwal yaitu pukul tiga sore. Pemilihan waktu balapan pukul tiga sore juga telah memperhitungkan potensi pergerakan cuaca di Danau Toba,” katanya.

Selain itu, InJourney juga telah mempersiapkan lokasi evakuasi medis yang berada di Pelabuhan Napitupulu. Areal evakuasi medis juga dilengkapi medical center dan chief medical officer. Jarak areal evakuasi medis juga dekat dengan lokasi penyelenggaraan balapan di Pelabuhan Sisingamangaraja sehingga memudahkan penanganan apabila terjadi insiden.

Dia menambahkan bahwa perusahaan bersama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah mengurasi kafe dan restoran di sepanjang Danau Toba untuk menyelenggarakan nonton bareng guna menampung tingginya animo wisatawan. “Titik-titik nonton bareng ini akan menampung sekitar 5.000 penonton,” katanya.

Selain itu, penyelenggara juga telah menyiapkan berbagai acara hiburan bagi para wisatawan dari 25 sampai 26 Februari 2023 dengan mengundang artis nasional, seperti Judika, Lea Simanjuntak, Vicky Sianipar, dan Ghea Youbi. Tidak hanya itu, para wisatawan juga akan disajikan dengan atraksi water sports di Danau Toba sebagai rangkaian acara hiburan ajang ini. 

Baca juga: Mau Coba Wisata Olahraga Jet Ski? Cek Dulu Aturan & Tarifnya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Konser Petisi Cinta: Manusia Setengah Dewa Iwan Fals Ditunda, Begini Kata Promotor

BERIKUTNYA

Netflix Rilis Sneak Peek Pluto, Adaptasi Anime Karya Naoki Urasawa x Osamu Tezuka

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: