Platform media sosial Threads (Sumber foto: Meta)

Threads Uji Fitur Simpan Draft dan Ambil Foto di Aplikasi

27 February 2024   |   12:37 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Threads, layanan jejaring sosial yang dikembangkan oleh Meta kabarnya sedang melakukan uji coba dua fitur terbarunya yang sangat dinantikan oleh pengguna mereka. Aplikasi pesaing X (sebelumnya Twitter) tersebut sedang menguji coba fitur simpan draft dan ambil foto di aplikasi. 

Mengutip Engadget, Adam Mosseri, Head of Instagram berujar bahwa simpan 'draft' dan ambil foto di aplikasi. menjadi fitur yang paling banyak diminta oleh pengguna Threads. Saat ini perusahaan sedang melakukan uji coba terhadap beberapa pengguna.

"Kami sedang menguji fitur untuk menyimpan draft postingan dengan menggeser layar ke bawah," katanya melalui unggahan Threads miliknya, Selasa (27/2/2024). 

Baca juga: Cek Harga Meta Verified & Cara Berlangganan Akun Centang Biru di Facebook, Instagram & Threads

Simpan draft memungkinkan pengguna untuk menyimpan postingan yang telah diketik sebagai draf. Dengan demikian pengguna bisa mengeditnya kembali, lalu mengunggahnya kapan pun sesuka hati. Apabila ingin mengecek draft, caranya tinggal menggeser layar perangkat mobile ke bawah.

Namun saat ini, Threads hanya dapat menyimpan satu draft saja. Belum diketahui apakah ke depannya Meta akan memiliki fitur untuk menyimpan lebih dari satu draf unggahan. 

Selain itu, perusahaan juga sedang menguji kamera dalam aplikasi. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuka kamera lewat Threads, supaya mereka bisa memotret dan membagikan foto atau video ke para pengikutnya. Pengguna akan melihat ikon kamera di laman untuk membuat postingan, tepat di samping ikon untuk menyisipkan media.

Mark Zuckerberg, CEO Meta, ikut mencoba fitur kamera dan mengunggah hasilnya secara langsung. Melalui akun Threads-nya, dia membagikan sebuah foto yang sepertinya diambil menggunakan fitur kamera dalam aplikasi yang sedang diuji coba oleh perusahaan. 

Meta mengonfirmasi benar adanya bahwa mereka sedang melakukan pengujian awal untuk fitur-fitur tersebut terhadap sejumlah kecil pengguna. Kemungkinan besar, masih akan ada banyak perubahan sebelum fitur ini resmi dirilis secara luas.

Sebagai layanan media sosial, Threads terus menunjukkan perkembangannya. Satu hari setelah peluncurannya, yakni pada Juli 2023, Threads mengumpulkan 30 juta pengguna, melampaui rekor sebelumnya yang dibuat oleh ChatGPT sehingga menjadikannya platform dengan pertumbuhan tercepat dalam sejarah. 

Sampai saat ini Threads berhasil menjangkau 130 juta pengguna bulanan yang mengesankan. Mosseri dan timnya terus mendorong pengembangan fitur-fitur baru yang bisa meningkatkan pengalaman pengguna, juga untuk bersaing di tengah gempuran media sosial lainnya.

Adapun, selama sebulan terakhir, Meta juga sedang menguji fitur bookmark untuk Threads yang memungkinkan pengguna menyimpan postingan yang dapat mereka rujuk nantinya. Cukup ketuk menu tiga titik pada postingan dan pilih simpan, kamu dapat menemukan postingan tersimpan di pengaturan.

Perusahaan juga sedang bereksperimen dengan versi topik yang sedang tren di Threads, serta fitur untuk membuat postingan silang antara Threads dan Facebook.

Meskipun pembaruan tersebut disambut baik oleh audiens, ternyata ada juga fitur yang sudah lama diminta oleh pengguna dan sampai saat ini belum direalisasikan. Salah satunya, yakni kemampuan untuk mengirim pesan langsung alias Direct Message (DM). 

Baca juga: Terlihat Mirip, Ini 4 Perbedaan Threads dengan Twitter

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Suplemen & Vitamin yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan, Cek Bahayanya Bagi Tubuh

BERIKUTNYA

Mau Mengembangkan Keterampilan Digital? Cek Konten-konten dari 3 YouTuber Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: