Threads (Sumber gambar: Fb.com)

8 Fitur Penting Media Sosial yang Belum Ada di Threads

08 July 2023   |   12:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Aplikasi terbaru besutan Meta, Threads tengah digandrungi oleh pengguna media sosial. Melansir pernyataan di akun Threads @zuck milik Mark Zuckerberg, bos Meta itu mengatakan sudah ada 70 juta pengguna yang saat ini teregistrasi dan mengintegrasikan akun Instagram ke Threads.

Meta memang sengaja membuat dua aplikasi buatannya ini terintegrasi. Kehadiran Threads disebut melengkapi Instagram, di mana dua aplikasi ini memiliki konsep yang berbeda. Jika Instagram menjadi media sosial berbasis foto dan video, Threads merupakan aplikasi berbasis teks dan percakapan.

Lantaran konsep tersebut, Threads dianggap mirip dengan Twitter. Namun tahu enggak sih Genhype, ternyata ada beberapa fitur media sosial penting yang kini belum hadir di Threads. Apa saja? Yuk simak.

Baca juga: 5 Fakta Threads, Pesaing Baru Twitter Buatan Bos Meta di Instagram
 

1. Direct Message

Direct Message atau pesan langsung merupakan salah satu fitur penting yang belum ada di Threads. Sejak rilis pada Kamis (6/7/2023), pengguna cukup mengeluhkan tidak adanya fitur ini. Direct Message dianggap penting untuk membuat percakapan atau komunikasi terjadi secara privat di antara pengguna.

Twitter yang telah memiliki fitur ini kembali dibanding-bandingkan dengan Threads. Bukan hanya Twitter, Instagram dengan basis konsep foto dan video pun tetap memiliki fitur Threads. Kepala Instagram, Adam Mosseri melalui akun Threads @mosseri mengatakan akan terus membuat perbaikan-perbaikan dan penambahan fitur Threads ke depannya.
 

2. Tab Following Feed

Sejumlah pengguna Threads masih mengeluhkan utas yang muncul acak atau random saat menggulir media sosial baru ini. Utas para pengguna masih muncul secara acak, bisa dari pengguna akun terverifikasi, balasan dan likes terbanyak, hingga beberapa pengguna yang sudah saling follow. 

Belum ada tab khusus following feed, di mana pengguna bisa melihat tampilan utas dari pengguna yang diikutinya saja. Hingga saat ini, Threads masih bergelut dengan pembuatan algoritma yang pas. Mereka juga banyak menerima masukan tentang tab following feed ini. Adam Mosseri pun memasukan rencana pengadaan tab following feed untuk fitur Threads ke depan.
 

3. Trending Page

Karena Threads kerap dibandingkan dengan Twitter, pengguna cukup menantikan fitur pencarian kata kunci dan trending topic yang populer di aplikasi burung biru tersebut. Tab trending ini menjadi wadah bagi pengguna untuk mengetahui apa saja percakapan atau topik yang sedang banyak dibicarakan secara real-time.

Twitter juga memiliki fitur mencari unggahan berdasarkan caption text dan replies yang kini belum dimiliki Threads. Tampaknya Threads belum ada pembicaraan mengenai fitur trending ini. Namun, banyak pengguna yang mengharapkan fitur ini juga akan hadir di Threads pada masa mendatang.
 

4. Bookmarks

Lagi-lagi, fitur Threads dibandingkan dengan Twitter yang memiliki bookmarks. Fitur bookmarks di aplikasi burung biru terdapat di sisi kanan bawah tweets penggunya. Jika menekan ikon bookmarks, maka tweets tersebut akan tersimpan dan dapat dilihat pengguna kapan pun.

Bookmarks berguna untuk membuat pengguna menandai sebuah bacaan layaknya halaman buku. Fitur ini menjadi penting karena Threads juga tidak memiliki fitur pencarian kata untuk mencari sebuah utas atau topik yang ingin dilihat para penggunanya. 

Baca juga: 6 Fitur Menarik Threads, Media Sosial Terbaru Milik Mark Zuckerberg
1
2


SEBELUMNYA

Bintang Money Heist Ursula Corbero Hadir di Mini Seri Burning Body, Rilis 8 September 2023

BERIKUTNYA

Resep Ayam Pop Padang, Lauk Makan Siang yang Lembut & Gurih

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: