Menggembangkan keterampilan digital (Sumber gambar: Unsplash/Campaign Creators)

Mau Mengembangkan Keterampilan Digital? Cek Konten-konten dari 3 YouTuber Ini

27 February 2024   |   15:30 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Pada era digital di mana keterampilan adalah mata uang, keahlian teknologi informasi dan komunikasi (TIK) menjadi semakin krusial. Ketergantungan pada teknologi mendorong perubahan digital, mengubah sifat konsumtif menjadi produktif. Namun, mengubah konsumsi teknologi menuju produktivitas butuh beberapa skill penting. 

Meskipun memperoleh keterampilan digital terkadang memerlukan biaya dan sulit dipahami, beberapa YouTuber menyediakan edukasi digital secara gratis dan mudah diakses. Mereka mengajarkan keterampilan penting seperti pemasaran, pembuatan konten, investasi, dan berbagai keterampilan lainnya yang tak kalah penting.

Nah Genhype, jika kamu ingin belajar berbagai keterampilan digital untuk membantu dalam berbagai keperluan, mulai dari pendidikan sampai pekerjaan, berikut adalah tiga YouTuber yang mengajarkan skill digital penting yang bisa diikuti. 

Baca juga: Cerita YouTuber Edho Zell Dorong Pelaku UMKM Go Online & Raup Omzet Miliaran Rupiah


1. Ali Abdaal


Ali Abdaal adalah seorang YouTuber yang membuat konten tentang produktivitas, keterampilan belajar, serta self development. Dia memiliki gelar kedokteran dari Universitas Cambridge dan memang bekerja sebagai seorang dokter, selain menjadi pembuat konten. 

Di kanal YouTube-nya, dia mengajarkan berbagai keterampilan digital seperti pengeditan video, content creation, dan writing serta marketing lewat media sosial. Dia juga rajin berbagi tip tentang cara mengembangkan audiens dan membuat konten yang menarik. Ali Abdaal terkenal karena penjelasanya yang simpel tapi mudah dipahami, serta kepribadian dan pembawaannya yang easy going. 
 

2. Iman Gadzhi 


Iman Gadzhi adalah seorang pengusaha muda dan salah satu pakar digital marketing yang lahir di Rusia. Namun, dia dibesarkan di London oleh ibunya tanpa figur seorang ayah. Gadzhi selalu ingin membahagiakan ibunya, oleh karena itu dia memutuskan memulai perjalanan wirausahanya dengan jual-beli akun Instagram pada usia 15 tahun. 

Dua tahun setelah itu, dia mulai mengelola klien dan memproduksi berbagai konten, menghasilkan lebih dari $15.000 setiap bulan dan akhirnya mencapai pendapatan $100,000. Sekarang Gadhzi adalah CEO IAG Media, yang mengoperasikan agensi pemasaran media sosial, dan mendirikan GrowYourAgency.com.

Cerita suksesnya memotivasi para penggemarnya untuk memulai karier digital. Gadzhi mengajarkan berbagai keterampilan, termasuk strategi iklan efisien, skrip penjualan yang efektif, manajemen klien dalam pemasaran media sosial, pemahaman dan implementasi saluran pemasaran, serta optimalisasi platform media sosial untuk pertumbuhan bisnis. 
 

3. Raymond Chin


Jika daftar sebelumnya adalah nama-nama internasional, ada juga YouTuber lokal yang telah memproduksi konten seputar edukasi finansial. Dialah Raymond Chin, seorang pengusaha digital yang memulai karirnya sebagai programmer freelance, sebelum mendirikan agensi konsultasi digital di Singapura dan Jakarta ketika berusia 23 tahun.

Dia lalu menjadi salah satu pendiri dan CEO dari Ternak Uang, sebuah startup edutech yang berfokus pada investasi. Raymond juga terlibat dalam investasi pada usaha kecil untuk mempromosikan kewirausahaan di Indonesia. Dia kerap berbagi perjalanan keuangannya dan pembelajaran yang diperolehnya lewat media sosial, termasuk platform YouTube. 

Kontennya memberikan berbagai wawasan dalam mengelola keuangan dan menavigasi dunia investasi, yang dikemas secara sederhana dan mudah dicerna. 

Baca juga: 10 Video Klip K-Pop yang Paling Banyak Ditonton di YouTube 2023

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Threads Uji Fitur Simpan Draft dan Ambil Foto di Aplikasi

BERIKUTNYA

Menilik Kualitas Chipset AI Terbaru Buatan Qualcomm, Samsung, & Mediatek

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: