Fitur pada Instagram Threads (Sumber gambar: Instagram)

6 Fitur Menarik Threads, Media Sosial Terbaru Milik Mark Zuckerberg

07 July 2023   |   09:16 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Media sosial teranyar dari Meta, Threads mendadak menjadi perbincangan netizen di jagat internet. Threads merupakan media sosial berbasis percakapan dan komunitas yang memungkinkan penggunanya saling berbalas teks dan gambar, mirip dengan fitur Twitter.

Meta mengumumkan aplikasi ini rilis perdana pada Kamis (6/7/2023). Kemunculan Threads ini cukup mendobrak persaingan media sosial berbasis teks yang belakangan viral. Salah satu yang paling populer, Twitter belakangan tengah banjir kritik terkait kebijakan rate limit atau tampilan berbatas. Ini membuat penggunanya beramai-ramai pindah mencari wadah baru, termasuk Threads.

Baca juga: 5 Fakta Threads, Pesaing Baru Twitter Buatan Bos Meta di Instagram

Meski masih baru, Threads memiliki beberapa fitur yang sudah bisa dieksplorasi. Walaupun belum lengkap, beberapa fitur ini cukup menghadirkan percakapan teks yang interaktif. Berikut beberapa fitur Threads:

 


1. Enter Tiga Kali

Genhype yang sudah mengunduh Threads sudah tahu trik ini? Threads yang memang diprioritaskan untuk membuat utas menyematkan shortcut pembuat utas panjang dengan cara cepat, yakni mengklik enter tiga kali di bagian utas saat mengetik. Fitur ini cukup membantu pembuat Threads yang biasanya mengetik panjang dalam beberapa bagian.

Di Twitter, pembuat Threads ini harus dilakukan dengan menumpuk bagian utas secara manual. Tampaknya Threads membuat gebrakan sederhana yang cukup membantu untuk penggunanya. Perlu diketahui, satu utas hanya bisa diisi 500 karakter dengan penyerataan foto dan video berdurasi maksimal 5 menit. Namun pengguna bisa menyambung ke utas berikutnya secara langsung apabila diperlukan.
 

2. Repost, Quote, Comment, Like

Fitur-fitur ini sepertinya sangat mirip dengan Twitter. Meta membuat interaksi pengguna Threads dengan empat fitur utama yakni repost, quote, comment, dan like. Fitur ini merupakan tahap awal Threads melihat meta interaksi para penggunanya. Pengguna bisa melakukan repost Threads secara langsung atau melakukan quote terlebih dahulu untuk ditampilkan pada bagian utas di profil.

Sementara fitur comment dan like masih mirip dengan Twitter atau Instagram. Pengguna yang berkomentar pada Threads orang lain akan ditampilkan dalam kolom balasan. Untuk Treads yang disukai, utasnya hanya akan lewat dan tidak tampil di bagian profil pengguna ya.
 

3. Fitur Share ke Instagram

Sebagaimana diketahui, Threads merupakan aplikasi besutan Meta yang juga menciptakan Instagram. Tampaknya Mark Zuckerberg sengaja membuat aplikasi Threads berfokus pada basis teks, di mana konsep ini akan melengkapi fitur basis foto dan video yang mendominasi di Instagram.

Untuk membuat keduanya tetap terhubung, Meta membuat Threads dan Instagram terintegrasi. Instagram akan menampilkan tiket hologram berputar dengan tulisan “Dapatkan Threads”, yang memungkinkan pengguna bisa langsung masuk ke aplikasi Threads. Sementara Threads menyediakan fitur berbagi yang menarik dengan cara melakukan share Threads ke akun Instagram melalui Instagram Story atau Feed.
 

4. Utas dan Balasan terpisah

Seperti yang sudah disebutkan, profil pengguna Threads akan terpisah menjadi dua bagian yakni utas dan balasan. Bagian utas ini berisi setiap Threads yang diposting pengguna, termasuk repost dan quote. Sementara bagian balasan hanya menampilkan setiap Threads berbalas yang dilakukan penggunanya.

Secara umum, dua page terpisah ini membuat penampilan profil pengguna Threads tampak simple. Selain itu, pengguna juga bisa membagikan profil dan mengedit profil di bagian atas utas dan balasan. Sementara bagian paling atas profil menampilkan nama pengguna, bio, jumlah pengikut, dan foto di sisi kanan.
 

5. Fitur Direct ke Instagram

Tidak hanya itu saja, bagian profil Threads juga menampilkan logo Instagram di sisi kanan atas. Saat diklik, ikon itu akan membawa pengguna langsung masuk ke aplikasi Instagram. Hal yang sama juga terjadi di Instagram saat pengguna mengklik kata Threads di bagian kisi profil akun.

Saat membuat akun Threads, pengguna bisa mengikuti seluruh following di akun Instagram. Namun perlu diingat, followers yang berada di Instagram tidak otomatis ikut menjadi followers di Threads. Jadi followers-nya akan mulai dari nol ya Genhype.

Selain itu, ada tambahan kisi pengaturan di pojok atas layar profil yang  bisa dieksplorasi untuk mengatur penyenyapan, profil yang diblokir, notifikasi, dan akun privasi atau publik.


6. Fitur Istirahat

Yup, tampaknya fitur istirahat ini menjadi salah satu perhatian penting Meta saat menggarap aplikasi Threads. Fitur istirahat memungkinkan penggunanya untuk berhenti sejenak dari aktivitas menggulir utas yang mungkin menyita waktu. Pengguna Threads bisa mengatur pengingat untuk beristirahat saat sedang menghabiskan sejumlah waktu tertentu di Threads.

Ada opsi waktu 10 menit, 20 menit, dan 30 menit yang bisa dipilih pengguna. Nantinya, pengingat ini akan muncul dalam bentuk notifikasi sesuai dengan pilihan waktu yang sudah diklik. Namun Genhype tetap bisa mematikan fitur pengingat ini dengan mengklik 'never'.

Untuk mengatur fitur ini, pengguna bisa mengklik ikon garis dua di bagian atas profil, kemudian klik akun dan akan muncul fitur Beristirahatlah di atas bagian nonaktifkan profil.

Baca juga: Meta Bakal Rilis Threads Pekan Ini, Aplikasi Berbasis Komunitas Saingan Twitter

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Tiket General Sale The Eras Tour Dijual Hari Ini, Cek Seat Plan Konser Taylor Swift di Singapura

BERIKUTNYA

Genderang Perang Twitter vs Threads Dimulai, Elon Musk Berencana Tuntut Meta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: