Media sosial threads (Sumber gambar: Unsplash)

Terlihat Mirip, Ini 4 Perbedaan Threads dengan Twitter

17 July 2023   |   20:43 WIB
Image
Eben Ezer Mahasiswa Universitas Padjadjaran

Meta, sukses mencarik perhatian pengguna media sosial lewat aplikasi anyar bernama Threads. Platform ini hadir pada Selasa (4/7/2023) di tengah isu pembatasan aktivitas pengguna Twitter. Bahkan, Threads dengan cepat menempati peringkat satu aplikasi jejaring sosial terpopuler di App Store pada Senin, (17/7/2023).

Jika dilihat sekilas, Threads memang memiliki kemiripan dengan Twitter. Namun, tetap saja kedua aplikasi ini memiliki perbedaan lantaran dikembangkan oleh perusahaan raksasa digital yang berbeda dan bersaing di pasar yang sama sehingga ada daya tarik tersendiri dari platform baru tersebut.

Baca juga: 8 Fitur Penting Media Sosial yang Belum Ada di Threads

Apa saja perbedaan antara keduanya? Berikut setidaknya ada empat perbedaan antara Threads dan Twitter:


1. Format 

Threads terhubung langsung dengan akun Instagram, sehingga nama penggunanya pun otomatis mengikuti nama dari akun Instagram. Threads memiliki fitur di beberapa platform media sosial yang memungkinkan pengguna untuk menggabungkan beberapa kiriman menjadi satu rangkaian yang terhubung.

Oleh karena itu jika ingin membuat akun Threads, maka harus memiliki akun Instagram terlebih dahulu. Di sisi lain, pada aplikasi Twitter pengguna dapat membuat akun dengan menggunakan username sesuai keinginan yang tergantung dengan ketersediaan.


2. Panjang Konten

Threads dan Twitter menyajikan tulisan sebagai konten utamanya. Namun di aplikasi Threads memungkinkan pengguna untuk membuat konten yang  panjang seperti menggabungkan beberapa kiriman dalam satu thread dengan batas 500 karakter di setiap konten.

Di sisi lain, Twitter memiliki batasan karakter yang ketat, dengan batas hanya memuat 280 karakter untuk setiap kontennya.


3. Tampilan 

Threads ditampilkan dalam bentuk yang terhubung dan memungkinkan pengguna untuk menggulirnya dengan mudah dalam satu thread. Lalu, pengguna Threads tidak bisa melihat jumlah orang yang diikuti (following) oleh pengguna lainnya di profil mereka.

Sementara di Twitter, setiap tweet ditampilkan secara terpisah dan penggunanya harus mengeklik atau menggulir lebih jauh untuk melihat konten-konten berikutnya. 


4. Kesinambungan

Threads memungkinkan penggunanya untuk menyampaikan pesan secara berurutan, dengan setiap kiriman terhubung dengan yang sebelumnya dan setelahnya. Hal ini dapat membantu untuk menghubungkan konteks dan kesinambungan dari pesan yang ingin disampaikan.

Di Twitter, karena setiap tweet dapat berdiri sendiri, konteks dan kesinambungan pesan seringkali harus dijelaskan secara terpisah atau bergantung pada pengguna untuk menggulir ke tweet sebelumnya, untuk memahami pesan dengan lengkap.

Baca juga: 6 Fitur Menarik Threads, Media Sosial Terbaru Milik Mark Zuckerberg

Jadi, baik Threads maupun Twitter memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Perlu diingat bahwa fitur yang terdapat di kedua platform media sosial ini dapat berubah seiring berjalannya waktu. Jadi kalian lebih nyaman memakai Threads atau Twitter nih?

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

5 Ide Kreasi Bekal Sehat Untuk Anak

BERIKUTNYA

Resep Japanese Souffle Pancake yang Lembut dan Lumer di Mulut

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: