Meta Verified (Sumber gambar: Mariia Shalabaieva/Unsplash)

Cek Harga Meta Verified & Cara Berlangganan Akun Centang Biru di Facebook, Instagram & Threads

26 July 2023   |   19:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Meta resmi meluncurkan fitur Meta Verified, sebuah layanan akun verifikasi berbayar untuk tiga media sosial unggulannya. Bukan hanya untuk Facebook dan Instagram, pengguna juga bisa memanfaatkan fitur Meta Verified di media sosial terbaru Meta yakni Threads.

Namun terkhusus untuk Threads, sambungan akun  ke Instagram tetap diperlukan mengingat dua media sosial buatan Meta ini memang saling terintegrasi. Sehingga, akun verifikasi di Instagram akan otomatis terverifikasi di Threads. Tanda verifikasi ini muncul dalam bentuk centang biru yang berada di bagian samping nama dan profil pengguna.

Baca juga: 3 Fokus Meta Dorong Pertumbuhan Bisnis & Industri di Indonesia

Melansir situs Meta, Meta Verified akan tersedia untuk aplikasi Instagram dan Facebook di iOS atau Android serta website. Namun hingga saat ini, Meta Verified baru tersedia untuk website Facebook dan belum tersedia untuk website Instagram.

Dengan akses yang berbeda, Meta juga membuat harga yang berbeda untuk akses berbasis aplikasi dan website. Meta memberi harga US$11,99 atau setara Rp180.000 untuk akses via aplikasi di iOS/Android, sementara akses via website dibanderol US$14,99 atau setara Rp225.000.

Namun, harga tersebut masih tetap disesuaikan dengan masing-masing region. Di Indonesia, akses akun berbayar via aplikasi dihargai Rp100.000, dan akses Meta Verified via website adalah Rp130.000. Meta juga menyampaikan keterangan bahwa ketersediaan, fitur, dan harga mungkin akan berbeda-beda untuk beberapa negara.
 

Meta Verified (Sumber gambar: Meta)

Meta Verified (Sumber gambar: Meta)


Meta juga melakukan perlindungan aktif untuk akun Meta yang terverifikasi, termasuk akses menuju akun langsung dan lainnya. Keuntungan lain yag bisa didapatkan adalah fitur stiker eksklusif pada Stories dan Reels di Facebook dan Instagram.

Nantinya, pengguna centang biru berbayar ini harus melakukan verifikasi resmi menggunakan identitas penduduk seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP). Berikut cara berlangganan Meta Verified untuk Instagram dan Facebook:
 

1. Klik Profil

Masuk ke akun Instagram atau Facebook melalui aplikasi atau website. Klik pengaturan, kemudian klik pusat akun. Akan ditampilkan tulisan Meta Verified. Pengguna akan melihat tulisan Meta Verified tersedia untuk Facebook dan Instagram.
 

2. Pilih Pembayaran

Meta Verified memerlukan waktu kurang lebih dua hari untuk mengonfirmasi identitas pengguna Instagram. Jika identitas tidak terkonfirmasi, maka Meta akan mengembalikan dana dalam waktu 60 hari.

Tak pelu khawatir, Meta juga memberi langkah pembatalan langganan yang dapat dilakukan kapan pun, asal dilakukan 24 jam sebelum langganan diperbaharui pada akun setiap bulannya. Saat ingin melakukan pembayaran, Meta akan memunculkan biaya bulanan yang harus disetujui pengguna .
 

3. Verifikasi Identitas

Langkah terakhir yang perlu dipeerhatikan adalah melakukan verifikasi identitas asli. Lengkapi proses verifikasi dengan mengambil foto dokumen identitas dengan kamera langsung. Kemudian pengguna harus mengikuti aturan video selfie untuk melengkapi konfirmasi identitas sebelum menyetujui berlangganan. Upayakan foto diambil dalam keadaan terang, tanpa bayangan, dan menampilkan sudut yang jelas.

Baca juga: 5 Fakta Threads, Pesaing Baru Twitter Buatan Bos Meta di Instagram

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Berniat Liburan ke Luar Negeri? Cek Dulu Cara & Syarat Pembuatan Paspor 2023

BERIKUTNYA

Fakta-fakta Jaringan 5G di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: