Kondisi Grand Inna Bali Beach atau Bali Beach Hotel setelah dilakukan revitlisasi untuk mendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sanur. (Sumber foto: JIBI)

Tip Sebelum Meninggalkan Hotel yang Perlu Dilakukan

22 February 2024   |   15:11 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Satu hal yang enggak boleh di sepelekan saat menginap di hotel, yaitu memastikan beberapa hal sebelum meninggalkan kamar. Tidak cuma menjamin barang-barang kita aman, tetapi kita juga mesti meninggalkan kesan baik, serta memberi kemudahan bagi para staf hotel yang bekerja keras.

Hotel kini enggak sekadar tempat menginap sementara atau transit, tetapi juga tujuan wisata alias staycation. Setiap musim libur tiba, kamar-kamar hotel pun ramai dipesan oleh para pengunjung. Sebagai tamu, tentu kita harus mentaati beberapa peraturan tertulis di hotel. Seperti tidak mengambil barang-barang milik hotel.

Baca juga: 5 Alasan ASTON Hotels Wajib Masuk Bucketlist Tempat Penginapan

Tak kalah penting kita juga harus memahami beberapa peraturan tak tertulis Ketika meninggalkan hotel. Apa saja? Dihimpun Bright Side & Royal Holiday dari berikut tips Sebelum Meninggalkan Hotel yang Perlu Dilakukan
 

1. Jangan Melipat Handuk Kotor

Mungkin tampak aneh, tetapi itulah yang disarankan. Sebaiknya kumpulkan handuk tersebut di tempat yang spesifik. Umpamanya, di dalam bak mandi atau di lantai kamar mandi. Cara ini akan memudahkan para staf untuk mengambil dan membersihkannya. Kalian disarankan jangan melipatkan handuk di rak, karena akan membingungkan staf hotel, apakah handuk tersebut benar-benar digunakan atau tidak.


2. Enggak Perlu Merapikan Tempat Tidur

Saran ini juga tampak bertolakbelakang dengan kebiasaan kita. Tetapi kalian tidak disarankan untuk merapikan tempat tidur sebelum check-out. Sebab Ketika kalian meninggalkan kamar, staf hotel umumnya akan membongkar tempat tidur untuk membersihkannya secara menyeluruh. Alih-alih tenaga kalian terbuang sia-sia, lebih baik kalian membersihkan hal-hal sederhana seperti membuang sampah atau kotoran di lantai.


3. Berikan Tip

Dari kita mungkin tidak banyak yang melakukan ini. Namun, tip sangat dihargai dalam industri perhotelan. Sebab, biasanya gaji para stafnya rendah, tetapi pekerjaan yang mereka lakukan cukup berat. Jadi, jangan lupa untuk berterima kasih kepada mereka yang telah memberikan servis kepada kita.


4. Kumpulkan Sampah

Jangan tinggalkan sampah di mana-mana, tetapi letakkan pada tempatnya. Soalnya jika kita biarkan sampah berserakan, maka bakal menyusahkan para staf. Mereka membutuhkan waktu yang lama untuk mengumpulkannya. Apabila kalian memiliki banyak sampah, maka dapat meminta kantong plastik untuk menaruh semuanya.

5. Buka Jendela

Para staf hotel biasanya harus membersihkan kamar dengan cepat agar tamu lain dapat check-in. Kita dapat memperingan kerja mereka dengan membuka jendela kamar. Hal ini dimaksudkan agar udara segar masuk ke kamar, dan debu-debu kotor dapat keluar.


6. Susun Kembali Semua Barang Seperti Semula

Pastikan untuk menempatkan remot TV, kursi-kursi, dan peralatan makan pada tempat semula. Soalnya, para room boy memiliki sekitar 20-30 menit untuk membuat kamar terlihat sempurna, jadi menyusun barang-barang tersebut akan sangat memudahkan pekerjaan mereka.


7. Gunakan Hal yang Betul-betul Dibutuhkan

Apabila kalian bepergian sendirian, kemudian mendapatkan kamar dengan 2 tempat tidur, tidak perlu menggunakan keduanya. Kalian dapat cukup nyaman dengan hanya satu tempat tidur, sehingga tidak menambah pekerjaan bagi para pembantu kamar. Hal ini juga berlaku untuk segala hal lain yang bisa tetap tidak terpakai.


8. Periksa Charger dan Perlengkapan Pribadi

Sebelum meninggalkan kamar, pastikan untuk memeriksa charger ponsel atau laptop masuk ke dalam koper atau tas. Selain itu, periksa juga perlengkapan pribadi seperti sikat gigi dan barang-barang mandi lainnya. Barang-barang ini seringkali tertinggal di hotel. Apabila sudah hilang, maka bisa menyulitkan. Terlebih kita apabila kita dalam perjalanan Panjang.


9. Pastikan Kunci Rumah & Kendaraan Aman

Selain mengembalikan kunci hotel ke bagian resepsionis, penting juga buat kalian untuk memastikan kunci rumah sendiri atau kendaraan kita tidak teringgal. Pastikan kalian membawa kunci-kunci tersebut sebelum check-out. Jangan sampai kalian sampai rumah, kuncinya tertinggal di hotel.

Baca juga: Rekomendasi 5 Hotel Dekat Bandara Soekarno Hatta 2023

Editor:  Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Kengerian dengan Skoring Mencekam dalam Teaser Film Siksa Kubur

BERIKUTNYA

Aktor Korea Yeo Jin-goo Bakal Gelar Fan Meeting di Jakarta 16 Maret 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: