Cuplikan film Siksa Kubur. (Sumber gambar: Rapi Films)

Kengerian dengan Skoring Mencekam dalam Teaser Film Siksa Kubur

22 February 2024   |   08:34 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Rasa penasaran publik pada film Siksa Kubur perlahan terbayar. Rumah produksi Rapi Films baru saja meluncurkan teaser film itu pada Rabu (21/2/2024). Klip tersebut menampilkan cuplikan kengerian demi kengerian yang akan dihadirkan dalam film yang disutradarai oleh Joko Anwar itu.

Film ini disebut akan menyuguhkan pengalaman teror yang lebih realistik dan mencekam. Teaser yang dirilis menampilkan para bintang yang telah diumumkan sebelumnya seperti Faradina Mufti, Reza Rahadian, Christine Hakim, Slamet Rahardjo, Muzakki Ramdhan, Arswendy Bening Swara, dan Widuri Puteri.

Baca juga: Poster Film Siksa Kubur Tampilkan Kepingan Petunjuk Baru, Jadi Horor Religi Pertama Ala Joko Anwar

Klip berdurasi 1 menit 23 detik itu dibuka dengan aktor Reza Rahadian yang tampak sedang berada di sebuah gedung tua. Lalu, tanpa kaitan yang jelas, klip juga menampilkan seorang remaja berjilbab yang berlari di sebuah hutan diikuti dengan cuplikan latar sebuah desa dengan puluhan siswa putri berkerudung.
 

Reza sepertinya menjadi salah satu toko sentral dalam film Siksa Kubur, lantaran porsi kemuculannya dalam teaser cukup dominan. Pada adegan berikutnya, dia tampak ketakutan karena telah membunuh seseorang.

Meski demikian, klip itu juga seperti memberikan clue dosa-dosa yang dilakukan oleh beberapa karakternya yang nantinya akan membawa mereka kepada jalan cerita yang mengerikan penuh pembalasan. "Kenapa orang tetap melakukan dosa padahal menurut agama setiap manusia akan mendapatkan balasan setelah mereka meninggal. Jawabannya sederhana karena manusia tidak percaya," ucap narator dalam teaser.

Di akhir teaser, adegan horor yang ditampilkan semakin mencekam yang menghadirkan aktris Faradina Mufti sedang menggali kubur sambil ketakutan. Di sebuah lorong gelap, dia hendak menghampiri Reza yang tengah memandikan mayat seseorang. Dari belakang, muncul sosok setan yang tampak menyeramkan ingin mengganggunya.

Selain kemunculan ansambel pemain papan atas Indonesia, teaser film Siksa Kubur juga menarik lantaran menghadirkan musik skoring horor mencekam yang menjadi salah satu ciri khas film-film garapan Joko Anwar. Kehadiran skoring itu semakin mendukung rasa horor yang coba dihadirkan dalam film.
 

Dalam keterangan resminya, Joko Anwar mengatakan lewat Siksa Kubur, dia ingin membuat film horor yang lebih dekat dengan masyarakat Indonesia. Salah satu upanya adalah dengan mengangkat tema agama sebagai latar cerita. Tidak sekadar mengandalkan visual mencekam, tapi sekaligus membawa gagasan yang menusuk ke hati penontonnya.

Sutradara yang juga menggarap film Pengabdi Setan itu menambahkan, Siksa Kubur dibuat untuk mereka yang belum percaya akan siksa kubur, sekaligus menjawab pertanyaan dan menjadi antitesis bagi banyak kalangan yang kerap mendengungkan kalau film horor isinya selalu setan. 

Menurutnya, dengan bentuk baru dan perspektif segar yang dibawa, Siksa Kubur akan menjadi benchmark baru bagi perfilman Indonesia. “Ini sudah film saya yang ke-10. Setelah 20 tahun bekerja sebagai penulis dan sutradara, rasanya saya ingin membuat film yang lebih punya makna, lebih dewasa, dan secara cerita serta pembangunan karakter lebih kuat dari film-film saya sebelumnya,” kata Joko Anwar.

Alih-alih sekadar menyuguhkan jumpscare dan kesadisan, Siksa Kubur juga akan membawa kengerian penonton hingga mempertanyakan keimanan yang dimilikinya setelah menonton film ini. Hal itu dihadirkan Joko Anwar dengan menghadirkan film menggunakan efek praktikal untuk mencapai kecemasan maksimal, alih-alih bergantung sepenuhnya pada computer generated imagery (CGI).

Joko Anwar mengungkapkan tantangan terbesarnya dalam menggarap film Siksa Kubur adalah bagaimana membuat segala aspek dari film tersebut terasa nyata, sehingga penonton percaya bahwa siksa kubur itu ada. Di samping itu, tata suara yang selalu menjadi elemen kuat turut hadir dengan desain yang mencekam.

"Film ini penceritaannya separuhnya ada di tata suara. Kami ingin penonton merasa berada di dalam kejadian-kejadian yang dialami karakternya, termasuk ke dalam kubur," kata sutradara berusia 48 tahun itu.

Adapun, film Siksa Kubur dijadwalkan tayang pada 10 April 2024 di bioskop Tanah Air.

Baca juga: Fakta-fakta Menarik Film Siksa Kubur Garapan Joko Anwar, Siap Tayang 2024

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Susul Jennie & Lisa, Jisoo BLACKPINK Resmi Dirikan Agensi Sendiri Bernama Blissoo

BERIKUTNYA

Tip Sebelum Meninggalkan Hotel yang Perlu Dilakukan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: