Avenged Sevenfold. (Sumber gambar: Avenged Sevenfold/X.com)

Avenged Sevenfold Konser di Indonesia Setelah 9 Tahun, Jadi Obat Rindu untuk Para The Fallen

21 February 2024   |   19:35 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Avenged Sevenfold akan kembali menggelar konser tunggal di Indonesia pada tahun ini. Band heavy metal asal Amerika itu akan menghelat konser bertajuk Avenged Sevenfold Live in Jakarta pada 25 Mei 2024 di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta.

Kabar ini tentunya menjadi pengobat rindu bagi The Fallen—nama penggemar A7X—di Indonesia. Butuh waktu sekitar sembilan tahun bagi para penggemar bisa menyaksikan kembali aksi band yang digawangi Matt, Zacky, Synyster, Johnny, dan Brooks itu.

Baca juga: Daftar Konser Idol K-Pop di Jakarta Tahun 2024, NCT Dream sampai Super Junior

Diketahui, A7X terakhir kali menyambangi Indonesia pada 18 Januari 2015 dengan mengadakan konser bertajuk Avenged Sevenfold Asia Tour 2015 Live in Jakarta di Parkir Timur Senayan. Kala itu, mereka membawakan sebanyak 16 lagu yang kebanyakan dari album Hail to The King (2013), serta beberapa nomor hit lain dari album lama mereka.

Sejumlah lagu yang dibawakan oleh A7X dalam konsernya itu diantaranya Shepherd of Fire, Criticcal Acclaim, Welcome To The Family, Hail To The King, Beast and The Harlot, Buried Alive, Seize The Day, Nightmare, Chapter Four, Almost Easy, Afterlife, dan This Means War.

Bahkan, di atas panggung yang dihadiri ribuan penonton itu, A7X juga membawakan lagu terpanjang yang pernah mereka buat yakni A Little Piece of Heaven. Lagu berdurasi 8 menit tersebut terbilang jarang dibawakan oleh A7X secara live dalam konser mereka.

Dalam konser terakhirnya di Indonesia itu, A7X digawangi oleh Matt Shadows (vokalis), Zacky Vengeance (gitaris), Synyster Gates (gitaris), Johnny Christ (bassis), termasuk Arin Ilejay (drummer) yang kala itu belum hengkang dari grup. Diketahui, Ilejay memutuskan untuk berpisah dengan A7X lantaran perbedaan sudut pandang kreatif dengan anggota grup lainnya.
 


Sementara dalam konsernya pada tahun ini di Jakarta, A7X akan menghadirkan formasi anggota aktifnya saat ini yang diisi oleh Matt Shadows (vokalis), Zacky Vengeance (gitaris), Synyster Gates (gitaris), Johnny Christ (bassis), dan Brooks Wackerman (drummer).

Dalam konsernya nanti, kemungkinan besar A7X akan membawakan lagu-lagu dari album terbaru mereka yang berjudul Life Is But a Dream yang dirilis pada 2 Juni 2023. Diketahui, mereka memang saat ini sedang gencar melakukan promosi album tersebut dengan mengadakan beberapa konser di Amerika.

Life Is But a Dream merupakan album kedelapan A7X yang diluncurkan hampir tujuh tahun setelah album sebelumnya yakni The Stage (2016). Life Is But a Dream juga menjadi album terlama yang digarap oleh A7X pasca dari rilisan sebelumnya, sekaligus menjadi album pertama yang menampilkan kontribusi mendiang drummer mereka Jimmy "The Rev" Sullivan sejak Nightmare (2010). 

Album tersebut mendapatkan pujian dari para kritikus musik berkat tema, pendekatan eksperimental, serta perpaduan pengaruh dan genre yang diusung dalam lagu-lagunya. Kendati demikian, album ini kurang sukses secara komersial dibandingkan album-album A7X sebelumnya.
 


Semantara itu, kabar Avenged Sevenfold akan konser kembali di Indonesia pada tahun ini disampaikan oleh Akselerasi Entertainment selaku promotor. Melalui unggahan di akun Instagram, Akselerasi Entertainment menyebutkan bahwa Indonesia menjadi satu-satunya negara di Asia yang disambangi oleh Avenged Sevenfold. Di Tanah Air, pertunjukan musik band yang dikenal dengan nama A7X itu akan menghadirkan penampil spesial yakni The Used.

The Used adalah band rock Amerika yang digawangi oleh Bert McCracken (vokalis), Jeph Howard (bassis), Dan Whitesides (drummer), dan Joey Bradford (gitaris). Band yang terbentuk pada 2002 ini telah meraih kesuksesan secara komersial dengan album-album mereka yang meraih emas dan platinum dari Recording Industry Association of America (RIAA), di banyak negara di seluruh dunia.

Rencana kedatangan A7X di Indonesia pun telah dipastikan oleh grup tersebut melalui unggahan mereka di Instagram. "Jakarta, kami mendengar [suara] kalian lantang dan jelas. Kami sangat bersemangat untuk kembali pada 25 Mei 2024," demikian tulis grup pelantun lagu Dear God itu.

Adapun, konser tahun ini akan menjadi kali keempat A7X bertandang ke Tanah Air. Band pelantun lagu Afterlife itu sebelumnya menggelar tiga konser dalam rentang waktu yang berbeda.

Konser pertama A7X di Indonesia pertama kali diadakan di Tennis Indoor Senayan pada Agustus 2007. Setahun berselang, mereka kembali mengadakan pertunjukan solo di lokasi yang sama pada Oktober 2008. Setelah itu, A7X baru menggelar konser lagi di Indonesia pada 2015. Sejak itu, mereka tidak pernah singgah ke Indonesia meski beberapa kali dirumorkan bakal menggelar konser di Tanah Air.

Avenged Sevenfold (A7X) adalah band heavy metal Amerika yang digawangi oleh Matt Shadows (vokalis), Zacky Vengeance (gitaris), Synyster Gates (gitaris), Johnny Christ (bassis), dan Brooks Wackerman (drummer). Band yang terbentuk pada 1999 ini memulai debutnya dengan merilis album Sounding the Seventh Trumpet.

Sepanjang kariernya lebih dari dua dekade, A7X telah merilis delapan album stduio, satu album live/DVD, dua album kompilasi dan 18 single. Semua karya mereka itu tercatat telah terjual lebih dari 8 juta kopi album di seluruh dunia, termasuk  telah menerima berbagai penghargaan sertifikasi dan lima penghargaan album platinum dari Recording Industry Association of America (RIAA).

Selain itu, A7X juga telah menciptakan empat lagu orisinal untuk seri Call of Duty: Black Ops, yang semuanya dikompilasi bersama dalam album mini Black Reign 2018. Menurut majalah Loudwrire, A7X menduduki peringkat nomor 47 dalam daftar 50 Band Metal Teratas Sepanjang Masa.

Baca juga: Elijah Woods Bakal Jadi Bintang Tamu dalam Konser Niall Horan di Jakarta

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Pentingnya Menjaga Gaya Hidup Sehat untuk Mencegah Infertilitas Sekunder

BERIKUTNYA

Susul Jennie & Lisa, Jisoo BLACKPINK Resmi Dirikan Agensi Sendiri Bernama Blissoo

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: