Ilustrasi daftar caleg artis (Foto: Himawan/Hypeabis.id)

Daftar Artis Nyaleg: Komeng, Aldi Taher hingga Ahmad Dhani

19 February 2024   |   16:12 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Di tengah gemerlap panggung pesta demokrasi Indonesia, sederet nama-nama terkenal dari dunia hiburan menjadi warna lain yang menarik sepanjang gelaran Pemilu 2024 ini. Para artis dari berbagai bidang kesenian tersebut ikut meramaikan kontestasi politik.

Pemilu 2024 bisa dibilang sebagai panggung para artis ternama untuk membuat langkah baru di dunia politik. Meskipun keikutsertaan artis dalam kontestasi ini bukanlah hal baru, keberadaan mereka di panggung legislatif, baik DPR maupun DPRD, selalu menjadi hal seru untuk dibahas.

Tahun ini, sederet nama-nama beken yang ikut andil pun beragam. Dari para musisi hingga komedian, serta aktor hingga konten kreator, semua bersaing dengan caranya sendiri yang terkadang juga cukup unik dan berbeda. 

Baca juga: Profil Alfiansyah Komeng, Pelawak Spontan Uhuy yang Jadi Caleg Viral

Salah satu yang cukup menjadi perbincangan hangat adalah kemunculan Alfiansyah Bustami alias Komeng. Komedian yang terkenal dengan jargon ‘Uhuy’ tersebut mampu mencuri perhatian lewat foto nyelenehnya di surat suara.

Di sisi lain, sejumlah pesohor lain juga tak mau kalah, dari Pasha Ungu, Ahmad Dhani, hingga Giring eks Nidji, semua punya caranya masing-masing. Kini, setelah hari pencoblosan pada 14 Februari 2024, mereka tengah harap-harap cemas menanti perolehan hasil suaranya.

Berikut adalah sejumlah profil seniman dan selebritas yang terjun ke dunia politik pada Pemilu 2024:


1. Komeng

 

Alfiansyah Bustami alias Komeng maju sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Jawa Barat. Tidak seperti calon anggota legislatif lain, Komeng justru menggunakan foto dengan gestur nyeleneh pada surat suara.

Strategi ini rupanya membuatnya trending di media sosial X ketika hari pencoblosan. Tak hanya itu, berdasarkan penghitungan resmi KPU, Komeng menjadi calon senator dengan raihan yang cukup tinggi, yakni 1.824.115 suara sementara per Senin (19/2/2024).

Komeng adalah pelawak, aktor, presenter, sekaligus penyiar radio kelahiran Jakarta 25 Agustus 1970. Dia terkenal berkat acara komedi populer era 1990-an bertajuk Spontan. Lewat acara ini pula, Komeng meraih piala Panasonic Awards 2004 sebagai Pelawak Terfavorit.


2. Aldi Taher

 

Aktor, sutradara, sekaligus pelawak Aldi Taher juga ikut ke dalam kontestasi 2024. Pria bernama asli Rahmat Aldiansyah itu bertarung di daerah pemilihan (Dapil) Jawa Barat VII. Namun, langkahnya menjadi anggota legislatif tampaknya mesti terkubur.

Menilik hasil sura suara KPU, Aldi Taher memeroleh hanya 742 suara. Hal ini membuatnya berada di urutan kedua di partai yang sama di dapilnya. Di sisi lain, partai yang mengusungnya juga masih di bawah ambang batas parlemen atau parliamentary threshold sebesar 4 persen berdasarkan berbagai survei yang ada.

Aldi Taher memulai karier di dunia hiburan dengan mengikuti ajang pencarian model pada majalah Aneka Yess! tahun 2001. Kariernya terus melesat menjadi model video clip, membuat grup musik Radio Band, hingga bergabung ke sketsa komedi Tawa Sutra. Aldi terus melebarkan sayapnya juga ke dunia sutradara. Terbaru, dia terkenal karena membuat lagu nyeleneh berjudul Lesti Sayang Rizky Billar.


3. Denny Cagur

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Denny Cagur (@dennycagur)


Komedian Denny Cagur juga bertarung untuk mendapat kursi legislatif pada pemilu kali ini. Dia maju di daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat II. Per hitungan sementara, Denny Cagur mendapatkan 14.084 suara. Ini membuatnya berada di urutan kedua di bawah Hengki Kurniawan.

Denny Cagur adalah pelawak, aktor presenter, penyanyi dan politikus Indonesia keturunan Sunda dan Betawi. Pria yang dikenal sebagai Raja Gombal ini meraih kesuksesan dengan grup lawaknya yaitu Cagur. Sudah banyak acara televisi yang dibawakannya. Sebut saja acara musik Dahsyat, Comedy Project, dan lain sebagainya.

 

4. Eko Patrio

 

Komedian Eko Patria juga maju ke panggung legislatif. Kali ini, Eko Patrio bertarung di daerah pemilihan DKI Jakarta I. Pemilik nama asli Eko Hendro Purnomo ini meraih 25.798 suara sementara per Senin (19/2/2024). Hasil tersebut membuatnya berada di urutan pertama dibanding caleg lain di partai yang sama di dapil tersebut.

Eko Patrio adalah pelawak kelahiran 1970. Dia adalah satu dari tiga anggota grup komedi bernama Patrio yang begitu terkenal. Namun, belakangan namanya memang tidak lagi menghiasi panggung hiburan karena fokusnya di politik.
 
Baca juga: Komeng Pengin Bangun Ekosistem Seni dan Cetuskan Hari Komedi Nasional Jika Jadi Senator
1
2


SEBELUMNYA

Met Gala 2024 Usung Tema The Garden of Time Terinspirasi dari Cerpen Ballard

BERIKUTNYA

Perpres Industri Gim Lokal Final, Isinya Cakup Pembiayaan dan Penyediaan Infrastruktur

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: