Dewa 19 (Sumber gambar: Dewa 19/Instagram)

Gaet Virzha & Ello, Dewa 19 Merilis Ulang Lagu Still I'm Sure We'll Love Again

06 August 2022   |   20:37 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Grup band rock kawakan, Dewa 19, melanjutkan perilisan karya-karya lama mereka ke dalam format baru. Kali ini, grup legendaris asal Surabaya itu merilis ulang Still I'm Sure We'll Love Again, sebuah lagu dari album Format Masa Depan yang aslinya menampilkan vokal Ari Lasso.

Lagu yang pertama kali rilis pada 1994 itu kini dibawakan oleh dua penyanyi yang belakangan kerap mengisi bagian vokalis Dewa 19, yakni Virzha dan Ello. Dengan aransemen yang lebih segar ditambah harmonisasi vokal keduanya membuat lagu Still I'm Sure We'll Love Again terdengar  jauh berbeda dari versi aslinya.

Baca juga: Dewa 19 Bakal Konser Full Team di Yogyakarta, Gandeng 3 Vokalis Sekaligus!

"Ya, menarik juga melihat bagi-bagi vokalnya. Aransemennya Ahmad Dhani bikin enak untuk ngebagi antara saya dan Ello,” kata Virzha dalam keterangan yang Hypeabis.id terima, Sabtu (6/8/2022).

Proyek ini juga menjadi momen perdana bagi Virzha dan Ello berduet membawakan lagu Dewa 19 dalam dapur rekaman. Sebelumnya, jika duet terjadi, hal itu hanya berlangsung di panggung di kala keduanya menjadi  vokalis di dalam set live Dewa 19.

“Sebelumnya kami belum pernah dipersatukan di dalam rekaman. Ini yang pertama kalinya. Saya kebagian di bagian depan, lalu Virzha mengikutinya di belakang,” ujar Ello.
 


Still I’m Sure We’ll Love Again merupakan salah satu trek spesial yang ada di album revolusioner Format Masa Depan (1994). Single ini juga menjadi salah satu tembang romantis ikonik dari Dewa 19 romantis, selain lagu Aku Milikmu dan Tak Akan Ada Cinta yang Lain.

Lagu-lagu tersebut mengusung tema yang jauh berbeda daripada kebanyakan trek yang ada di album itu, yang cenderung membawakan musik-musik yang keras dan lantang.

Selain itu, Still I'm Sure We'll Love Again juga merupakan satu dari sedikit lagu-lagu Dewa 19 yang ditulis dalam bahasa Inggris. Lagu-lagu berbahasa Inggris ini merupakan salah satu penanda era awal karier Dewa 19 bersama Ari Lasso. Akhirnya, lebih dari dua dekade berlalu, lagu ini pun menemukan napas baru.

“Lagu ini memang perlu nafas baru. Dulu Ari Lasso yang nyanyi, sekarang sekaligus langsung Ello dan Virzha. Aransemennya juga mengikuti zaman. Masih khas Dewa 19, tapi disesuaikan dengan market yang sekarang," ujar Ahmad Dhani.

Menurut Dhani, karakter vokal Virzha dan Ello cocok dengan aransemen baru yang dia kerjakan. Hasil akhir dari lagu tersebut menurutnya terdengar asyik dan masih tetap memberikan warna khas Dewa 19. "Keputusan untuk menduetkan mereka juga merupakan sebuah eksperimen yang cocok dengan hasil akhirnya,” imbuhnya.
 

Merayakan 30 Tahun Dewa

Perilisan ulang lagu Still I’m Sure We’ll Love Again juga merupakan bagian dari upaya panjang untuk merayakan 30 Tahun Dewa 19 di belantika musik Tanah Air, sekaligus pembaruan karya-karya klasik mereka. 

Tercatat, sepanjang 2022 ini, sudah beberapa single daur ulang yang dirilis oleh Dewa 19, dimana semuanya dirilis dengan vokal Ello atau Virzha. Beberapa bahkan merupakan non-single track pada zamannya.

“Lagu-lagu itu kan bagus. Jadi, ketika diperkenalkan ulang ke market yang sekarang, sambutannya juga oke. Memang sengaja dikasih nafas baru lewat vokal Ello dan Virzha yang segar,” ucap Dhani.

Perjalanan panjang Dewa 19 setelah kembali aktif bermusik dan beraksi di panggung memang selalu menarik untuk diikuti. Dengan empat orang personel yang tersisa secara resmi ditambah format penyanyi yang selalu berganti-ganti, memberikan pengalaman yang berbeda bagi penggemar mereka.

Meski kerap merilis ulang karya-karya klasiknya, lagu-lagu Dewa 19 tetap menjadi nostalgia sendiri bagi para penggemarnya, sekaligus bisa dinikmati dengan ciri khas para vokalis yang membawakannya.

Baca juga: 12 Tahun Tak Merilis Karya, Dewa 19 Luncurkan Single Juliette

“Semoga niat Dewa 19 untuk memperkenalkan kembali lagu-lagu bagus kami yang dulu belum begitu ter-highlight bisa diterima. Sampai ketemu di panggung-panggung live kami,”  kata Dhani.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Yuk Ikut Edukasi Seputar Kanker dalam Cancer Community Festival 2022 di Kokas

BERIKUTNYA

6 Strategi Jitu Bawa Brand Lokal ke Pasar Global

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: