Ahmad Dhani (Sumber gambar: Dewa19 Official Instagram)

Mundur dari WAMI, Ahmad Dhani Pilih Urus Royalti secara Mandiri

19 March 2022   |   16:50 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Ahmad Dhani adalah salah satu musisi Tanah Air yang cukup kritis terkait persoalan royalti. Terbukti, pentolan band Dewa 19 itu mengumumkan bahwa dia memutuskan untuk angkat kaki dari Lembaga Manajemen Kolektif (LMK) Wahana Musik Indonesia (WAMI), yang selama ini mengurus royalti dari karya-karyanya lantaran alasan transparansi. 

“Saya akan mundur dari WAMI, sehingga semua lagu karya saya sekarang benar-benar ada hak ciptanya di tangan saya,” kata Ahmad Dhani dalam konferensi pers di The Garrison Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (18/3/2022).

Diketahui, WAMI merupakan satu dari LMK besar yang berdiri di Indonesia dan mengelola penarikan dan distribusi royalti dari karya-marya banyak musisi lokal.

Namun, kini, Dhani lebih memilih untuk mengurus royalti dari karya-karya musiknya secara mandiri. Bukan tanpa alasan, dia mengaku selama ini rutin mendapatkan royalti dari pihak WAMI namun tidak pernah mengetahui rincian data dari angka royalti yang diperolehnya.

“Misalnya saya ditransfer Rp200 juta, saya enggak tahu ini dari mana saja dan enggak bisa ditanyakan juga,” ungkapnya.
 

Ahmad Dhani bersama tim dalam acara konferensi pers di daerah Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (18/3/2022)- (Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta)

Ahmad Dhani bersama tim dalam acara konferensi pers di daerah Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (18/3/2022)- (Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta)

Lebih lanjut, Dhani mengaku mengalami satu kejadian yang membulatkan tekadnya hengkang dari salah satu LMK yang terkoordinasi dengan LMKN tersebut. Pada salah satu acara di stasiun televisi swasta, hadir beberapa personel Dewa 19 seperti Andra Ramadhan, Once Mekel bdan Ari Lasso, tanpa mengundang Ahmad Dhani.

Terlebih, dalam acara tersebut, para penampil itu menyanyikan lagu-lagu yang merupakan ciptaan Ahmad Dhani. Stasiun televisi yang mengadakan acara itu kemudian diketahui membayar royalti ke WAMI yang saat itu masih menaungi Ahmad Dhani.

Ketika Dhani meminta kejelasan kepada pihak WAMI soal acara itu, dia mengaku tidak mendapatkan jawaban yang solutif.

“Saya sudah bicarakan sebenarnya ini gimana, tetapi WAMI tidak punya mekanisme itu. Enggak ada solusi karena semua dipukul rata pembayarannya,” terang musisi berusia 49 tahun itu.

(Baca juga: Dewa 19 Rilis Aplikasi Karaoke dengan Royalti Transparan)

Dengan keputusannya tersebut, Dhani juga mengatakan akan mengirimkan surat resmi kepada seluruh stasiun televisi terkait penggunaan lagu-lagu ciptaannya. Dia menegaskan, pihak televisi itu harus mengurus persoalan royalti itu langsung kepadanya.

“Maka dari itu saya umumkan sekarang, kalau ada televisi swasta atau EO (event organizer) yang menyanyikan lagu saya tanpa izin akan saya tuntut. Karena saya mulai detik ini, saya tidak terdaftar di WAMI, jadi mereka harus datang ke saya dan minta izin,” tegas Dhani.

Jika hal itu tidak dilakukan, Dhani tak segan membawa kasus dugaan pelanggaran hak cipta ke jalur hukum karena musiknya saat ini telah dimiliki sepenuhnya. "Kalau tidak, urusannya dengan hukum karena lagu saya sekarang milik saya 100 persen," tegasnya.

Editor: Fajar Sidik
 

SEBELUMNYA

Selain Racket Boys, Ini 5 Drakor Bertema Olahraga yang Inspiratif

BERIKUTNYA

Kenali Mommy Issue, Kondisi Mental Akibat Renggangnya Hubungan dengan Ibu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: