4 vokalis Dewa pada konser reuni di Candi Prambanan, 2022. (Sumber foto: Official Instagram)

4 Kali Ganti Vokalis dan Drummer, Simak Kiprah Grup Band Dewa 19

01 February 2023   |   14:04 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Nama Dewa 19 tentu sudah tidak asing lagi di kalangan pencinta musik tanah air. Lewat lagu-lagunya yang populer di era 1990-an, grup band asal Surabaya ini memang telah malang melintang di industri musik Indonesia selama hampir tiga dekade.

Kiwari, mereka bakal comeback menyapa Baladewa dan Baladewi dengan menggelar konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 yang dihelat pada 4 Februari 2023 di Jakarta International Stadium (JIS). Konser itu  akan menampilkan formasi lengkap para personil mereka yang sempat berganti formasi.

Baca juga: Konser Dewa 19 Siap Digelar di Jakarta International Stadium, Simak Info Lengkapnya

Pada konser tersebut Dewa 19 siap menghibur seluruh penggemarnya di Jakarta dengan penampilan spesial dari empat vokalis, yakni Ari Lasso, Once Mekel, Ello, dan Virzha. Tak hanya itu, drummer Tyo Nugros juga dipastikan ikut memeriahkan acara reuni tersebut lewat gebukan drumnya yang khas.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by @redline.kreasindo



Nah, sebelum menikmati aksi mereka di atas panggung, yuk simak kiprah grup band yang digawangi Ahmad Dhani cs ini dalam skena musik Indonesia yang dirangkum Hypeabis.id dalam ulasan berikut ini.


Bermula dari Surabaya, Jawa Timur

Sejarah awal terbentuknya Dewa 19 bermula dari sekelompok remaja Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 6 di Surabaya. Yaitu sosok Ahmad Dhani (keyboard, vokal), Erwin Prasetya (bass), Wawan Juniarso (drum), dan Andra Junaidi (gitar) yang kompak membuat band tersebut pada 1986.

Dalam perjalanannya, grup ini juga sempat beberapa kali berganti personil. Salah satunya adalah menambah member baru yakni Ari Lasso untuk mengisi posisi vokalis. Tak hanya itu, mereka juga menambah angka 19 di belakang nama Dewa untuk memberi tanda terbentuknya band itu terjadi saat mereka berumur 19 tahun.

Album pertama mereka sendiri dirilis pada 1992 dengan tajuk Dewa 19. Adapun, lagu andalan dalam album ini yang kemudian disukai anak-anak muda generasi 1990-an adalah Kangen dan Kita Sedang Tidak Bercinta Lagi. Berkat dua single tersebut mereka juga meraih penghargaan BASF Award untuk kategori Pendatang Baru Terbaik pada 1993.

Sukses mengeluarkan album perdana, dua tahun berselang Dewa 19 kembali merilis album Format Masa Depan. Tapi, sayangnya saat penyelesaian album Wawan memilih hengkang sebagai penggebuk drum, dan posisinya digantikan Rere Reza. Pada 1995, Dewa 19 pun kembali mengeluarkan album Terbaik Terbaik yang menjadi salah satu dari 150 album terbaik versi Rolling Stones Indonesia di urutan ke-26.

Adapun, masa keemasan mereka terjadi saat merilis album keempat bertajuk Pandawa Lima pada 1997. Yaitu dengan formasi baru yang diisi oleh Lasso (vokal), Andra Junaidi (gitar), Erwin Prasetya (bass), Ahmad Dhani (keyboard), dan Wong Aksan (drum). Album ini pun sukses memboyong 6 penghargaan di Anugerah Musik Indonesia, termasuk Grup Alternatif Terbaik, dan Sampul Album Terbaik.

Namun, di tengah puncak masa keemasan Dewa 19 juga menghadapi badai serius akibat penyalahgunaan narkotika yang membuat band ini sempat vakum. Kendati begitu, Ahmad Dhani dan Andra masih mampu merilis album The Best Of Dewa 19 yang berisi lagu-lagu yang dinyanyikan Ari Lasso dengan tambahan lagu baru berjudul Elang dan Persembahan dari Surga.
1
2


SEBELUMNYA

Rekomendasi 5 Pameran Fotografi Februari 2023, dari Tema Sejarah hingga Pandemi

BERIKUTNYA

Tampak Lebih Muda, Intip 5 Prosedur Operasi Anti Aging yang Dijalani Titi DJ

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: