Pameran Tatap Rupa (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)

Yuk Intip Lukisan Karya 24 Alumni Seni Rupa UNJ di Pameran Tatap Rupa Plaza Indonesia

18 February 2024   |   20:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Alumni Seni Rupa Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta atau Universitas Negeri Jakarta menampilkan lukisan terbaik mereka dalam pameran bertajuk Tatap Rupa. Sebanyak 48 karya dari 24 pelukis bakal terpampang di Pop Up Gallery Talenta lantai 4, Plaza Indonesa, Jakarta.

Pameran yang berlangsung selama 18 Februari–18 Maret 2024 itu digagas oleh Sarnadi Adam, tokoh Seniman Betawi sekaligus dosen di Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNJ. Seperti judulnya, Tatap Rupa mengandung makna terjadinya tatap muka antarperupa.

Baca juga: Alumni Seni Rupa IKIP Jakarta (UNJ) Gelar Pameran Tatap Rupa

Pameran ini juga sekaligus menjadi wadah yang mempertemukan para alumni dengan apresiator atau kolektor untuk bisa menatap dengan seksama karya seni rupa yang ditampilkan. Perhelatan dibuka dengan penampilan tari tradisional Betawi. Sebanyak 24 seniman akan menampilkan 24 karya mereka pada dua minggu pertama, lalu karya keduanya di dua minggu terakhir.
 
"Setiap seniman masing-masing menyiapkan dua lukisan sehingga terkumpul 48 karya yang akan dipamerkan, pada dasarnya mereka adalah orang-orang yang sering menggelar pameran, tapi ini pertama kalinya mengadakan pameran bersama sebagai alumni UNJ," ujar Sarnadi.   

Pop Up Gallery Talenta dipilih sebagai tempat diselenggarakannya pameran lantaran lokasinya yang strategis. Selain itu, menurut Sarnadi, pihak galeri sendiri yang menawarkan diri supaya para alumni UNJ bisa menggelar pameran lukisan di sana.

Adapun Dinas Kebudayaan DKI Jakarta menyambut positif atas terbentuknya Komunitas Pelukis Alumni Seni Rupa UNJ, serta pameran yang diselenggarakan oleh para anggotanya. Kedepannya mereka akan mendukung dan memfasilitasi pameran kedua dan selanjutnya dari para alumni UNJ. 

"Pameran-pameran selanjutnya mungkin akan dikolaborasikan dengan seni pertunjukan tradisional lainnya yang diharapkan bisa menarik kunjungan wisatawan ke Jakarta," ujar Sarnadi.

 

Lukisan Karya Sanardi (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)

Lukisan Karya Sanardi Adam (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)

Turut hadir dalam acara tersebut, Dailani Firdaus, Anggota DPD/MPR RI yang meresmikan pembukaan pameran Tatap Rupa. Menurutnya, kegiatan ini akan menjadi angin segar di Jakarta, setelah belakangan ini orang-orang disibukkan dengan perhelatan pemilu yang membuat situasi memanas di media sosial.

"Saya sangat senang dan bangga bisa hadir dan meresmikan pembukaan acara ini, komunitas pelukis alumni seni rupa UNJ telah melakukan pameran yang luar biasa dan menginspirasi," katanya.

Lebih lanjut Dailani berharap, sebagai pejabat negara, dia ingin menciptakan tempat-tempat seperti Taman Ismail Marzuki supaya para seniman bisa menggelar pameran secara gratis. Tentunya ini bakal menaikkan nama Jakarta sebagai destinasi wisata lokal dan mancanegara, setelah tidak lagi menjadi ibu kota Indonesia.
 

Lukisan di Pameran Tatap Rupa (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)

Lukisan di Pameran Tatap Rupa (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)

Para seniman yang terlibat akan menampilkan gaya lukisan dan karakter yang sangat beragam, mulai dari realis, naturalis, impresionis, abstrak, dan lukisan bergaya naif. Karya-karya yang dihasilkan dan dipamerkan menabrak semua teori keindahan, mungkin bisa dikategorikan karya-karya naïf yang keindahannya adalah seni untuk seni.

Seniman-seniman yang berpartisipasi, di antaranya adalah Yuhaslinda, Syafrudin, Masagung Kirasave, Casjiwanto, Oceu Apristawijaya, Dina Lestari, Saffa Inayati, Marwan, Nasrul, Fetty Fatimah, Deden Hamdani, Sarnadi Adam, Prasetya Gautama, Ireng Halimun, Sahuri, Yuli Riban, Shamady Nura, Day Hidayat, Yusuf Dwiyono, Umam, Vy Patiah, Tri Sabariman, dan Jan Praba.

Baca juga: Kala Taruntum, Pameran Reuni Seniman ISI Yogyakarta Angkatan 1993 Berlangsung di Jakarta

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

5 Gaya Aktor & Aktris Dunia di Gala Premiere Film Dune: Part Two

BERIKUTNYA

Pameran Tatap Rupa Jadi Pembuktian, Alumni UNJ Enggak Cuma Jago Mendidik Tapi Juga Berkarya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: