Ilustrasi minuman menyegarkan dan cocok dijadikan sebagai ide bisnis. (Sumber gambar: Kobbi Mendez/Unsplash)

Rekomendasi 5 Ide Bisnis Minuman, Bahan-bahannya Mudah Didapatkan

31 October 2023   |   14:53 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Kuliner merupakan bidang bisnis yang terus berkembang. Setiap waktu, kuliner mengalami perubahan tren dengan berbagai inovasi terbaru. Inovasi yang hadir di bidang bisnis kuliner merupakan terobosan untuk menggaet hati para konsumen untuk membeli produk pelaku usaha. 

Dimas Realino, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nusa Nipa, membeberkan beberapa rekomendasi ide bisnis kuliner, khususnya dengan menu minuman yang bisa jadi pilihan untuk kalian yang mau memulai usaha. 

“Saya merekomendasikan minuman dengan bahan dasar jeruk nipis, kelapa, dan alpukat,” kata Dimas kepada Hypeabis.id belum lama ini. 

Baca juga: Rekomendasi 5 Minuman Tradisional dari Berbagai Negara, Ada Limoncello hingga Sangria
 
Dimas menjelaskan olahan jeruk nipis memiliki banyak kemudahan. Beberapa di antaranya adalah sifat jeruk nipis yang dapat tubuh di mana saja dan mudah ditemukan. Selain itu, jeruk nipis juga punya berbagai manfaat seperti menjaga kekebalan tubuh, mengobati anemia, serta berguna untuk orang yang sedang diet.
 
Sementara itu, dia mengatakan bahwa alpukat dan kelapa juga bisa dijadikan sebagai ide bisnis minuman karena pengolahannya yang relatif mudah. Kedua jenis buah ini juga bisa dikreasikan dengan berbagai bahan lain, sehingga tidak monoton dan bisa menghasilkan banyak menu. 

“Ketiga bahan ini dapat diinovasikan dengan bahan lain sehingga dapat tercipta inovasi produk minuman baru yang lebih menjanjikan” imbuhnya. 

Lebih rincinya, berikut ini adalah beberapa ide yang bisa digunakan untuk memulai bisnis kuliner minuman. Apa saja? Yuk simak dalam ulasan berikut ini. 
 

1. Es Teh Jeruk Nipis

Es teh jeruk nipis merupakan salah satu minuman dingin yang cocok dipilih sebagai inspirasi bisnis. Hal ini dikarenakan bahannya yang mudah didapatkan dan proses pembuatannya yang relatif mudah. 

Rasa asam manis dari jeruk nipis dan teh yang dipadukan dengan es akan memberi sensasi segar bagi para penikmatnya. Oleh karena itu, tidak heran jika di tengah kondisi cuaca yang kian panas, banyak masyarakat yang mencari menu minuman segar, dan memilih es teh jeruk nipis.


2. Es Jeruk Kelapa

Selain es teh jeruk nipis, es jeruk kelapa juga bisa dijadikan pilihan untuk ide bisnis karena bahan-bahannya yang mudah dicari. Tak hanya itu, air kelapa muda yang dipadukan dengan rasa asam dari jeruk bakal menghadirkan rasa segar. Oleh karena itu, tidak heran jika bisnis ini bisa ditemukan di banyak tempat. 


3. Es Kelapa Muda Gula Merah 

Selain dipadukan dengan jeruk nipis atau dihadirkan dalam varian original, air kelapa muda juga dapat dikombinasikan bersama gula merah. Rasa segar dari air kelapa yang dipadukan dengan manisnya gula merah mampu menggugah selera para konsumen. Selain itu, untuk makin menambahkan rasa segar, kalian juga dapat menambahkan jeruk nipis sebagai inovasi dalam menu minuman ini. 
 

4. Es Lilin Alpukat

Menikmati buah alpukat yang kaya lemak dan kalium baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, tentunya buah ini punya rasa yang nikmat. Tak ayal, alpukat digandrungi oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Untuk menghadirkan inovasi olahan alpukat sebagai menu bisnis minuman, kalian bisa mengolahnya jadi es lilin. Bahan yang dibutuhkan juga cukup mudah didapatkan yakni dengan mengolah susu kental manis, garam, dan cokelat.  


5. Mojito

Mojito merupakan minuman yang mengandung alkohol. Namun, bagi Genhype yang ingin menjajakan minuman ini tanpa alkohol, kalian bisa memakai jeruk nipis, daun mint, gula, soda, serta es. Bahan-bahan ini akan menghasilkan cita rasa yang menyegarkan bagi konsumen. 

Demikian lima ide menu bisnis minuman yang menjanjikan dengan bahan yang relatif mudah untuk diperoleh. Dimas menekankan, dalam membangun sebuah usaha sebaiknya melakukan riset terhadap minat dan kebutuhan konsumen terlebih dahulu. Hal ini untuk mencegah bisnis yang kalain jalani tidak mudah gulung tikar. 
 
Baca juga: 4 Keuntungan Berbisnis Minuman Es Teh Kekinian yang Makin Manis

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Sadari Risiko Kanker, Yuk Pahami Cara Melakukan Pemeriksaan Payudara Sendiri

BERIKUTNYA

Gaya Hidup Tidak Sehat Jadi Faktor Risiko Terbesar Pemicu Kanker Payudara

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: