Paket 1 ekor Bipang Ambawang (Instagram_Bipang Ambawang)

5 Fakta Bipang Ambawang yang Di-endorse Jokowi

10 May 2021   |   12:35 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Beberapa hari terakhir bipang Ambawang jadi perbincangan hangat para warganet di media sosial. Ini terjadi usai Presiden Joko Widodo meng-endorse makanan khas Kalimantan itu.

Sebagian warganet memprotes langkah Jokowi itu, karena  tidak tepat mempromosikan makanan non-halal tersebut di tengah suasana menjelang Idulftiri.

Akan tetapi, lepas dari kontroversi itu, kita kenalan saja yuk sama bipang Ambawang, yang kalau diintip dari laman Instagram resminya, kuliner ini sudah cukup terkenal lo di kalangan artis seperti Roy Marten hingga politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie.

Berikut sejumlah fakta terkait bipang Ambawang yang berhasil dirangkum Hypeabis.id :

1. Menggunakan babi muda

Dalam laman Instagram bipang Ambawang tercatat bahwa babi yang dipanggang adalah babi kampung muda usia 3-5 bulan dengan berat sekitar 10-20 kilogram (kg), yang setelah dipanggang beratnya sekitar 3-7 kg saja untuk 1 ekornya.

"Berbeda dengan babi yang dijual di pasar yang satu ekornya bisa mencapai 100 kg dan dapat diambil bagian daging atau samcan saja [tanpa tulang]," begitu bunyi di laman Instagram Bipang Ambawang.

2. Kulit garing

Babi kampung muda ini memiliki keunggulan lemak yang tipis dan dagingnya lembut. Jadi begitu dipanggang dengan racikan bumbu khas bipang Ambawang, membuat kulitnya pun menjadi garing, tetapi lembut dan gurih dagingnya.

3. Sambal khas antuha dan kit iu

Nah dalam penyajian bipang ambawang biasanya disandingkan dengan sambal khas antuha dan kit iu. Pernah dengar?

Sambal antuha adalah sambal terasi khas Kalimantan Barat yang diracik dengan resep rahasia keluarga Gouw, pemilik bipang Ambawang. Antuha berasal dari bahasa Dayak yang artinya tante tertua.

Sementara kit iu adalah saus cocolan yang terbuat dari jeruk dan gula pasir. Kit iu juga sering digunakan untuk cocolan hekeng atau masakan asam manis atau untuk minuman segar.

4. Wajib order jika ingin 1 ekor

Untuk kalian yang ingin mencicipi langsung 1 ekor bipang Ambawang di  Jalan Trans Kalimantan, kilometer 23, Kalimantan Barat, sebaiknya order duhulu deh sebelum datang. Pasalnya bipang ini harus melalui proses pemanggangan selama 10 jam sebelum kamu datang.

Pemesanan paling lambat 1 hari ya sebelum datang dan langsung disajikan ketika kamu datang.

5. Sedia delivery luar kota

Bagi kamu yang ingin mencicipi Bipang Ambawang tapi berdomisili di luar Kalimantan, tak perlu khawatir karena pemilik menyediakan pengantaran langsung ke alamatmu melalui pesan langsung via aplikasi pesan singkat WhatsApp hingga platform dagang-el.

Pengemasan biasanya hanya 1/4 ekor untuk 1 porsi. Bipang Ambawang dikemas dalam pack vakum dan tahan hingga 4 hari dalam suhu ruang.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Jangan Terlewat, Drama Korea yang Tayang di Netflix Mei Ini

BERIKUTNYA

Ingin Redakan Sunburn? Ini 4 Tip Menurut Para Ahli Dermatologis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: