All New Vellfire HEV. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini)

Dibanderol Rp1,8 Miliar, Intip Tampilan Toyota All New Vellfire HEV

15 February 2024   |   21:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Toyota Astra Motor (TAM) membawa lini baru kendaraan hybrid premiumnya, All New Vellfire HEV, di International Motor Show (IIMS) 2024. Mobil keluarga atau multi purpose vehicle (MPV) ini dibanderol dengan harga tembus Rp1,8 miliar. 

Hiroyuki Ueda, Presiden Direktur PT TAM menyebut kehadiran All New Vellfire HEV ini merupakan langkah Toyota dalam mendukung upaya menekan emisi karbon di Indonesia. “Toyota menerapkan pendekatan Multi Pathway Strategy dalam menghadirkan carbon-neutral mobility solution untuk menekan emisi karbon sebagai musuh bersama,” ujarnya saat mengenalkan mobil hybrid ini di ajang IIMS, Kemayoran, Jakarta, Kamis (15/2/2024).

Toyota All New Vellfire HEV hadir dengan dua warna, yakni hitam dan putih. Memiliki dimensi panjang 4.995 mm, lebar 1.850 mm, jarak sumbu roda 3.000 mm, dan tinggi 1.935 mm, mobil hybrid ini berkapasitas 8 penumpang, dengan kursi 2-2-2. 

Baca Juga: Mejeng di IIMS 2024, Chery Tambah Kuota 'Diskon' Mobil Listrik Omoda E5
 

Interior Toyota All New Hybrid (Sumber gambar : Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Interior Toyota All New Vellfire HEV (Sumber gambar : Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Adapun mesin mobil ini berkode A25A-FXS 2.5 L dengan perpaduan transmisi CVT yang memiliki tenaga 190 PS pada 6.000 ROM dan torsi 236 Nm, serta rentang 4.300-4.500 rpm. Mobil mewah ini juga mengadopsi Toyota Hybrid System sebagai pengelola kinerja hybrid engine yang efisien, powerful, dan ultra low emission. 

Interiornya terbilang klasik namun elegan. Kursinya dibalut kulit dengan warna cokelat. Sementara bagian luarnya tampil gahar tetapi memancarkan kemewahan. Mengusung pintu geser pada bagian tengahnya, Toyota All New Vellfire HEV dibanderol dengan harga Rp1,8 miliar. 

 

Toyota (Sumber gambar : Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Toyota All New Vellfire HEV (Sumber gambar : Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

 

Mobil Listrik Laris Manis


Diketahui, pada ajang IIMS 2024, Toyota menghadirkan berbagai teknologi elektrifikasi mulai dari hybrid electric vehicle (HEV), plug-in hybrid electric vehicle (PHEV), battery electric vehicle (BEV), hingga fuel cell electric vehicle (FCEV) lewat kehadiran Toyota Mirai.

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto menyebut Kijang Innova Zenix HEV, Yaris Cross HEV, dan Corolla Cross HEV sejauh ini menjadi kendaraan elektrifikasi Toyota yang paling laris. Kijang Innova Zenix HEV dan Yaris Cross HEV merupakan xEV yang diproduksi lokal dan menjadi xEV Toyota pertama yang diekspor dari Indonesia. 

Keseriusan Honda dalam mengatasi emisi karbon ditandai dengan debut Kijang Innova Zenix HEV yang langsung mencatatkan diri sebagai kendaraan elektrifikasi terlaris di Indonesia dengan wholesale  27.705 unit pada 2023. Catatan penjualan Kijang Innova Zenix HEV sekitar 38,7 persen dari total wholesale kendaraan elektrifikasi nasional.
 
Oleh karena itu, menurutnya bukan tanpa sebab jika ternyata HEV Toyota menguasai lansekap penjualan kendaraan elektrifikasi khususnya HEV di level nasional. Kombinasi motor listrik dan mesin bensin mampu mendongkrak performa mobil hybrid di seluruh rentang putaran mesin. 

Selain itu, yang menyebabkan jenis kendaraan ini diminati konsumen yakni karena jarak berkendara yang lebih panjang berkat efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Beberapa pengetesan bahkan membuktikan bahwa Yaris Cross Hybrid EV bisa menempuh jarak 31 kilometer hanya dengan 1 liter bahan bakar. Semua benefit ini bisa didapatkan pelanggan tanpa harus mengubah kebiasaan mobilitasnya.

Keunggulan lainnya, biaya maintenance HEV Toyota yang relatif sama dengan mobil konvensional karena minim perawatan khusus mobil hybrid. Untuk menambah peace of mind, juga terdapat garansi baterai 8 tahun atau 160.000 km, serta harga baterai yang terhitung kompetitif dan affordable.

Baca Juga: Royal Enfield The All-New Bullet 350 Tersedia Terbatas di Indonesia

Editor: M. Taufikul Basari 

SEBELUMNYA

AHM Hadirkan Motor Listrik Konsep SC e: di IIMS 2024, Ini Tujuannya

BERIKUTNYA

ALVA Launching Motor Listrik ALVA One XP di IIMS 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: