Boy group SHINee. (Dok. SM Entertainment)

Artis K-pop Generasi Kedua Banyak yang Comeback Tahun Ini, Ada Apa?

17 August 2021   |   19:44 WIB

Like

Akan tetapi, kepopuleran ini juga semata-mata enggak datang dari kerinduan para penggemar grup K-pop generasi lho. Faktor dorongan dari promosi yang dilakukan para artis K-pop yang lebih junior dan acara-acara variety yang sudah populer di kalangan pendengar muda saat ini juga mendorong kepopuleran K-pop generasi kedua di tahun ini. Eva membenarkan alasan ini, terutama pada program yang berbasis SNS atau daring.

Grace juga menyetujui alasan ini, menjelaskan bahwa hal yang dilakukan oleh artis K-pop yang lebih junior dan acara-acara serupa punya dampak terhadap kembali populernya artis-artis K-pop generasi kedua.

 


Contohnya adalah We Remember K-pop, siaran langsung sesi nostalgia K-pop di generasi kedua di aplikasi VLIVE yang dilakukan Seungkwan dari boy group SEVENTEEN selama tiga kali sejak tahun 2020 hingga tahun ini, serta episode K-pop Rennaisance yang terdiri dari tiga bagian dan konser spesial untuk mengenang K-pop generasi kedua dalam episode 196 dari acara variety MMTG.

"Terutama yang MMTG kan sudah dua kali bikin 'konser' yang isinya [artis] 2nd gen (artis K-pop generasi kedua) dan memang jadi bikin nostalgia. Dari sini jadi banyak juga yang berharap grup 2nd gen lain untuk reuni atau comeback apalagi grup-grup yang sudah memang enggak aktif atau bubar," ceritanya.

Dengan banyaknya artis K-pop generasi kedua yang melakukan comeback di tahun ini, diperkirakan hal ini tentu mendatangkan potensi beberapa artis populer untuk kembali berkarya di industri musik K-pop seperti BIG BANG yang digadang-gadang akan segera melakukan comeback serta Girls' Generation dan T-ARA yang akan melakukan reuni.



Editor: Roni Yunianto

 
1
2


SEBELUMNYA

Melihat Makna 'Kado' dalam Pameran The Gift di Singapore Art Museum

BERIKUTNYA

Young K DAY6 Konfirmasi Tanggal Wajib Militer Setelah Umumkan Debut Solo

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: