Pemilu 2024 di Indonesia (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Paulus Tandi Bone)

Film & Serial Tentang Pemilihan Umum yang Bisa Jadi Tontonan Libur Pemilu 2024

14 February 2024   |   11:36 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Selain melakukan pemilihan presiden dan wakil presiden serta calon legislatif, Genhype pada hari ini dapat menambah tebal suasana pemilihan umum dengan menonton film. Saat ini, terdapat sejumlah film tentang pemilu yang sangat seru untuk mengisi liburan.

Pemilihan umum tidak hanya eksis di Indonesia, tapi juga negara-negara lain. Sama seperti di dalam negeri, pemilu di luar negeri juga mengharuskan warganya untuk memilih presiden, wali kota, anggota legislatif, sampai perdana menteri. 

Baca juga: 5 Fakta Film Dokumenter Dirty Vote, Ungkap Kecurangan dalam Proses Pemilu

Cerita tentang lika liku pemilihan umum menjadi salah satu yang cukup menarik untuk diangkat menjadi sebuah cerita. Jadi, sejumlah sineas di dalam dan luar negeri membuat film tentang pesta demokrasi tersebut. 

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut film-film tentang pemilihan umum yang dapat menjadi tontonan pada libur pemilihan umum hari ini, Rabu, 14 Februari 2024: 
 

1. The Ides of March


Film pertama yang dapat menjadi pilihan untuk mengisi libur pemilu adalah The Ides of March yang rilis pada 2011. Film itu bercerita tentang pekerja kampanye yang idealis bernama Stephen Meyers, yang diperankan oleh Ryan Gosling.

Meyers adalah karakter yang telah berjanji memberikan segalanya untuk Gubernur Mike Morris (yang diperankan oleh George Clooney), seorang calon presiden yang tidak bisa dipercaya, yang ide-ide inovatifnya dapat mengubah lanskap politik. Namun, pemilihan pendahuluan yang brutal di Ohio mengancam integritas Morris.

Stephen Meyers terlibat dalam pertarungan yang sulit dan menemukan dirinya terjebak dalam skandal di mana satu-satunya jalan untuk bertahan hidup adalah dengan bermain di kedua sisi. 
 

2. A Copy of My Mind


A Copy of My Mind yang rilis pada 2015 juga dapat menjadi pilihan untuk ditonton oleh Genhype pada masa libur pemilihan umum. Film ini bercerita tentang karakter bernama Sari dan Alex yang masing-masing diperankan oleh Tara Basro dan Chicco Jerikho.

Dikutip dari laman Festival Film Indonesia, film tersebut mengikuti seorang tokoh bernama Sari, yang bekerja di sebuah salon kecantikan sering menonton DVD bajakan. Dia juga sering menemukan terjemahan film yang buruk.

Suatu hari, Sari mengeluh kepada penjualnya. Lalu, penjual DVD bajakan itu memperkenalkannya dengan pembuat terjemahan bernama Alex. Mereka berdua jatuh cinta dan menjadi sepasang kekasih.

Suatu hari, Sari diminta sang bos ke penjara untuk memberikan perawatan wajah kepada narapidana yang memiliki hubungan dengan elit-elit politik. Saat di penjara yang berbeda dengan penjara pada umumnya, dia melihat DVD yang menarik dan mencurinya.

DVD itu ternyata berisi rekaman antara wanita narapidana dengan beberapa pembantu terdekat dari salah satu calon presiden. Sari dan Alex pun harus menghadapi bahaya. 
 

3. American Horror Story: Cult


Cult adalah salah satu episode dalam serial American Horror Story. Karya ini bercerita tentang kota Brookfield Heights di Michigan terbagi akibat pemilihan presiden Amerika Serikat pada 2016. Di kota ini, pemimpin kultus berbahaya menggunakan rasa takut warganya sebagai senjata.

Kemenangan salah satu calon presiden membuat pemilik restoran lokal merasakan kebingungan. Tidak hanya itu, fobia lamanya, seperti coulrophobia, hemophobia, dan trypophobia mengalami peningkatan sebagai akibat proses yang berjalan.


4. Whose Vote Counts, Explained 


Whose Vote Counts, Explained yang rilis pada 2020 juga dapat menjadi pilihan Genhype untuk mengisi liburan hari ini. Karya ini merupakan serial dokumenter yang bercerita tentang pemilihan umum di Amerika Serikat.

Serial dokumenter ini terdiri dari 3 karya. Pertama, terkait dengan hak pilih yang masih diperdebatkan. Sederet tembok terdapat menjadi rintangan bagi suara warga, dari tekanan sampai pencabutan hak pilih.

Kedua terkait dengan politik uang yang dilakukan oleh para calon. Meskipun uang tidak menjamin kemenangan, tetapi para calon masih melakukannya. Serial ketiga tentang suara-suara yang lebih dipedulikan dibanding yang lainnya.

Baca juga: Rekomendasi 5 Film Bertema Politik yang Cocok Ditonton saat Momen Pemilu

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

KAI Jual Tiket Lebaran Mulai 15 Februari 2024, Siapa Cepat Dia Dapat

BERIKUTNYA

8 Promo Kuliner Spesial Pemilu 2024, Cukup Tunjukkan Jari Ungu Hasil Coblos di TPS

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: