Penumpang di stasiun kereta api (Sumber gambar: PT KAI)

KAI Siapkan Berbagai Program Menarik, Salah Satunya Potongan Tarif Buat Pelancong

13 January 2023   |   18:02 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
Ada kabar gembira bagi Genhype yang kerap menggunakan kereta api jarak jauh (KAJJ) untuk bepergian. PT Kereta Api Indonesia sebagai operator kereta jarak jauh memberikan sejumlah program yang membuat tarif kereta api lebih murah.

VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia (KAI), Joni Martinus, mengatakan beragam program diberikan untuk mempermudah dan meningkatkan pelayanan kepada para pelancong yang hendak bepergian dengan moda transportasi berbasis rel tersebut.

“Dengan adanya program-program tersebut diharapkan minat masyarakat untuk bepergian menggunakan kereta api akan semakin meningkat,” katanya dalam rilis yang diterima oleh Hypeabis.id.

Baca jugaKenali Macam-Macam Kompensasi Keterlambatan Perjalanan Kereta Api

Dia menuturkan berbagai program tarif murah yang dapat digunakan oleh para traveller untuk bepergian ke sejumlah daerah di Indonesia adalah program tarif khusus, tarif subkelas, dan tarif reduksi.

Program tarif khusus adalah program yang membuat para pelesir bisa mendapatkan tarif kereta api lebih murah. Hanya saja, tidak semua rangkaian kereta memiliki program tarif khusus ini.

Menurutnya, hanya rute dan rangkaian kereta api tertentu yang memiliki program tarif khusus. Rute tersebut seperti Gambir – Cirebon, Bandung – Tasikmalaya, Bandung – Banjar, Cirebon – Purwekerto, Semarang Tawang/ Semarang Poncol – Tegal, Purwekerto – Yogyakarta/Lempuyungan/Solo Balapan, Madiun – Malang, Surabaya Gubeng – Jember, dan sebagainya.

“Tiket tarif khusus dapat dibeli melalui aplikasi KAI Access atau loket stasiun maksimal dua jam sebelum keberangkatan atau secara go show,” katanya.

Selain itu, para pelancong juga dapat memperoleh tarif tiket kereta api jarak jauh dengan harga yang lebih terjangkau melalui program Tarif Subkelas. Pada saat pemesanan tiket kereta api, kalian dapat melihat kode subkelas di tiket yang diinginkan serta beberapa alternatif tarif yang dapat menjadi pilihan.

Perbedaan antara kode subkelas adalah hanya tarif yang ditawarkan oleh perusahaan. Menurutnya, tidak ada perbedaan fasilitas atau tempat duduk yang didapatkan oleh traveller selama dalam perjalanan.

Dia menuturkan bahwa program ini merupakan bentuk apresiasi terhadap pelancong yang memesan tiket jauh hari sebelum keberangkatan. “Sehingga dapat memilih tarif yang diinginkan,” katanya.

Adapun, program tarif reduksi adalah program yang ditujukan untuk berbagai kalangan masyarakat di dalam negeri, yakni lansia, legiun veteran RI, TNI dan Polri, wartawan, dan civitas akademika. Mereka dapat memperoleh potongan tarif hingga 50 persen saat menggunakan kereta api jarak jauh.

Lansia dapat memperoleh potongant tarif sebesar 20 persen saat menggunakan kereta api komersial kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif dengan ketentuan berusia 60 tahun atau lebih pada saat tanggal keberangkatan.

Kemudian, legiun veteran RI dapat memperoleh potongan 50 persen ketika naik kereta api komersial kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif yang berlaku pada Selasa – Kamis. Program ini tidak berlaku pada hari besar/libur nasional dan hari ramai lainnya yang ditetapkan oleh perusahaan.

Perusahaan memberikan diskon sebesar 30 persen kepada legiun veteran RI untuk kereta api kelas komersial kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif yang berlaku pada Jumat - Senin dan hari besar/hari libur nasional lainnya dan hari-hari ramai yang ditetapkan oleh perusahaan.

KAI juga memberikan potongan tarif sebesar 25 persen untuk kereta api komersial kelas eksekutif dan 50 persen untuk kereta api komersial kelas ekonomi dan bisnis. Mereka yang termasuk dalam program ini adalah anggota TNI/Polri yang aktif, termasuk siswa Pendidikan TNI/Polri ataupun PNS yang bekerja di lingkungan TNI/Polri. Program ini tidak berlaku untuk keluarga.

Wartawan dan civitas akademika adalah profesi lain yang masuk dalam program potongan tarif ketika akan menggunakan kereta api. Wartawan memperoleh potongan sebesar 20 persen untuk KA komersial kelas ekonomi dan bisnis dengan ketentuan menunjukkan kartu pers dan surat tugas peliputan.

Sementara itu, civitas akademika mendapatkan diskon sebesar 10 persen untuk dosen dan tenaga kependidikan UNS, UNPAD, UI, UGM, ITB, dan ITS, serta anggota ikatan alumni UNS, UGM, ITB, ITS, UNY, dan UNAIR.

Dia menambahkan pembelian tiket harus melalui aplikasi KAI Access dengan memasukkan nomor reduksi yang telah didaftarkan sebelumnya melalui loket, customer service, atau lokasi lainnya sesuai kerjasama antara KAI dan instansi tersebut.

Baca juga5 Fasilitas Menarik Hype Trip yang Instagramable, Kereta Api ala Milenial dan Generasi Z

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
 

SEBELUMNYA

Digelar September 2023, Pestapora Bakal Hadir Lebih Semarak

BERIKUTNYA

Potret Busana Laksmi De Neefe, Perwakilan Indonesia di Ajang Miss Universe 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: