jumlah tempat duduk yang tersedia untuk keberangkatan kereta api jarak jauh pada 12 – 21 April mencapai 313.526 (Sumber gambar: KAI Daop 1 Jakarta)

Tiket Kereta Api Untuk Mudik 18-21 April 2023 Hampir Habis Nih!

07 March 2023   |   16:39 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Menyambut hari raya Idulfitri tahun ini, persiapan pulang kampung harus dilakukan sedini mungkin lantaran aktivitas masyarakat yang sudah normal tanpa pembatasan, dipastikan akan meningkatkan kembali arus mudik untuk bersilaturahmi kepada orang tua dan sanak saudara di kampung halaman.

Apalagi jika mudik dengan angkutan umum seperti kereta api jarak jauh, tetunya harus mempersiapkan lebih dulu tiket perjalanan yang saat ini sudah diperebutkan oleh para calon pemudik.

Baca juga: Tiket Kereta Mudik Lebaran Sudah Bisa Dipesan, Yuk Cek Jadwalnya!

Berdasarkan publikasi PT Kereta Api Indonesia, saat ini sebesar 49,43 persen dari tiket kereta yang tersedia pada H-10 sampai dengan H-1 Lebaran sudah terjual. Bahkan, tingkat okupansi sejumlah kereta rute utama tujuan mudik yang berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen sudah mencapai 90 persen pada 18-21 April 2023.

Kahumas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan secara keseluruhan ketersediaan tempat duduk untuk keberangkatan sebelum Lebaran, yakni pada 12 - 21 April masih cukup tersedia. “Masyarakat dapat menyesuaikan kembali pilihan tanggal dan jam keberangkatan jika ketersediaan tiket pada jadwal favorit seperti H-4 sampai dengan H-1 sudah tidak tersedia,” katanya.

Dia menuturkan jumlah tempat duduk yang tersedia untuk keberangkatan kereta api jarak jauh pada 12–21 April mencapai 313.526. Dari total itu, sekitar 155.000 tiket di antaranya telah terjual. Namun, jumlah ini masih dapat mengalami perubahan mengingat penjualan masih berlangsung. Disiapkan juga program kereta api tambahan.

Tentu saja, para calon pemudik melakukan pembelian tiket kereta api jarak jauh untuk keberangkatan mayoritasnya untuk keberangkatan dari H-4 sampai dengan H-1 atau pada 18–21 April 2023. Sementara itu, sejumlah tujuan favorit pelesir yang berangkat dari area Daop 1 Jakarta, seperti Yogyakarta, Kutoarjo, Purwekerto, Surabaya Pasar Turi, Semarang, Tegal, Kebumen, dan Kroya.

Untuk diketahui, tiket mudik Lebaran kereta api jarak jauh untuk keberangkatan hingga H-1 atau jadwal perjalanan sampai 21 April 2023 sudah dapat dipesan per hari ini, Selasa, 7 Maret 2023. Pelancong dapat memesan melalui aplikasi KAI Access, web kai.id, serta seluruh kanal resmi penjualan tiket KAI lainnya.

Khusus penjualan tiket pada Angkutan Lebaran kali ini, manajemen menerapkan kebijakan pembelian tiket mulai 45 hari sebelum jadwal keberangkatan kereta api atau H-45. Dengan begitu, maka pelancong sudah dapat melakukan pemesanan sejak 26 Februari 2023 silam.

Adapun terkait program kereta api tambahan, Daop 1 Jakarta akan melakukan sosialisasi kembali. Kemudian, masyarakat juga dapat melakukan pengecekan berkala melalui aplikasi KAI Access mengingat saat ini sistem penjualan tiket adalah secara daring. Jadi, calon pembeli dapat langsung mengetahui jika terdapat kereta api tambahan yang dapat dipesan untuk melakukan perjalanan ke kampung halaman.

Dia menambahkan perusahaan mengingatkan para pelancong agar memperhatikan aturan Vaksin terbaru yang berlaku saat ini, khususnya aturan untuk anak usia dari 6 sampai 12 tahun. Berikut aturan lengkap terkait Vaksin untuk penumpang KAJJ berdasarkan Surat Edaran Kementerian Perhubungan dan Kementerian Kesehatan yang berlaku saat ini :

1. Usia 18 tahun ke atas:
a) Wajib vaksin ketiga (booster)
b) WNA yang berasal dari perjalanan luar negeri, wajib vaksin kedua
b) Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah

2. Usia 6-12 tahun:
a) Wajib vaksin kedua
b) Berasal dari perjalanan luar negeri, tidak wajib vaksin
c) Tidak/belum divaksin harus memiliki surat keterangan belum mendapatkan vaksinasi dari Puskesmas/fasilitas pelayanan Kesehatan dengan alasan tertentu, atau harus didampingi oleh orang tua/orang dewasa yang telah mendapatkan vaksinasi lengkap (Vaksin 1, vaksin 2, dan booster 1) selama melakukan perjalanan. Dalam hal orang tua/orang dewasa pendamping belum mendapatkan vaksinasi lengkap karena alasan kesehatan harus dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter penanggung jawab pelayanan sesuai dengan ketentuan protokol Kesehatan bagi pelaku perjalanan

3. Usia 13-17 tahun:
a) Wajib vaksin kedua
b) Berasal dari perjalanan luar negeri, tidak wajib vaksin
c) Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah

4. Pelanggan dengan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR namun wajib dengan pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan

Baca juga: Aplikasi Ini Wajib Dimiliki Pemudik Supaya Perjalanan Aman & Nyaman 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Berminat Beli Mobil Listrik? Cek 5 Hal Ini Dulu Yuk!

BERIKUTNYA

Konser Mr Big di Jakarta Agustus Mendatang, Kembali ke Indonesia & Sampaikan Perpisahan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: