Penumpang kereta cepat Whoosh (Sumber gambar: PT KCIC)

Begini Cara Dapat Tiket Murah Kereta Cepat Whoosh

29 January 2024   |   08:09 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ada kabar gembira bagi para traveller yang hendak menggunakan kereta cepat Whoosh. PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) sebagai operator moda transportasi berbasis rel dengan kecepatan 360 kilometer per jam itu akan menerapkan skema tarif dinamis mulai keberangkatan 3 Februari 2024.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan bahwa penerapan tarif dinamis itu memungkinkan traveller menaiki kereta cepat Whoosh kelas ekonomi premium dengan hanya membayar sekitar Rp150.000, Rp175.000, Rp200.000, Rp225.000, dan Rp250.000.

"Dalam skema baru ini dimungkinkan dalam satu hari terdapat beberapa tarif yang berbeda untuk perjalanan Whoosh," katanya. 

Baca juga: KAI Luncurkan 3 Kereta Api Baru Bisa Healing ke Pangandaran, Cek Jadwalnya

Dia menuturkan bahwa ada beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian pengguna kereta cepat yang hendak mendapatkan tarif murah, seperti waktu sibuk dan tidak sibuk, momen liburan, dan hari kerja atau akhir pekan.

Pada saat high season atau peak hour, traveller akan mendapatkan tawaran tarif yang lebih tinggi. Namun, pada off peak, pengguna kereta cepat Whoosh dapat memperoleh tiket dengan lebih murah.

“Penumpang diberi alternatif perjalanan dengan tarif yang berbeda-beda menyesuaikan dengan kebutuhan, keinginan, dan daya belinya,” ujarnya.

Masyarakat dapat mengakses saluran resmi seperti aplikasi Whoosh, situs ticket.kcic.co.id, Ticket Vending Machine (TVM), dan loket resmi di stasiun serta aplikasi mitra seperti Access by KAI, Livin by Mandiri, BRImo, dan BNI Mobile Banking untuk mendapatkan tiket.

Dia meyakini bahwa tarif dinamis dapat memberikan nilai tambah terhadap masyarakat yang hendak menggunakan kereta cepat. Fleksibilitas yang ada dapat memberikan manfaat yang lebih baik kepada masyarakat.

Manajemen akan terus memantau dan melakukan evaluasi terkait dengan kebijakan tarif dinamis yang diterapkan oleh perusahaan agar dapat terus sesuai dengan kebutuhan penumpang dan operasional kereta cepat Whoosh.

Pada saat ini, selain menerapkan tarif dinamis, perusahaan juga menjalani strategi lainnya guna meningkatkan layanan terhadap penumpang. Salah satu di antaranya adalah bekerja sama dengan destinasi wisata, kuliner, dan penginapan.

Promo Kolaborasi
Bentuk kolaborasi yang terjalin seperti promo gratis tiket masuk atau potongan harga bagi traveller yang memiliki tiket kereta cepat Whoosh.

Pemilik tiket kereta cepat Whoosh dapat masuk gratis ke Dusun Bambu, Farmhouse, Floating Market, The Great Asia Afrika, Tepi Danau, Tepi Kota Healing, The Lodge Maribaya & Fairy Garden Bandung, Dago Dream Park, dan Papa Dino.

Sementara itu, traveller dapat memanfaatkan tiket kereta cepat yang dimiliki untuk menikmati potongan harga hingga 20 peren di Baker Street Resto cabang Cimandiri, beragam restoran The Lodge Maribaya & Fairy Garden Bandung, dan The Lodge Camp & Village dari Stasiun Bandung.

Dia mengungkapkan bahwa manajemen akan menghadirkan layanan lain sebagai bentuk peningkatan layanan kepada penumpang pada masa yang akan dating, seperti layanan pengembalian dana melalui aplikasi saat akan melakukan proses pembatalan tiket.

"Sejumlah peningkatan layanan yang akan terus dilakukan tersebut juga menjadi bagian dari strategi KCIC untuk meningkatkan minat masyarakat beralih ke Whoosh sebagai transportasi umum yang lebih ramah lingkungan. Kereta cepat diharapkan dapat mengurangi  kemacetan dan polusi yang ditimbulkan oleh kendaraan jalan raya." ujarnya. 

Untuk diketahui, perusahaan mencatat bahwa sudah 1,4 juta orang yang menaiki kereta cepat Whoosh sampai dengan 27 Januari 2024. Kemudian, rata-rata tingkat keterisian atau okupansinya berkisar 60 persen–80 persen. 

Baca juga: Penumpang Kereta Cepat Whoosh Bisa Menikmati Promo 12 Destinasi Wisata & Kuliner

Jumlah penumpang kereta cepat Whoosh terbanyak sampai dengan saat ini adalah pada November 2023 dan masa angkutan Natal & Tahun Baru dari Desember 2023 sampai Januari 2024 dengan mencapai 21.000 orang. 

Editor: Fajar Sidik 
 

SEBELUMNYA

5 Fakta Menarik Drakor Doctor Slump, Reuni Park Hyung Sik dan Park Shin Hye Setelah 11 Tahun

BERIKUTNYA

Spy x Family Code: White Tayang di Indonesia 7 Februari 2024, Cek Sinopsisnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: