Para penampil dan kru acara Rararia dalam acara konferensi pers di Djavu Bar and Longue Jakarta, Selasa (13/2/2024). Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta

Rararia Jadi Penggung Kolektif untuk Kemajuan Musisi Indie

13 February 2024   |   20:12 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Di tengah arus industri musik mainstream yang makin bergema, musisi independen atau yang lebih akrab disebut indie makin giat untuk berkreasi. Hal itulah yang tercermin pada acara musik bertajuk Rararia, yang berlangsung pada Selasa,13 Februari 2024 di Djavu Bar and Longue Jakarta

Mengusung tema The Facets of Love yang sekaligus menyambut Hari Valentine, konser musik kolektif ini adalah acara musik yang awalnya digagas oleh para alumni dari Institut Kesenian Jakarta. Acara ini pertama kali berlangsung pada 2021.

Rararia menjunjung tinggi semangat berkarya dalam kesetaraan untuk mengangkat ide kreatif seniman indie, dalam ranah pertunjukan yang kualitasnya tidak kalah dengan arus mainstream. Rararia diharapkan bisa menjadi support system yang sehat untuk menampung energi positif semua pihak, yang ingin berkembang dan bereksplorasi dengan tulus tanpa adanya kesenjangan sosial di dalamnya.
 
Baca juga: Sekilas Perbedaan Musik Folk & Indie

Tahun ini, menjadi gelaran Rararia kedua setelah pertunjukan perdananya pada 2021 lalu. Gelaran kali ini akan diisi oleh lima musisi indie yaitu Nathalie Esmeralda, Pieter Anroputra, Jordan Susanto, Mandy Robins, dan Nathantania. Mereka siap membawakan lagu-lagu andalannya pada Selasa (13/2/22024) malam di Djavu Bar and Longue Jakarta mulai pukul 20.00 WIB.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Genggam Ind (@genggam.ind)


 
Pieter Anroputra, Founder Autopilot Records sekaligus inisiator Rararia, mengatakan bahwa ada perbedaan yang cukup signifikan dari Rararia pertama dengan gelaran keduanya ini. Diakui olehnya gelaran Rararia perdana masih sebatas diisi oleh komunitas kecil dengan jumlah anggota yang sedikit.
 
Sementara untuk gelaran Rararia kedua ini sudah melibatkan banyak kolektif lintas disiplin seni dan UMKM, dengan jumlah musisi dan tenaga kreatif yang lebih banyak. Menurutnya, lebih dari sekadar acara musik, Rararia adalah wadah support system untuk saling mendukung komunitas lintas disiplin seni.
 
"Jadi kami merasa orang-orang yang kita ajak dan mau terlibat itu adalah semangat-semangat kreatif yang emang mau kita tampung sebagai wadah support system kita semua," katanya dalam acara konferensi pers Rararia di Djavu Bar and Longue Jakarta, Selasa (13/2/2024).
 

Para penampil dan kru acara Rararia dalam acara konferensi pers di Djavu Bar and Longue Jakarta, Selasa (13/2/2024). Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta

Acara konferensi pers Rararia di Djavu Bar and Longue Jakarta, Selasa (13/2/2024). Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta

Acara Rararia sendiri didukung oleh Djon & Rose, pusat data maestro seni lukis S. Sudjojono dan penyanyi mezzo soprano Rose Pandanwangi. Maya Sudjojono selaku perwakilan dari Djon & Rose mengatakan pihaknya selalu mendukung gelaran acara seni rupa dan musik tak terkecuali untuk Rararia.
 
Hal itu sejalan dengan S. Sudjojono Center yang memang didirikan oleh sosok maestro lukis S. Sudjojono dan sang istri, penyanyi mezzo soprano Rose Pandanwangi. "Jadi kami sangat mendukung acara-acara seperti Rararia ini, supaya lebih menghargai seni dan musisi Indonesia. Jadi Djon & Rose disini untuk mendukung musik indie Indonesia," ucapnya.
 
Nathalie Ezmeralda, salah satu musisi yang akan tampil di Rararia, mengatakan selain membawakan lagu-lagu yang telah dirilis, dia juga akan memperkenalkan karya-karya terbarunya yang akan segera diluncurkan di platform streaming musik. 

Baca juga: Musiknya Makin Diminati, Ini Alasan Musisi Pilih Jalur Indie
 
Beberapa lagu yang akan dibawakannya seperti When You're Alone, The One (I Haven't Met), dan Pretty Birds. Menariknya, ketiga lagu tersebut mengangkat materi yang berbeda-beda, mulai dari isu-isu sosial, romansa percintaan, hingga tentang kesendirian seseorang.
 
"Malam ini cukup exciting karena setelah saya pergi ke luar negeri dan kembali lagi kesini, pertama kalinya untuk showcasing karya-karya original. Semoga teman-teman bisa enjoy dan sangat senang bisa menjamu semuanya," katanya. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Intip Bocoran Spesifikasi PlayStation 6 yang Disebut Paling Gahar di Kelasnya

BERIKUTNYA

Kenali Faktor Penyebab Anemia yang Berdampak pada Tumbuh Kembang Anak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: