PlayStation 5, konsol buatan Sony. (Sumber gambar : Blog PlayStation Sony)

Intip Bocoran Spesifikasi PlayStation 6 yang Disebut Paling Gahar di Kelasnya

13 February 2024   |   20:18 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

PlayStation 6 digadang-gadang akan menjadi konsol paling kuat di generasinya. Meskipun belum ada pernyataan resmi dari Sony terkait kemunculannya, para tech reviewer menyebut bahwa produk permainan video gim itu bakal ditenagai prosesor gahar dari AMD.

Dalam kanal YouTube RedGaming Tech diulas bahwa Sony tengah mengembangkan PlayStation 6 dalam setahun terakhir, termasuk dalam CPU dan RAM yang akan dipakai. Namun, YouTuber itu menyebut kemungkinan besar konsol gim ini akan ditenagai Accelerated Processing Unit (APU), serangkaian mikroprosesor dari AMD yang memiliki kemampuan ganda. 

Baca juga: Lenovo Segera Luncurkan Legion Go, Konsol Gim Pesaing ROG Ally & Steam Deck

Di dalam sebuah prosesor APU, terdapat inti proses untuk unit pemrosesan sentral (Central Processing Unit/CPU) dan unit pemrosesan grafis (Graphics Processing Unit/GPU) sekaligus, yang dipisah oleh sirkuit tersendiri. Dengan demikian, kemungkinan akan ada peningkatan performa grafis dalam perangkat konsol ini. 

Mengutip Android Headliner saat merancang PS5, Sony dikabarkan melakukan pembicaraan dengan beberapa pemasok chip tersebut, termasuk NVIDIA. Namun, perusahaan teknologi asal Jepang itu memilih bekerja sama dengan AMD untuk memproduksi APU khusus untuk PlayStation 5 berdasarkan arsitektur RDNA 2 AMD. 

Menurut rumor yang beredar, Sony juga memutuskan untuk tetap menggunakan AMD pada konsol generasi berikutnya, yakni PlayStation 6. Perusahaan ini enggan melirik perusahaan pembuat chip lainnya. 

Dalam tahap pengembangan, PlayStation 6 diprediksi akan rilis pada 2028 mendatang. Tenggat waktu tersebut sesuai dengan kebiasaan Sony yang meluncurkan produk konsol baru setiap dengan jangka waktu lama sekitar 7-8 tahun. 

Diketahui, PlayStation 4 dirilis pada pertengahan November 2013. Sementara itu, PlayStation 5 dirilis pada akhir November 2020, sehingga siklusnya 7 tahun. Jika waktunya tepat, siklus rilis PlayStation 6 menjadi 8 tahun.

Para pemantau gadget yakin Sony ingin memastikan bahwa PlayStation 6 menjadi konsol terkuat di generasinya. Rencana Sony untuk menjadikan PlayStation sebagai konsol paling kuat di generasinya dikatakan mencakup beberapa peningkatan besar dalam kinerja grafis. 

Perusahaan Jepang itu akan meningkatkan kinerja path tracing dan ray tracing tiga kali lipat untuk PlayStation 6. Selain itu, mereka akan memanfaatkan teknologi artificial intteligence atau kecerdasan buatan dalam konsol ini.

Kemajuan teknologi ini akan membantu mencapai interaksi realistis dengan NPC. Namun sebelum menaruh perhatian pada PlayStation 6, model PlayStation 5 Pro masih sangat dinantikan. 

Meskipun kedatangan PS5 Pro juga belum dikonfirmasi, distribusi dev kit menunjukkan bahwa Sony mungkin akan melanjutkan peluncurannya akhir tahun ini. Adapun untuk versi sebelumnya, PlayStation 5, konsol ini dirilis pada 2020 dengan dua varian yakni versi standar yang dilengkapi dengan drive disk dan opsi digital saja. Keduanya memiliki penyimpanan internal 825GB. 

Baca juga: Konsol Game Handheld Naik Pamor, Begini Saran Streamer Gim dan Pengamat Teknologi

Model yang lebih ramping dari kedua varian PS5 baru-baru ini diumumkan dan diluncurkan dengan hard drive penuh 1TB. Bahkan dengan penyimpanan ekstra, model PlayStation 5 slim memiliki lebar, panjang, dan kedalaman yang lebih kecil, serta bobotnya lebih ringan dibandingkan model peluncuran. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

MD Entertainment Rilis Trailer Film Ronggeng Kematian, Tayang di Bioskop 28 Maret 2024

BERIKUTNYA

Rararia Jadi Penggung Kolektif untuk Kemajuan Musisi Indie

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: