Dirty Vote adalah film dokumenter (Sumber gambar: tangkapan layar unggahan twitter Dandhy Laksono)

5 Film Dokumenter Karya Sutradara Dandhy Laksono Selain Dirty Vote

13 February 2024   |   17:46 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

4. Kinipan


Film dokumenter lain karya sutradara Dandhy Laksono yang wajib menjadi tontonan adalah Kinipan. Rilis pada 2021, karya yang bekerja sama dengan sutradara Indra Jati ini telah mendapatkan lebih dari 4 juta penayangan di platform digital video streaming YouTube.

Kinipan bercerita tentang dua sisi pihak yang berbanding terbalik dalam memperlakukan hutan. Satu pihak berusaha menjaga hutan dengan menanam kembali tanaman-tanaman yang dapat bermanfaat bagi ekosistem dan makhluk hidup di dalamnya.

Sementara itu, satu lagi merusaknya dengan menebang pohon-pohon untuk membuka lahan. Padahal, pohon-pohon itu tumbuhnya sangat lambat dan perlu waktu yang sangat lama untuk mengembalikannya lagi.

Tidak hanya lingkungan yang terdampak, masyarakat adat yang telah tinggal di sekitar kawasan hutan juga ikut merasakan akibatnya ketika tanaman harus dibabat. Di balik perusak itu terdapat perusahaan–perusahaan multinasional besar.


5. Belakang Hotel


Film dokumenter lain garapan sutradara Dandhy Laksono adalah Belakang Hotel yang rilis pada 2015. Film yang diproduksi pada akhir 2014 itu bercerita tentang kompetisi perebutan air dan tanah antara warga dengan industri pariwisata di Yogyakarta.

Film yang telah mendapatkan lebih dari 2 juta penayangan itu memperlihatkan sumur-sumur warga yang mengering. Meskipun sudah diperdalam, mereka tetap kesulitan memperoleh air bersih. Terdapat warga yang meminta air bersih dari tetangga yang masih memilikinya untuk kebutuhan mandi dan cuci.

Kejadian kekeringan air itu baru dialami oleh warga beberapa waktu belakangan. Padahal, sejak 1957, mereka tidak pernah mengalami kesulitan air.

Editor: Fajar Sidik
1
2


SEBELUMNYA

Gemerlap Hutan Cahaya Luma Roots Jadi Wisata Viral di Yogyakarta

BERIKUTNYA

Konflik Sengit Kerajaan Kera & Kelompok Manusia di Trailer Film Kingdom of the Planet of the Apes

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: