Ilustrasi bubur Manado (sumber gambar Kemenparekraf)

Resep Bubur Tinutuan, Kuliner Manado yang Cocok Disantap saat Cuaca Dingin

10 February 2024   |   17:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Indonesia dikaruniai berbagai jenis kuliner yang memanjakan lidah. Salah satunya adalah bubur Manado atau disebut juga bubur Tinutuan. Kuliner ini memang galibnya disajikan sebagai menu sarapan nikmat saat cuaca dingin bahkan menjadi sajian spesial di restoran dan hotel. 

Ya, bubur Manado merupakan salah satu jenis menu sarapan yang sangat menyehatkan. Sebab, komposisi atau bahan dasarna mayoritas berupa sayuran hijau dan labu yang kaya akan nutrisi. Selain mudah dicerna, bubur Manado juga memberi pasokan energi untuk memulai aktivitas.

Baca juga: Resep Pen Cai, Steamboat Khas Imlek Lambang Persatuan & Kemakmuran

Menurut Gabriele Weichart, dalam buku Identitas Minahasa: Sebuah Praktik Kuliner, pemilihan sayuran sebagai lauk untuk bubur di wilayah Minahasa merupakan hasil dari pandangan orang-orang di wilayah tersebut terhadap diri dan lingkungannya.

Dalam buku tersebut dijelaskan bahwa orang-orang Minahasa menganggap dirinya sebagai bagian yang dekat dan terikat dengan alam. Oleh karena itu, mereka terbiasa menggunakan bahan makanan yang diperoleh secara langsung dari alam, seperti sayur-sayuran, jagung, beras, dan umbi-umbian. 

Bagi masyarakat Minahasa, bubur ini dibuat dengan berbagai bumbu dan sayuran seperti kangkung, bayam, kacang panjang, daun kemangi, dan ubi merah. Kerap pula ditambahi jagung pipil, dan daun gedi (abelmoschus manihot) yang sekilas hampir mirip daun pepaya, tapi tidak pahit.

Bubur Manado umumnya dinikmati dengan hidangan pendamping seperti ikan tongkol atau ikan asin, yang disajikan dengan sambal bakasang atau dabu-dabu. Selain itu, orang Manado juga kerap mengudap bubur ini selagi masih hangat dengan daun pisang sebagai alas,alih-alih piring atau mangkuk.

Selain itu, Tinutuan juga disajikan dengan perkedel nike, ikan cakalang fufu atau tuna asap, dan perkedel jagung. Bahan, Tinutuan juga terus mengalami inovasi, karena ada juga yang mencampurnya dengan mi atau dengan sup kacang merah yang disebut brenebon.

Kendati bubur Manado saat ini juga sudah banyak dijajakan berbagai sudut kota Manado, tapi kalian juga bisa membuatnya sendiri loh Genhype. Nah biar nggak penasaran, berikut resep bubur Manado dihimpun dari berbagai sumber resmi.


Bahan-bahan Bubur Manado

  • 250 gr beras, cuci bersih
  • 2 liter air
  • 500 gr labu kuning, potong dadu
  • 1 buah jagung manis, pipil bijinya
  • 100 gr daun kangkung
  • 50 gr daun kemangi
  • 100 gr daun gedi, iris kasar
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 lembar daun pandan, iris tipis
  • 2 sdt garam
  • 2 sdt lada bubuk
Bahan Pelengkap
  • 200 gr ikan jambal goreng
  • Sambal roa rawit merah
  • Daun pisang secukupnya


Cara Membuat Bubur Manado

  1. Masukkan bahan-bahan, seperti beras yang telah dicuci, garam, daun salam, serai, ke dalam panci berisi air. Masak sampai air mendidih, dan aduk terus hingga beras hancur. 
  2. Masukkan ubi, labu, jagung, dan daun pandan. Masak sampai matang dengan api yang telah dikecilkan.
  3. Tambahkan bumbu penyedap rasa, garam dan lada. Masak hingga menjadi beras bubur yang hampir lembut dan labu menjadi lembut.
  4. Tambahkan daun kangkung, lelem dan gedi. Masak hingga layu dan lunak serta bubur mengental.
  5. Masukkan daun kemangi, aduk hingga layu lalu angkat.
  6. Siapkan piring dengan alas daun pisang, masukkan bubur, dan tambahkan dengan topping lain seperti ikan jambal goreng dan sambal sebagai pelengkap. 
  7. Sajikan bubur Manado selagi hangat untuk sarapan pagi penuh gizi. 

Baca juga: Resep Mie Gacoan Carbonara yang Viral di TikTok, Lezatnya Mi Pedas dengan Saus Creamy

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Fakta-fakta Tarian Liong, Tradisi Pertunjukan yang Identik dengan Perayaan Imlek

BERIKUTNYA

Formula Tokcer Film Agak Laen yang Tembus 3 Juta Penonton Bioskop

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: