Ilustrasi bubur ayam (Sumber gambar: Freepik)

5 Menu Sarapan Ini Selalu Jadi Favorit Orang Indonesia, Kamu Pilih Mana?

07 October 2022   |   08:24 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Sarapan pada pagi hari sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian besar orang Indonesia. Sebab, asupan makanan pada waktu pagi dapat menjadi penopang energi sebelum menjalani aktivitas sehari-hari. Terlebih, Indonesia juga memiliki banyak varian makanan sarapan nikmat dan bergizi yang sayang untuk dilewatkan.

Tidak ada yang baku dalam menu sarapan di Indonesia. Setiap orang punya seleranya masing-masing. Oleh karena itu, tak mengherankan jika banyak pedagang makanan pagi yang menghadirkan menu yang beragam.

Kebiasaan sarapan ternyata memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Sarapan dapat menjadi sumber makanan yang bisa memenuhi sekitar 15 persen sampai 30 persen kebutuhan gizi harian. Selain itu, sarapan juga dapat menghindari kamu kelaparan di siang hari karena perut belum terisi sejak pagi.

Dengan sarapan, kamu akan lebih fokus menjalani aktivitas dari pagi hari hingga siang. Melansir dari John Hopkins Medicine, sarapan pagi juga akan melindungi seseorang dari penyakit jantung. Sebab, orang-orang yang melewatkan sarapan jantung cenderung memiliki kolesterol yang lebih tinggi dibanding dengan mereka yang meluangkan waktu untuk sarapan.

Baca juga5 Ide Sarapan Anti Ribet, Dicoba Yuk!

Genhype, di Indonesia sendiri ada beberapa menu sarapan yang sudah cukup legendaris. Menu sarapan tersebut juga sudah jadi favorit banyak orang. Penasaran? Berikut menu sarapan yang sering jadi favorit banyak orang Indonesia.
 

1. Bubur Ayam

Bagi orang yang suka sarapan, menu bubur ayam pasti sudah tidak asing lagi. Bubur ayam termasuk menu sarapan yang mudah ditemui di banyak tempat. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang lembut membuat bubur sangat cocok dijadikan menu sarapan.

Setidaknya, ada dua klasifikasi besar soal bubur ayam. Yakni, bubur ayam kuah kuning yang populer di Jawa dan bubur tinutuan khas Manado. Bubur khas Manado cukup berbeda karena menggunakan aneka sayuran, seperti kangkung, bayam, kacang panjang, daun kemangi, dan sebagainya.
 

2. Nasi Uduk

Indonesia juga memiliki variasi menu sarapan yang agak berat, yakni nasi uduk. Meski hanya sekadar sarapan, orang Indonesia sudah langsung memakan nasi dan aneka lauk-pauknya. Nasi uduk ini memiliki rasa yang cenderung gurih dengan tambahan lauk yang beragam, seperti telur dadar, bihun, bakwan, orek tempe, ayam, dan sebagainya.

Nasi yang dipakai di dalam nasi uduk juga berbeda. Nasi sudah dicampur dengan sedikit santan sehingga rasanya gurih nikmat dan lebih mengenyangkan. Hal itu membuat banyak orang di berbagai daerah menyukai makanan khas Betawi, Jakarta, tersebut.
 

3. Nasi Kuning

Nasi kuning adalah varian sarapan yang juga menggunakan nasi di dalamnya. Sesuai namanya, nasi kuning berwarna kuning yang didapat dari campuran rempah-rempah khas Indonesia. Warna kuning sendiri berasal dari kunyit.

Nasi kuning biasanya disajikan dengan menu pendamping lain, seperti ayam goreng, tahu, orek tempe, dan potongan timun serta wortel. Di beberapa daerah, terutama di Jawa, nasi kuning juga kerap jadi hidangan untuk acara-acara besar.


4. Soto

Pagi hari identik dengan cuaca yang masih dingin. Oleh karena itu, makanan berkuah cocok untuk dijadikan sarapan. Biasanya orang akan memilih soto jika ingin sarapan yang mengandung kuah.

Soto termasuk jenis sarapan yang cukup ringan karena tidak akan terlalu kenyang. Porsinya yang pas ditambah rasanya yang enak membuat soto juga jadi favorit sarapan banyak orang.


5. Lontong Sayur

Lontong sayur termasuk makanan sarapan yang populer di berbagai daerah di Indonesia. Pada dasarnya, lontong sayur memiliki menu utama lontong atau ketupat. Namun, lauk pendamping lain bisa berbeda-beda setiap daerah.

Baca jugaSelain Inggris, 5 Negara Ini Punya Menu Sarapan Unik

Di daerah Padang, lontong sayur umumnya memakai rendang dan gulai nangka. Namun, di daerah Betawi lebih menyukai memakai labu siam, suwiran ayam, dan telur. Meski berbeda-beda, rasanya nikmatnya tetap mirip satu sama lain.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Desainer di Balik Gaun Tunangan Sisca Kohl dan Jess No Limit, Mewah Bertemakan Chinoiserie

BERIKUTNYA

Synchronize Festival 2022 Hadirkan Lagi Green Movement, Yuk Bikin Konser Ramah Lingkungan!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: