Benteng Vastenberg di Solo (Sumber gambar: tangkapan layar laman Dinas Pariwisata Solo)

Benteng Vastenberg, Destinasi Wisata Sejarah di Solo yang Instagramable

10 February 2024   |   21:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Benteng Vastenburg menjadi salah satu tujuan wisata yang menarik di Solo, Jawa Tengah. Benteng ini merupakan salah satu bangunan bersejarah peninggalan Belanda yang memiliki daya tarik berupa bangunan benteng tua yang banyak dijadikan lokasi berfoto yang Instagramable.

Dikutip dari laman Badan Otorita Borobudur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Dinas Pariwisata Kota Solo, Benteng Vastenberg dibangun pada 1745 atas perintah dari Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff. Pada saat itu, Belanda mendirikan benteng ini untuk melakukan pengawasan terhadap Keraton Surakarta yang berkuasa.

Baca juga: Korea Selatan Buat Proyek Smart Tourism, Benteng Suwon Hwaseong Salah Satunya

Layaknya banyak benteng, Vastenberg juga memiliki parit di sekeliling tembok yang berfungsi menjadi pelindung. Sementara itu, terdapat jembatan di bagian pintu depan dan belakang yang digunakan untuk melintasi parit.

Benteng ini terletak tepat di depan kediaman Baron Van Imhoff. Kemudian, di tengahnya terdapat lapangan yang berguna sebagai upacara bendera bagi para petugas sebelum menjalakan kewajibannya.

Vastenberg juga tercatat pernah menjadi markas Tentara Nasional Indonesia saat mempertahankan kemerdeakaan. Kemudian, beralih fungsi menjadi pusat Brigade Infanteri 6/Trisakti Baladaya Kostrad dan juga difungsikan sebagai tempat pelatihan prajurit keraton.

Pada era 1980an, benteng ini tidak lagi digunakan, sehingga terbengkalai. Pada 2010, Vastenbrug mendapatkan renovasi dari pemerintah dan menjadi situs cagar budaya.

Renovasi yang dilakukan seputar muka fasad, sehingga kesan suram yang dahulu melekat terhadap bangunan ini hilang. Renovasi itu membuat Vastenberg cerah dan bersinar kembali sebagai salah satu tempat bersejarah.

Vastenberg merupakan salah satu tempat bagi masyarakat untuk melakukan kegiatan festival. Pemerintah dan swasta juga kerap menggelar berbagai acara di benteng ini, baik di bagian dalam maupun di mukanya.

Acara-acara yang terselenggara juga sangat beragam, dari musik, festival, hingga upacara. Salah satu contoh ajang yang ada di tempat itu pada tahun lalu adalah Solo International Performing Arts (SIPA) 2023.

Ajang SIPA 2023 terselenggara dari 31 Agustus sampai 2 September 2023. Dalam laman Pemerintah Surakarta, Berbagai rangkaian acara seni diselenggarakan di ajang yang dihadiri oleh berbagai delegasi dari berbagai negara, termasuk Singapura, Malaysia, Korea Selatan, Jepang, dan Lithuania.

Terletak di Jl. Jenderal Soedirman Kedung Lumbu, Pasir Kliwon, benteng ini tidak sulit ditemukan oleh para wisatawan yang berkunjung ke Solo untuk menikmati keindahan dan kemegahan bangunan cagar budaya tersebut.

Tidak hanya itu, posisi benteng yang ada di tengah kota itu juga membuat para wisatawan tidak mengalami kesulitan ketika harus mencari penginapan.

Vastenberg adalah salah satu destinasi wisata yang ada di Solo. Untuk masuk ke dalamnya, para wisatawan dapat membeli tiket terlebih dahulu, yakni sekitar Rp1.000 untuk anak-anak dan Rp2.000 untuk orang dewasa. 

Baca juga: 5 Destinasi Wisata di Indonesia yang Cocok Untuk Solo Traveling

Selain menikmati keindahan dan kemegahan bangunan, Vestenberg juga dapat menjadi sumber ilmu pengetahuan bagi para pengunjung tentang sejarah bangsa Indonesia. Benteng ini terdiri dari empat bangunan dengan fungsi yang berbeda-beda sebagai wisata edukasi sejarah.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

FIFTY FIFTY Siap Comeback Juni 2024 dengan Formasi Baru

BERIKUTNYA

5 Fasilitas Menarik dan Canggih di Jakarta International Stadium

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: